Sejarah Jakarta (35): Mh Thamrin Absurd Bola? Hoax; Meluruskan Nama Besar Mh Thamrin, Sepakbola Ialah Sepakbola
*Untuk melihat semua artikel Sejarah Jakarta dalam blog ini Klik Disini
Seorang politisi tidak salah menjadi pemain bola. Pemain bola (gibol) juga banyak yang aktif berpolitik. Dalam hal ini tidak semua harus menjadi gibol. Sebab gibol yakni satu hal, sedangkan yang lainnya yakni hal lain. Namun yang jadi duduk kasus yakni mengapa seseorang diberi label yang bukan miliknya. MH Thamrin disebut ‘gibol’. Kenyataannya MH Thamrin tidak pernah terhubung dengan sepakbola. Seharusnya sejarah dilihat apa adanya, sejarah bukan diciptakan. Biarlah MH Thamrin yakni MH Thamrin; dan sepakbola yakni sepakbola.
Seorang politisi tidak salah menjadi pemain bola. Pemain bola (gibol) juga banyak yang aktif berpolitik. Dalam hal ini tidak semua harus menjadi gibol. Sebab gibol yakni satu hal, sedangkan yang lainnya yakni hal lain. Namun yang jadi duduk kasus yakni mengapa seseorang diberi label yang bukan miliknya. MH Thamrin disebut ‘gibol’. Kenyataannya MH Thamrin tidak pernah terhubung dengan sepakbola. Seharusnya sejarah dilihat apa adanya, sejarah bukan diciptakan. Biarlah MH Thamrin yakni MH Thamrin; dan sepakbola yakni sepakbola.
Patung MH Thamrin di Monas |
Namun demikian, MH Thamrin tidak alergi sepakbola. MH Thamrin mempunyai banyak dimensi. Satu dimensi yang tidak dimilikinya yakni soal sepakbola. Lantas mengapa hal sepakbola dipaksakan kepada MH Thamrin? Itulah yang menjadi soal. Masalahnya yakni banyak yang mengarang sejarah, sejarah yang tidak sesuai dengan orangnya. Itu namanya hoaks. Untuk meluruskan cerita-cerita yang tidak berdasar tersebut dan menjelaskan siapa MH Thamrin, mari kita telusuri sumber-sumber usang yang otentik dan kredibel.
Untuk menjadi nama stadion sepakbola tidak harus seorang yang gila bola. Ir. Soekarno sejatinya bukan orang yang gila bola. Meski demikian, Ir. Soekarno sangat menyadari perlunya stadion yang megah. Lalu muncullah stadion Ikada tahun 1951. Stadion Ikada tersebut dibongkar utuk mendirikan monumen nasional (Monas) dan pembangunan stadion sepakbola di Senayan yang kini disebut Stadion Gelora Bung Karno (SGBK). Di Padang, stadionnya diberi nama Stadion Haji Agus Salim, meski Agus Salim sendiri pernah menjadi pengurus PSSI tetapi bukan seorang gila bola. Untuk stadion di Jakarta, nama MH Thamrin pantas untuk diberi nama stadion, tetapi jangan pula MH Thamrin kemudian disebut gila bola. MH Thamrin yakni MH Thamrin, sepakbola yakni sepakbola dan gibol yakni gibol. Gibol yakni peminat sepakbola, orang yang setiap ketika membicarakan (dunia) sepakbola.
VIJ dan Stadion: Sesuai Peraturan Daerah (Kota)
Perserikatan sepakbola Jakarta (Voetbalbond Indonesia Jacatra, disingkat VIJ) didirikan pada tanggal 28 November 1928. Untuk memenuhi kebutuhan lapangan sepakbola bagi VIJ, Iskandar Brata dan Soekardi menyewa sebidang tanah dari Gemeente (Kotamadya) di Laan Trivelli pada tanggal 1 Januari 1931 selama 5 tahun. Lahan itu menjadi penggalan planning aloon-aloon kota yang luasnya 110.000 M2 yang telah diusulkan pemerintah ke dewan kota tahun 1930 menyerupai tampak dalam gambar. Proposal ini telah disetuji dewan dan segera akan dibangun (Bataviaasch nieuwsblad, 16-09-1930).
Bataviaasch nieuwsblad, 16-09-1930. |
Pada sidang Gemeeteraad tanggal 1 Februari 1932, Iskandar Brata keberatan dengan usulan Kantor B en W (kantor PU) biar lapangan sepakbola dipindahkan dari sentra kota. Keberatan Iskandar Brata yakni jikalau terlalu jauh )dari tempat yang sekarang) penonton akan berkurang. Alderman (wakil ketua dewan) mendukung BW alasannya ada lahan kosong yang berada di luar area taman yang sekarang. Iskandar Brata kemudian melunak dan oke dipindahkan tapi lahan itu harus diberikan secara cuma-cuma (gratis) dan jikalau lahan itu dibangun, pemerintah harus juga membangun jalan ke lokasi stadion (lihat Bataviaasch nieuwsblad, 02-02-1932).
Pada tahun 1934 Iskandar Brata kembali dicalonkan untuk anggota dewan kota. Dalam pemilihan, Iskandar Brata terpilih (kembali). Ini untuk kali kedua Iskandar Brata sebagai anggota dewan kota (gemeeteraad).
Pada tahun 1935 muncul kebijakan pemerintah kota bahwa stadion dimana berada VIJ akan dihapus sebagai tanah yang disewakan (Het nieuws van den dag voor Nederlandsch-Indie, 19-11-1935). Ini berarti sewa lahan stadion VIJ yang akan berakhir lima tahun mau tak mau harus berakhir. Pihak BW menyarankan untuk mempertimbangkan lahan yang akan dipersiapkan di bersahabat Petodjo. Pihak VIJ mengusulkan biar dewan menganggarkan sebesar f2.560 untuk pembangunan fasilitas.
Bataviaasch nieuwsblad, 16-03-1936 |
Perjuangan Iskandar Brata kesudahannya terwujud. Setelah kemudahan lapangan sepakbola yang gres selesai di Tjideng Barat, pemkot menyerahkan kemudahan tersebut kepada VIJ yang kini dipimpin Mr. Koesoema Atmadja (Ketua Landraad Batavia). Serah terima lapangan tersebut dilakukan dalam satu upacara pada hari Sabtu sore (lihat Bataviaasch nieuwsblad, 16-03-1936). Dalam aktivitas serah terima tersebut turut hadir Amangkoerat, pengurus PSSI.
Stadion VIJ/PSSI yang gres yang berada di Tjideng Barat ini telah menambah jumlah stadion di Batavia/Djakarta. Sebelumnya sejumlah klub (terutama yang berhubungan dengan VBO/NIVU) telah mempunyai stadion sendiri-sendiri menyerupai klub Oliveo di Meester Cornelis (kini Jatinegara) dan klub VIOS di Menteng (dulu homebase Persija tetapi kemudian dijadikan taman). Stadion VIJ yang diresmikan pada tahun 1935 ini sampai kini masih eksis di Kelurahan Cideng.
Pada masa pengukuhan kedaulatan RI oleh Belanda (1950) pemerintah mulai membangun stadion yang lebih representatif. Ini sehubungan dengan penyelenggaraan PON yang akan diadakan di Djakarta pada tahun 1951. Lapangan Deca Park yang menjadi lapangan pacuan kuda bersahabat stasion kereta apa Gambir yang kini dibangun stadion gres dengan nama Stadion Ikada. Stadion ini hanya dirancang dan dipakai untuk lima tahun. Sebab sesudah itu akan dibangun stadion yang lebih besar di Senayan yang akan dibangun sehubungan dengan penyelenggaraan Asian Games (1962). Paralel dengan pembangunan stadion di Senayan, stadion Ikada dibongkar untuk dijadikan pembangunan monumen nasional (Monas). Stadion yang terdapat di komplek olahraga Senayan kelak disebut Stadion Gelora Bung Karno (SGBK).
Ada perbedaan pengertian gila bola (gibol) pada masa lampau dengan pada masa kini. Pada masa kini, gibol bisa siapa saja. Seorang penonton sepakbola di rumah atau dimana saya via televisi atau smartphone yang selalu intens melakukannya sanggup dikatakan sebagai gibol. Sudah niscaya bahwa seorang pemain bola dan pengurus sepakbola yakni gibol. Namun dalam hal ini, MH Thamrin tidak pernah terdeteksi sebagai pemain sepakbola atau sebagai pengurus sepak bola. Pada masa doeloe seorang sanggup dikatakan gibol jikalau selalu intens tiba pribadi ke stadion untuk menontong pertandingan sepakbola. Sebab ketika itu belum ada televisi (yang menyiarkan pertandingan sepak bola). Kaprikornus sangat mustahil MH Thamrin yakni seorang gibol.
Iskandar Brata yakni seorang gibol. Iskandar Brata dan MH Thamrin pernah sama-sama di dewan kota. Saat penyerahan stadion oleh pemkot kepada VIJ, MH Thamrin sudah menjadi anggota Volksraad bersama Abdul Firman Siregar gelar Mangaradja Soangkoepon. Tidak ada anggota Volksraad yang gibol ketika ini. Anggota dewan kota yang gibol selain Iskandar Brata di Batavia yakni Dr. Abdoel Hakim Nasution di Padang, Dr. Radjamin Nasution di Soerabaja dan Abdoel Hakim Harahap di Medan. Tiga yang disebut terakhir disebut gibol lantaran selain menjadi pemain bola juga menjadi pengurus sepakbola. Dr. Abdoel Hakim dan MH Thamrin yakni hanya dua pribumi yang menjadi anggota dewan yang diangkat menjadi Wakil Wali Kota (locoburgemesster) di masa kolonial Belanda. Pada tahun 1936 Dr. Abdoel Hakim dan MH Thamrin menjadi besanan: Putra Dr. Abdoel Hakim (Mr. Egon Hakim) menikah dengan putri jelita MH Thamrin. Dr. Radjamin Nasution kelak menjadi Wali Kota pertama Kota Soerabaja; sedangkan Abdoel Hakim Harahap menjadi Wakil Perdana Menteri RI di Jogjakarta dan Gubernur Sumatra Utara yang pertama.
Pengurus VIJ dan pengurus PSSI di masa kolonial Belanda yakni orang-orang gibol. Mereka tiba dari banyak sekali profesi menyerupai pengusaha, pejabat pemerintah, dokter, guru, wartawan dan sebagainya. Meski umur mereka tidak muda lagi, tetapi banyak diantaranya yang masih bermain sepak bola pada usia bau tanah (lihat Bataviaasch nieuwsblad, 26-02-1938). Pada masa kolonial Belanda sepakbola bukanlah kegiatan yang berada di rimba belantara yang tidak jelas. Memang ada dua federasi sepakbola yakni NIVU dan PSSI. Kedua federasi ini diakui oleh pemerintah, tetapi FIFA hanya mengakui NIVU. Masih ingat PSSI vs KPSI?
Bataviaasch nieuwsblad, 26-02-1938 |
Semuanya hidup berdampingan. Olahraga yakni olahraga, sepakbola yakni sepakbola apapun warna kulit. Pemerintah netral dalam hal perbedaan diantara stakeholder sepakbola. Yang dipentingkan pemerintah yakni apakah dari NIVU maupun PSSI ada pemasukan dalam bentuk retribusi atau pajak. Visi misi NIVU dan PSSI ada perbedaan tetapi dalam menjalankan aktivitas masing-masing keduanya kerap bekerja sama. Memang pemain-pemain di klub PSSI hampir semuanya pribumi, tetapi pemain-pemain di klub-klub NIVU menyerupai di Batavia (Oliveo dan VIOS) jumlah pemain pribumi juga sangat banyak. Tim PSSI dan Tim NIVU bahkan kerap melaksanakan pertandingan.
Sepakbola: Bukan Alat Perjuangan, Tetapi Alat Pemersatu
Sepakbola yakni alat mempersatukan bangsa, tetapi bukan alat usaha bangsa. Permainan sepakbola yakni olahraga untuk tujuan kesehatan yang sanggup dipertandingkan (game) tetapi bukan untuk perang yang sanggup mencederai lawan atau membunuh musuh. Kompetisi dalam sepakbola yakni bersaing untuk menang (juara) di atas pondasi jiwa dan raga yang sehat (sportivitas).
Tidak ada dua tim yang bertanding atas dasar permusuhan atau pada ketika situasi dan kondisi perang. Pertandingan sepakbola terjadi dalam suasana kerjasama atau situsi damai. Karena itulah ada wasit. Jika kondisi dalam situasi permusuhan atau perang, maka pertandingan sepakbola tidak (akan) sanggup dilangsungkan, paling tidak salah satu tidak hadir (WO). Hal ini yang mengakibatkan tidak pernah terjadi pertandingan antara Tim Indonesia dengan Tim Israel. Pada masa kolonial Belanda, PSSI dan NIVU berada dalam koridor kerjasama. Kerjasama ini diperkuat dalam suatu agreement (butir-butir agreement lihat De Indische courant, 30-01-1937). Bentuk-bentuk kerjasama diwujudkan dalam bentuk pertandingan Tim PSSI vs Tim NIVU. Ketika H Agus Salim dan AM Sangaji serta kawan-kawan menciptakan kelompok oposisi di tubuh PSSI dalam hubungannya dengan agreement PSSI dan NIVU yang dibuat, justru kelompok oposisi ini dikeluarkan dari kepengurusan PSSI. Dalam hal ini PSSI yakni alat pemersatu diantara orang-orang pribumi yang mempunyai visi dan misi yang sama. Situasi dan kondisilah yang menciptakan PSSI sulit melaksanakan kerjasama dengan NIVU, yakni kerjasama yang terkandung di dalam filosofi olahraga itu sendiri.
Pilihan yang diambil MH Thamrin dalam mempersatukan bangsa yakni organisasi-organisasi lainnya, tetapi bukan organisasi olahraga (sepakbola). Organisasi itu yakni organisasi kebangsaan lainnya apakah organisasi Kaoem Betawi atau organissi PPPKI atau organisasi politik (Parindra). Jika organisasi sepakbola, menyerupai yang dilakukan Iskandar Brata dan Koesoema Atmadja, maka itu akan berpusat di Petodjo/Tjideng Barat, tempat dimana VIJ bermarkas. Organisasi kebangsaan, yang mana kiprah MH Thamrin sangat penting, itu akan berpusat di Gang Kenari. Jika stadion VIJ di Petodjo/Tjideng Barat yakni hanya sentra persatuan bangsa (di bidang olahraga), di Gang Kenari tidak hanya sentra persatuan bangsa, juga menjadi sentra usaha bangsa. Di Gang Kenarilah seharusnya MH Thamrin diposisikan, bukan di stadion VIJ Petodjo/Tjideng Barat.
Pemerintah menyediakan kemudahan umum untuk dipakai publik. Tidak hanya sekolah, rumah sakit tetapi juga lapangan. Fasilitas-fasilitas itu sanggup dipakai masyarakat atau disewa oleh suatu perkumpulan. Untuk klub atau perkumpulan sepak bola yang bonafit sanggup membangun stadionnya sendiri, tetapi sebagai unit usaha juga dikenakan pajak bangunan. Pemerintah tidak menyediakan fasiltas untuk kemasyarakatan (societeit), tetapi societeit sendiri yang mambangun fasilitasnya. Pada bulan September 1927, Parada Harahap, pemilik surat kabar Bintang Timoer yang juga sebagai sekretaris Sumatranen Bond menggagas perlunya persatuan diantara oraganisasi-organisasi kebangsaan yang kemudian kemudian diadakan pertemuan di rumah Husein Djajadiningrat. Hasil keputusan dibuat organisasi supra kebangsaan yang diberinama Permoefakatan Perhimpoenan-Perhimpoenan Kebangsaan Indonesia disingkat PPPKI. Di dalam rapat yang juga turut dihadiri Ir. Soekarno (PNI), Dr. Soetomo (Boedi Oetomo) secara aklamasi mengangkat MH Thamrin (Kaoem Betawi) sebagai ketua dan Parada Harahap sebagai sekretaris. Agenda pertama kepengurusan PPPKI yakni membangun gedung kantor dan menyelenggarakan kongres PPPKI pada tahun 1928 (yang kemudian terintegrasi dengan kongres pemuda). Parada Harahap yang juga ketua pengusaha pribumi Batavia (semacam Kadin pada masa ini) menggalang dana untuk pembangunan gedung kantor PPPKI. Dalam hal ini, MH Thamrin menyediakan lahan miliknya untuk pertapakan gedung yang berlokasi di Gang Kenari. Di gedung PPPKI gang Kenari inilah Parada Harahap dan MH Thamrin berkantor, suatu gedung yang menjadi sentra pergerakan dan usaha bangsa. Gedung ini masih eksis sampai ini dan dikenal sebagai Gedung MH Thamrin.
Gang Kenari yakni sentra usaha bangsa Indonesia. Disinilah awalnya persatuan seluruh bangsa Indonesia dilembagakan, ditumbuhkembangkan dan diperkuat satu sama lain oleh banyak sekali elemen bangsa Indonesia. MH Thamrin sadar dan mengetahui risiko di atas lahannya ditempatkan suatu sentra usaha bangsa Indonesia. Parada Harahap, sebagai kepala kantor hanya memasang tiga foto/lukisan di kantor PPPKI ini, yakni: Soeltan Agoeng, Ir. Soekarno dan Mohamad Hatta. Dua tokoh pemersatu bangsa ini saling bersinergi.
Parada Harahap sudah sangat kenal dengan dua cowok revolusioner Soekarno dan Mohamad Hatta. Parada Harahap yang masih berumur 29 tahun yakni seorang cowok revolusioner pada usia belia sudah berani mendirikan dan sekaligus editor surat kabar yang diberi nama Sinar Merdeka di Padang Sidempoean (1919-1922). Dengan modal inilah Parada Harahap yang pernah membongkar masalah ponalie sanctie di Medan tahun 1919 pada tahun 1923 hijrah ke Batavia dengan mendirikan surat kabar Bintang Hindia. Pada tahun 1925 Parada Harahap mendirikan kantor gosip pribumi pertama dengan merekrut WR Supratman. Setelah memahami situasi dan kondisi di Batavia, pada tahun 1926, Parada Harahap mendirikan surat kabar yang lebih revolusioner yang diberi nama Bintang Timoer. Ir. Soekarno yang gres lulus THS di Bandoeng, kerap mengirim goresan pena ke Bintang Timoer. Sejak itulah keduanya mempunyai kimia yang sama dalam usaha bangsa. Seperti halnya Soekarno, Parada Harahap juga tidak mempunyai hutang kepada (pemerintah) Hindia Belanda. Parada Harahap sampai tahun 1926 sudah belasan kali masuk bui dengan tuduhan delik pers. Parada Harahap sudah tidak ada takutnya lagi untuk berjuang demi bangsa Indonesia. Mohamad Hatta yang kini (sejak 1924) menjabat sebagai Perhimpoenan Indonesia di Belanda sudah dikenal Parada Harahap semenjak 1919 ketika kongres pertama Sumatranen Bond di Padang. Parada Harahap ketika itu yakni ketua delegasi cowok dari Tapanoeli dan Mohamad Hatta sebagai pencetus muda di Kota Padang. Pembina kongres Sumatranen Bond di Padang ketika itu yakni Dr. Abdoel Hakim yang menjabat sebagai anggota dewan kota (gemeenteraad) Padang. Dr. Abdoel Hakim juga ada Ketua NIP wilayah Pantai Barat Sumatra. Ketua NIP Pusat yakni Dr. Tjipto Mangoenkoesoemo. Dr. Abdoel Hakim dan Dr. Tjipto Mangoenkoesoemo yakni satu kelas di STOVIA dan sama-sama lulus tahun 1905. Dr. Abdoel Hakim Nasution kelak menjadi besan MH Thamrin (kedua tokoh nasionalis ini kebetulan pernah sama-sama menjabat sebagai wakil wali kota atau locoburgemeester). Yang mempertemukan putra Abdoel Hakim dan putri MH Thamrin sudah barang tentu yakni Parada Harahap.
MH Thamrin (Ketua Kaoem Betawi) dan Parada Harahap (Sekretaris Sumatranen Bond) sangat sadar mereka berdua tiba dari kaum minoritas, lantaran itu mereka berdua sangat bersemangat untuk membersarkan organisasi PPPKI. Sebab hanya dengan mempersatukan semua organisasi kebangsaan ke dalam wadah PPPKI, nama mereka menjadi sangat berarti di dalam berjuang untuk melawan praktek kolonialisme Belanda. Hanya dengan bendera PPPKI mereka berdua sanggup memperlihatkan visi misi dalam berbangsa. Sumatranen Bond di Sumatra memang lebih banyak didominasi tetapi di Batavia, organisasi Sumatranen Bond dan Kaoem Betawi hanyalah minoritas. Boedi Oetomo lantaran lebih banyak didominasi di Jawa, tidak merasa perlu ikut bergabung dengan PPPKI (yang bervisi nasional). Soekarno dan Soetomo sudah usang tidak terkait dengan Boedi Oetomo (yang tetap mengusung visi kedaerahan). Pasoendan sudah beberapa waktu membentuk diri dari Boedi Oetomo. Soekarno dan Soetomo kebetulan berjiwa revolusioner dan mempunyai visi Indoenesia.
Gedung dan Patung MH Thamrin di Gang Kenari |
Menjelang Kongres PPPKI 1928, Parada Harahap dan Soekarno membidani kelahiran (kembali) partai politik. Dalam suatu pertemuan (rapat) umum di Bandoeng yang juga dihadiri Parada Harahap dari PPPKI, Ir. Soekarno mengumumkan organisasi kebangsaan Perhimpoenan Nasional Indonesia (PNI) berkembang menjadi organisasi politik dengan nama Partai Nasional Indonesia (PNI). Dengan demikian dalam Kongres PPPKI akan turut diperkaya dengan partai politik yang baru. Parada Harahap kemudian menunjuk Dr. Soetomo untuk menjadi ketua panitia Kongres PPPKI.
Sehubungan dengan Kongres PPPKI bulan September 1928, kegiatan kongres cowok diintegrasikan yang akan diadakan sebulan kemudian pada bulan Oktober 1928. Panitia Kongres Pemuda kemudian ‘dibentuk’ oleh Parada Harahap dan Dr. Soetomo. Untuk ketua panitia diinisiasi Soegondo yang diawali dengan pembentukan Perhimpoenan Peladjar-Peladjar Indonesia (PPPI). Soegondo mahasiswa RHS menjadi ketua PPPI dan juga akan menjadi Ketua Panitia Kongres Pemuda. Dr. Soetomo sangat bersahabat dengan Soegondo. Untuk sekretaris diinisiasi dua mahasiswa RHS yakni Mohamad Jamin dan sebagai bendahara Amir Sjarifoedin Harahap. Kedua mahasiswa ini yakni ‘anak buah’ Parada Harahap yang mana Mohamad Jamin dari Sumatranen Bond dan Amir Sjarifoeddin dari Bataksch Bond. Untuk sponsor dua kongres ini yakni Kongres PPPKI (senior) dan Kongres Pemuda (junior) yakni para pengusaha yang dipimpin oleh Parada Harahap yang juga sebagai Ketua Kadin Batavia. Satu lagi yang diinisiasi di dalam Kongres Pemuda walau bukan berasal dari organisasi cowok yakni musisi WR Supratman (anak buah Parada Harahap di kantor gosip Alpena). Last but not least: Untuk menyemarakkan dua kongres ini, Parada Harahap, pemiliki surat kabar Bintang Timoer menerbitkan edisi Semarang (untuk Midden Java) dan edisi Soerabaja (untuk Oost Java).
Pada ketika Kongres PPPKI perwakilan Minahasa dan Ambon tidak hadir. Tidak diketahui secara terang mengapa tidak hadir. Boedi Oetomo meski di dalam statuta masih berbasis kedaerahan (Jawa dan Madura) tetapi mengirim delegasi yang diwakili oleh Boedi Oetomo cabang Batavia yang dipimpin oleh Dr. Sardjito. Dalam kongres PPPKI yang dilaksanakan di Gang Kenari Ir. Soekarno dan Mohamad Hatta diundang untuk berbicara. Namun Mohamad Hatta tidak bisa hadir lantaran kiprah tesis tetapi mengirim utusan dari Perhimpunan Indonesia Ali Sastroamidjojo. Hasil keputusan Kongres PPPKI yang penting yakni perubahan platform PPPKI dari berbasis organisasi kebangsaan menjadi berbasis organisasi politik. Hasil kongres juga menetapkan mengangkat Dr. Soetomo sebagai ketua yang baru. Keputusan lainnya yakni kongres berikutnya akan diadakan di Solo pada tahun 1929.
Sementara itu dalam Kongres Pemuda yang dilaksanakan tidak jauh dari Gang Kenari di Jalan Kramat, menghasilkan keputusan yang dituangkan dalam Putusan Kongres yakni memperkuat persatuan dengan ikrar Satu Nusa, Satu Bangsa dan Satu Bahasa, Indonesia. Satu hal yang penting lainnya pada ketika Kongres Pemuda tersebut diperdengarkan lagu Indonesia Raya yang dibawakan oleh WR Supratman.
Lantas mengapa Parada Harahap dan Dr. Soetomo menjadi begitu bersahabat satu sama lain. Sebagaimana sebelumnya Parada Harahap dengan Mohamad Hatta saling kenal pada saar kongres Sumatranen Bond di Padang pada tahun 1919. Saat itu Parada Harahap, usia 20 tahun pendiri dan editor surat kabar Sinar Merdeka di Padang Sidempoean menjadi pimpinan utusan dari Tapanoeli. Parada Harahap saling kenal dengan Ir. Soekarno lantaran surat kabar Bintang Timoer di Batavia pimpinan Parada Harahap intens memberitakan kiprah Soekarno di Bandoeng, sebaliknya Soekarno kerap mengirim goresan pena dari Bandoeng ke Bintang Timoer. Lantas bagaimana dengan kedekatan Parada Harahap dan Dr. Soetomo? Ceritanya sangat panjang, tetapi kronologisnya sanggup diringkas sebagai berikut:
Sebagaimana Dr. Abdoel Hakim dan Dr. Andul Karim satu kelas dengan Dr. Tjipto Mangoenkoesoemo sewaktu kuliah di Docter Djawa School dan sama-sama lulus tahun 1905, di masa STOVIA (nama gres Docter Djawa School) Dr. Soetomo dan Dr. Radjamin Nasution sama-sama satu kelas dan lulus tahun 1912. Sebelumnya mereka berdua yakni sama-sama pencetus di kampus STOVIA. Soetomo yakni aktif di organisasi kampus STOVIA, Radjamin Nasution aktif sebagai pemain sepakbola STOVIA. Klub sepakbola STOVIA diberi nama Docter Djawa Clubvoetbal (mengikuti nama STOVIA terdahulu).
Docter Djawa Club yang boleh dikatakan klub pribumi berkompetisi di Bataviasch Voetbalbond (DVB). Ketika jeda kompetisi, klub-klub lain di DVB melaksanakan pramusim ke Jawa, Docter Djawa Club sebagai satu-satunya klub pribumi di DVB justru melawat pada pramusim ke Medan untuk melawan klub Tapanoeli Voetbal Club. Kapten Docter Djawa Club ke Medan yakni Radjamin Nasution. Tapanoeli Voetbal Club yakni klub yang dibuat bawah umur asal Mandailing en Angkola di Medan yang tergabung dalam organisasi kebangsaan Sjarikat Tapanoeli. Sponsor Docter Djawa Club yakni NV Sjarikat Tapanoeli, suatu organ usaha syarikat.
Pada bulan Mei 1908, Soetomo dkk di STOVIA membentuk syarikat gres yang diberinama Boedi Oetomo. Boleh jadi Soetomo melalui Radjamin Nasution melihat sukses Sjarikat Tapanoeli yang bisa bersaing dengan orang-orang Tionghoa di Medan. Sjarikat Tapanoeli didirikan oleh Saleh Harahap gelar Dja Endar Moeda bersama Sjech Ibrahim di Medan. Dja Endar Moeda sebelumnya di Padang surat kabarnya Pertja Barat terkena delik pers dan dieksekusi cambuk dan diusir dari Padang oleh Belanda. Dja Endar Moeda sebelumnya yakni pendiri organisasi kebangsaan Medan Perdamaian di Padang tahun 1900 dan menjadi eksekutif pertama. Medan Perdamaian yakni organisasi kebangsaan (Indonesia) pertama.
Jelang kongres Boedi Oetomo yang pertama di Djogjakarta pada tanggal 3-5 Oktober 1980, diketahui visi misi Boedi Oetomo telah bergeser menjadi visi kedaerahan sehubungan dengan terkooptasinya Boedi Oetomo oleh para golongan senior (yang umumnya para pengeran/bupati). Para pemuda.mahasiswa di Boedi Oetomo yang sejatinya yakni penggagas dan pendiri mulai tergeser oleh para senior. Soetomo yang bervisi nasional tidak berdaya melihat perubahan visi Boedi Oetomo yang begitu cepat. Di Belanda, para mahasiswa yang mendengar dinamika yang terjadi di Boedi Oetomo, atas prakarsa Soetan Casajangan membentuk organisasi nasional dengan basis persatuan nasional dengan nama Indisch Vereeniging. Sebagai presiden secara aklamasi mengangkat Soetan Casajangan dan Raden Soemitro sebagai sekretaris dan bendahara Husein Djajaningrat serta Dr. Abdoel Rivai sebagai komisaris. Soetan Casajangan yakni adik kelas Dja Endar Moeda di sekolah guru (kweekschool) Padang Sidempoean. Soetan Casajangan sesudah menjadi guru selam 13 tahun di Padang Sidempoean melanjutkan studi ke Belanda tahun 1905. Saat pendirian Indisch Vereeniging 1908 jumlah mahasiswa pribumi di Belanda sebanyak 20 orang. Sejak Oktober inilah Boedi Oetomo mundur menjadi berbasis visi kedaerahan (sesuai statutanya hanya terbatas di Jawa dan Madura) dan semenjak Oktober ini pula Indisch Vereeniging tetap berbasis dan mengusung visi nasional. Sejak kongres Boedi Oetomo ini pula Soetomo tidak banyak terlibat (lagi) di Boedi Oetomo.
Pada tahun 1912 Soetomo dan Radjamin Nasution lulus dari STOVIA dan menerima gelar dokter. Uniknya, Dr. Radjamin Nasution sesudah di bea cukai (bidang kesehatan) di Batavia, pemerintah menempatkannya di bea dan cukai Soerabaja. Sebaliknya, Dr. Soetomo ditempatkan di Tandjong Morawa, Deli. Kedua mantan pencetus ini sama-sama melihat kenyataan di masyarakat. Dr. Radjamin Nasution melihat buruh pelabuhan dalam kondisi menyedihkan. Sebagai dokter, Radjamin Nasution turut membantu peningkatan kesehatan buruh pelabuhan. Sementara itu, di Dr. Soetomo di Tandjong Morawa melihat penederitaan kuli asal Jawa di perkebunan-perkebunan. Dr. Soetomo sebagai dokter pemerintah di Tnadjong Morawa mulai melaksanakan advokasi kepada kuli-kuli asal Jawa.
Dr. Soetomo cukup usang di Deli dan dipindahkan ke Jawa tahun 1914. Ketika Dr. Soetomo tiba di Batavia hatinya pilu dan sedikit marah. Dr. Soetomo meminta ketua Booedi Oetomo cabang Batavia, Dr. Sardjito untuk dilakukan rapat umum. Dr. Soetomo dalam pidatonya berapi-api. Dr. Soetomo menyatakan: ‘Kita tidak bisa hidup sendiri’. Dr. Soetomo melanjutkan, ‘Kita tidak bisa hidup sendiri, bangsa kita Jawa tidak bisa terkungkung, kuli-kuli asal Jawa sangat menderita di Deli atas perlakukan yang tidak adil dari para planter’. Dr. Soetomo melanjutkan: ‘Banyak orang Tapanoeli yang pintar, mereka ada dimana-mana...kita tidak bisa hidup sendiri lagi’. Pidato ini tentu dicatat intel/polisi Belanda alasannya dalam rapat umum ini turut hadir pejabat-pejabat pemerintah. Mengapa Dr. Soetomo bersemangat dengan nasioalis. Sjarikat Tapanoeli di Medan, idem dito Medan Perdamian di Padang mempunyai visi nasional, apalagi Indisch Vereeniging di Belanda. Apa yang diinginkan Dr. Soetomo di dalam rapat umum Boedi Oetomo di Batavia yakni bahwa menangani permasalahan kuli Jawa di Deli harus dilakukan secara nasional. Boedi Oetomo tidak bisa berpangku tangan soal poenali sanctie perkebunan-perkebunan di Deli.
Sementara itu, pada tahun yang sama (1914) Radjieoen Harahap gelar Soetan Casajangan, pendiri Indisch Vereeniging pulang ke tanah air sesudah selesai studi dan melaksanakan banyak sekali kegiatan di Belanda. Setelah tiba di tanah air, Soetan Casajangan ditempatkan sebagai guru di sekolah guru (kweekschool) di Fort de Kock. Sembari mengajar di Soetan Casajangan membentuk organisasi masyarakat di Fort de Kock dan di Padang Sidempoenan. Oleh lantaran di Padang Sidempoean tidak ada media, Soetan Casajangan pada tahun 1915 mendirikan surat kabar berbahasa Batak di Padang Sidempoean yang diberi nama Poestaha. Soetan Casajangan di Belanda pernah menjadi editor suratkabar.majalah Bintang Hindia dan Bintang Perniagaan. Pengalaman ini yang diintroduksinya di kampung halamannya di Padang Sidempoean.
Pada tahun 1917 (tiga tahun sepulang Dr. Soetomo dari Deli), seorang krani (juru tulis di perusahaan perkebunan di Deli), masih belia, umur 18 tahun membongkar masalah poenalie snactie. Laporannya dikirimkannya ke surat kabar Benih Merdeka yang terbit di Medan. Editor Benih Merdeka tidak berani menerbitkannya. Namun sesudah lama, pada bulan April 1918 Benih Merdeka mengolah goresan pena yang dikirim krani tersebut ke dalam beberapa artikel. Artikel-artikel yang dimuat Benih Merdeka ditanggapi secara masbodoh di Medan lantaran masalah itu dianggap sebagian orang sebagai hal yang umum dan sebagian yang lain menganggap itu sebagai kabar burung. Namun menjadi berbeda ketika artikel-artikel tersebut dirilis kembali oleh surat kabar Soeara Djawa ke dalam beberapa edisi pada bulan Juni 1918. Heboh di Jawa. Semua mata melihat ke Deli. Lalu pemerintah sentra di Batavia bereaksi dan dilakukan penyelidikan. Satu yang niscaya pasca penyelidikan, krani yang menjadi sumber pemberitaan itu dipecat sebagai krani dan menjadi menganggur. Krani yang dipecat itu berjulukan Parada Harahap.
Saat heboh masalah pembongkaran masalah ponalie sanctie di Deli, Dr. Soetomo tengah berdinas di Palembang. Tentu saja Dr. Soetomo membaa gosip masalah kuli di Deli ada yang membongkar, sumringah. Mungkin Dr, Soetomo dalam hati berkata: ;Apa kubilang, kita (di Boedi Oetomo) tidak bisa hidup sendiri’. Sudah barang tentu Dr. Sardjito, mantan ketua Boedi Oetomo cabang Batavia yang bekerja di forum Pasteur di Batavia berpikiran sama di dalam hati: ‘Benar yang dulu dikatakan Dr. Soetomo, kita tidak bisa hidup sendiri’. Dr. Soetomo dan Dr. Sardjito yakni dua sarjana yang berseberangan dengan golongan senior. Boedi Oetomo cabang Batavia yakni satu-satunya cabang Boedi Oetomo yang bersikap kritis di dalam tubuh Boedi Oetomo. Entah ada hubungannya dengan masalah poenali sanctie yang dibongkar Parada Harahap, yang terang Dr. Soetomo dan Dr. Satdjito ‘diasingkan’ ke Belanda yakni dengan diberikan kemudahan untuk melanjutkan studi ke Belanda biar keduanya lebih jinak. Dr. Soetomo dan Dr. Satdjito berangkat ke Belanda tahun 1919.
Di Deli, Parada Harahap yang tengah menganggur akhir dipecat dari pekerjaan sebagai krani, mulai menyingsingkan lengan baju. Dari Soengai Karang di Deli hijrah ke Medan pada kahir tahun 1918 untuk melamar menjadi wartawan Benih Merdeka. Anehnya, bukannya diterima sebagai wartawan, malahan Parada Harahap diminta pengurus untuk menjadi editor Benih Merdeka. Parada Harahap siap lahir batin. Sejak Parada Harahap ikut bergabung dengan Benih Merdeka, surat kabar-surat kabar berbahasa Belanda kerap mengutip berita-berita Benih Merdeka juga pendapat-pendapat dari Parada Harahap. Surat kabar berbahasa Belanda juga seakan berada berdiri di belakang inisiatif Parada Harahap. Oleh lantaran pengusaha-pengusaha perkebunan di Deli yakni gurita, maka enath bagaimana Benih Merdeka dikenakan pasal delik pers dan kesudahannya dibreidel. Parada Harahap kemudian pindah menjadi editor di surat kabar Pewarta Deli. Surat kabar ini yakni organ Sjarikat Tapanoeli yang didirikan pada tahun 1909 di bawah NV Sjarikat Tapanoeli dengan editor Dja Endar Moeda. Namun, Parada Harahap tidak usang di Pewarta Deli dan mudik ke Padang Sidempoean. Pada tahun 1919 Parada Harahap mendirikan surat kabar di Padang Sidempoean yang diberi nama Sinar Merdeka. Boleh jadi Parada Harahap sudah saatnya benih merdeka ditumbuhkembangkan menjadi Sinar Merdeka. Di Padang Sidempoean. Parada Harahap merangkap sebagai editor surat kabar Poestaha yang berkembang menjadi mingguan. Poestaha didirikan Soetan Casajangan pada tahun 1915.
Di Belanda, Dr. Soetomo dan Dr. Sardjito selain tekun mencar ilmu juga mulai aktif ikut di dalam Indisch Vereeniging. Di dalamnya sudah ada tokoh-tokoh radikal yang sanggup dikatakan ‘anak buah’ Soetan Casajangan. Mereka itu antara lain Drh. Sorip Tagor Harahap, Todoeng Harahap gelar Soetan Goenoeng Moelia, Dahlan Andoellah dan Tan Malaka. Mereka inilah yang di tahun 1917 dalam kongres mahasiswa Hindia yang diketuai oleh van Mook (Indo, Tionghoa dan pribumi) mengusulkan nama Hindia Belanda diganti dengan nama Indonesiache. Untuk sekadar catatan: kelak Drh. Sorip Tagor Harahap dikenal sebagai dikter binatang pertama Indonesia yang juga yakni kakek buyut Inez dan Risty Tagor (artis) dan Deisti Astriani Tagor (istri Setua Novanto); Soetan Goenoeng Moelia (Menteri Pendidikan RI yang kedua sesudah Ki Hadjar Dewantara); Dahlan Andoellah (Wali Kota Djakarta pertama); dan Tan Malaka (tokoh politik terkenal); serta van Mook (Letnan Jenderal NICA/Belanda dalam perang kemerdekaan RI).
Ketika Indisch Vereeniging dipimpin oleh Dahlan Abdoellah tahun 1917/1918 organisasi semakin radikal. Hal ini mengikuti perubahan dalam eskalasi internasional maupun eskalasi politik di Hindia Belanda. Pada tahun 1922 Dr. Soetomo menjadi ketua Indisch Vereeniging. Pada tahun ini nama Indisch Vereeniging diubah namanya menjadi Indonesiasche Vereeniging. Pada tahun 1924 kepemimpinan dilanjutkan oleh Mohamad Hatta yang kemudian mengubah nama Indonesiasche Vereeniging menjadi sepenuhnya nama Indonesia dengan nama Perhimpoenan Indonesia (disingkat PI). Pada tahun ini (1924) Dr. Soetomo kembali ke tanah air dan kemudian mendirikan studieclub (Klub Studi) di Soerabaja. Klub studi ini yakni klub studi pertama di Hindia Belanda yang dibuat untuk menerjemahkan situasi dan kondisi ketidak adilan masyarakat pribumi Indonesia dan menyusun rekomenfasi-rekomendasi dalam peningkatan kehidupan masyarakat. Klub ini sedikit menerima resistensi dari para tokoh-tokoh di Soerabaja yang masih berkiblat ke Boedi Oetomo. Dr. Soetomo dibutuhkan pemerintah menjadi jinak, malahan sepulang dari Belanda justru menjadi lebih radikal dan bahkan lebih intens mengkritisi Boedi Oetomo. Inilah yang menjadi pangkal adanya resistensi ketika studieclub dididirkan di Soerabaja.
Pada tahun 1924 Parada Harahap yakni pemimpin dan editor surat kabar Bintang Hindia di Batavia. Surat kabar ini didirikan pada tahun 1923 sesudah Parada Harahap hijrah dari Padang Sidempoean ke ibukota Batavia. Parada Harahap awalnya bersama Dr. Abdoel Rivai mengelolanya, tetapi kemudian Dr, Abdoel Rivai yang sudah mulai menua lebih menentukan istirahat. Bintang Hindia yakni majalah dua mingguan yang dulu pernah terbit di Belanda yang sirkulasinya di Hindia. Yang pernah menjadi editor Bintang Hindia, selain Dr. Abdoel Rivai yakni Soetan Casajangan. Pada tahun 1925 Parada Harahap mendirikan kantor gosip pribumi pertama yang diberi nama (singkatan) Alpena. Parada Harahap merekrut WR Supratman dari Bandoeng sebagai salah satu wartawannya yang mana WR Soepratman tinggal di rumah Parada Harahap.
Pada tahun 1926 Parada Harahap mendirikan surat kabar gres yang lebih radikal, menggandakan platform surat kabarnya dulu Sinar Merdeka di Padang Sidempoean dengan nama Bintang Timoer. Nama ini boleh jadi dipilih untuk meninggalkan Bintang Hindia di barat (Belanda) dan berorientasi ke bintang timur di Jepang. Saat itu sudah ada anggapan bahwa kemajuan di negara Belanda tidak ada apa-apanya lagi jikalau dibandingkan dengan kemajuan yang pesat di Jepang. Pada tahun ini juga (1926) Ir. Soekarno lulus dari THS Bandoeng. Mengikuti langkah Dr. Soetomo di Soerabaja, Ir. Soekarno dan kawan-kawan di Bandoeng mendirikan studieclub. Pada tahun-tahun inilah kiprah Ir. Soekarno mulai terlihat dan diliput oleh surat kabar Bintang Timoer. Parada Harahap juga mulai mengundang Ir. Soekarno untuk mengirim goresan pena ke Bintang Timoer. Beberapa bulan kemudian di Batavia juga didirikan studieclub yang didalamnya termasuk Mr. Dahlan Abdoellah dan Dr. Sardjito. Semakin diperbanyaknya jatah anggota dewan kota untuk pribumi di banyak sekali kota menyerupai Batavia, Soerabaja, Bandoeng, Medan dan Padang, para mantan pencetus mahasiswa dan pencetus pergerakan juga banyak yang mulai terjun ke area politik untuk bersaing dalam perebutan menjadi anggota dewan kota. Di Batavia tiga anggota dewan kota yang terpilih dan namanya sudah populer yakni MH Thamrin, Mr. Dahlan Abdoellah dan Dr. Sardjito. Untuk sekadar catatan: kelak Dr. Sardjito lebih dikenal sebagai Rektor UGM pertama). Di Soerabaja, Dr. Soetomo dan Dr. Radjamin Nasution juga mulai merintis jalan ke dewan kota; Di Padang, tokoh pergerakan NIP (Dr, Tjipto M) yakni Dr. Abdoel Hakim Nasution semakin menguat di dewan kota. Di Medan juga para pencetus merintis jalan ke dewan kota menyerupai Abdoel Hakim Harahap dan jurnalis senior Abdoellah Lubis (editor Pewarta Deli). Catatan: kelak Abdoel Hakim Harahap lebih dikenal sebagai Wakil Perdana Menteri RI di Djogjakarta dan Gubernur Sumatra Utara pertama); dan Dr. Abdoel Hakim Nasution menjadi besan dari MH Thamrin.
Pada tahun 1927, sang revolusioner, sesudah melalui rintangan di Benih Merdeka (di Medan), Sinar Merdeka (di Padang Sidempoean) dan Bintang Timoer (di Batavia), Parada Harahap yang telah mempunyai sejumlah media dan ketua pengusaha pribumi Batavia mempelopori diperkuatnya persatuan dan dibentuknya kesatuan. Lalu, lahirlah PPPKI (Permoefakatan Perhimpoenan-Perhimpoenan Kebangsaan Indonesia) yang diadakan di rumah Prof. Husein Djajadiningrat yang juga turut dihadiri oleh Mr. Mangaradaja Soangkoepon, Mr. Soetan Casajangan dan Dr. Abdoel Rivai. Keempat nama terakhir yakni pendiri dan pengurus Indisch Vereeniging di Belanda. Dalam hal ini, dua tokoh muda, Parada Harahap dan MH Thamrin dikawal oleh tokoh-tokoh senior alumni Belanda.
Last but not least: Dalam pertemuan di rumah Prof. Huesin Djajadiningrat antara lain hadir Kaoem Betawi diwakili oleh MH Thamrin; Sumatranen Bond diwakili Parada Harahap; PNI diwakili oleh Ir. Soekarno; dan Boedi Oetomo ‘diwakili’ oleh Dr. Soetomo. Dalam hal ini sejatinya, Dr. Soetomo tidak sepenuhnya mewakili Boedi Oetomo, lantaran Boedi Oetomo masih nyaman dengan situasi dan kondisi yang ada. Dr. Soetomo dan Dr. Radjamin Nasution tiba dari Soerabaja sebagai penggalan dari tokoh studieclub. Dr. Soetomo dan Dr. Radjamin Nasution sudah merintis organisasi kebangsaan yang gres yang disebut Persatoean Bangsa Indonesia (PBI). Lewat PBI kemudian Dr. Radjamin Nasution terpilih sebagai anggota dewan kota di Soerabaja.
Sejak pembentukan PPPKI inilah Parada Harahap dan Dr. Soetomo mulai saling kenal, lebih-lebih diperkuat oleh Dr. Radjamin Nasution. Parada Harahap dan Dr. Radjamin Nasution kebetulan sama-sama gibol. Sedangkan Parada Harahap dan Dr. Soetomo yakni dua manusia yang saling tidak kenal di Deli pada masa waktu yang berbeda mempunyai visi misi yang sama. Dr. Soetomo selama di Deli (1912-1914) mengadvokasi kuli asal Jawa di Deli dan Parada Harahap pada tahun 1917/1918 membongkar masalah penindasan kuli asal Jawa di perkebunan di Deli. Langsung tidak langsung, keduanya boleh dikatakan mempunyai ‘guru’ yang sama: Soetan Casajangan. Parada Harahap meneruskan kepemimpinan surat kabar/majalah Poeshan yang didirikan Soetan Casajangan di Padang Sidempoean; dan Dr. Soetomo meneruskan kepemimpinan organisasi mahasiswa Indisch Vereeniging yang didirikan Soetan Casajangan di Leiden/Belanda.
Pada jelang Kongres PPPKI tahun 1928 (yang diintegrasikan dengan kongres pemuda) tiga tokoh yang sangat besar lengan berkuasa sudah terbentuk di Gang Kenari yang boleh dikatakan sebagai Trio Gang Kenari: Parada Harahap, MH Thamrin dan Dr. Soetomo. Pada jajaran para cowok juga telah terbentuk tiga tokoh mahasiswa yang boleh dikatakan sebagai Trio Kampus THS: Soegondo, Mohamad Jamin dan Amir Sjarifoeddin Harahap. Tentu saja sudah semenjak usang terbentuk tiga tokoh senior yang kuat: Radjioen Harahap gelar Soetan Casajangan, Husein Djajadiningrat dan Dr. Abdoel Rivai (para pendiri dan pengurus Indisch Vereeniging).
Setelah Kongres PPPKI (senior) yang dilaksanakan di Batavia tanggal 28 September 1928 dan sesudah Kongres Pemuda (junior), ketika kepemimpinan bangsa Indonesia dipimpin oleh Dr. Soetomo, MH Thamrin dan Parada Harahap kembali fokus kepada profesi masing-masing. MH Thamrin tetap berjuang di dewan, Parada Harahap tetap berjuang lewat media. Dalam perkembangannya MH Thamrin dan Parada Harahap ikut mendukung keberadaan partai politik Partai Bangsa Indonesia (PBI) yang didirikan oleh Dr. Soetomo dan Dr. Radjamin Nasution.
MH Thamrin dan Parada Harahap pada kesudahannya menjadi penggalan dari organisasi partai politik. Ini bermula, sesudah Kongres PPPKI kedua di Solo 1929, organisasi kebangsaan PPPKI telah diubah namanya dengan nama Perhimpoenan Partai-Partai Politik Indonesia (tetap disingkat dengan PPPKI). Pada tahun 1930 Dr. Soetomo dan Dr. Radjamin Nasution mendirikan partai politik yang gres yakni Partai Bangsa Indonesia (PBI). Saat itu paling tidak sudah berdiri dua partai politik yang berhaluan nasional Indonesia dan mengusung semangat revolusi yakni Partai Nasional Indonesia (PNI) dan Partai Bangsa Indonesia (PBI). Dalam hal ini MH Thamrin dan Parada Harahap menentukan bergabung dengan PBI. Sedangkan di PNI sudah tergabung Soekarno, Mohamad Hatta dan Sartono. Kedua partai ini saling mengisi dalam perjuangan, tidak pernah terjadi perselisihan dan justru yang terjadi saling memperkuat. Ibarat bertetangga saling akur (tidak menyerupai parati-partai masa ini yang cenderung antar partai terkesan saling bermusuhan).
Namun tidak usang kemudian tiba bencana. Ir. Soekarno dan kawan-kawan di Partai Nasional Indonesia (PNI) ditangkap alalu ditahan untuk menunggu proses peradilan. Ir. Soekarno dituduh telah mengkampanyekan dan menyerang otoritas pemerintah kolonial Belanda. Sementara Ir. Soekarno masih di penjara, pers pribumi semuanya dibreidel tahun 1932, termasuk surat kabar Bintang Timoer di Batavia pimpinan Parada Harahap, Fikiran Ra’jat di Bandoeng yang didirikan ir. Soekarno dan surat kabar Soeara Oemoem di Soerabaja yang didirikan Dr. Soetomo. Catatan: Surat kabar Soeara Oemoem yakni organ PBI yang cikal bakalnya yakni surat kabar Bintang Timoer edisi Soerabaja (yang dioperasikan Parada Harahap jelang Kongres PPPKI dan Kongres Pemuda). Pasca pers pribumi ini diberangus, Parada Harahap memimpi tujuh revolusioner berkunjung ke Jepang.
Melihat situasi dan kondisi yang genting ini, Parada Harahap berteriak bahwa pers Belanda juga turut melemahkan pers pribumi. Dalam kemarahan, Parada Harahap memimpin tujuh revolusioner berangkat ke Jepang. Belanda dibelakangi, Jepang mulai dirangkul. Pada bulan November 1933 dengan kapal Panama Maru, Parada Harahap dengan rombingan berangkat ke Jepang. Dalam rombongan ini turut Abdullah Lubis (pemimpin surat kabar Pewarta Deli di Medan), Mr. Sjamsi Widagda (guru bergelar Ph.D di Bandoeng), Panangian Harahap (mantan guru) dan Mohamad Hatta yang gres pulang selesai studi di Belanda. Berita keberangkatan Parada Harahap ke Jepang menciptakan pers Belanda molohok dan pemerintah wait en see. Di Jepang berdasarkan pers Belanda berdasarkan surat kabar di Jepang, rombongan disambut bagaikan delegasi negara (bacaL Indonesia) dan Parada Harahap dijuluki sebagai The King of Java Press.
Sepulang dari Jepang, Parada Harahap dkk tidak pribadi ke Batavia tetapi turun di Soerabaja. Pada hari yang sama tanggal 13 Januari 1934, ketika Parada Harahap mendarat din pelabuhan Tandjong Perak Soerabaja, Ir. Soekarno diberangkatkan ke pengasingan di Flores melalui pelabuhan Tandjong Priok di Batavia. Di pelabuhan Tandjong Perak kemudian tiba dua tokoh PBI untuk menyambut: Dr. Soetomo dan Dr. Radjamin Nasution.
Setelah dianggap situasi sanggup diketahui oleh rombongan, seminggu kemudian anggota delegasi ke Jepang itu kembali ke rumah masing-masing. Namun tidak usang kemudian, seminggu sesudah dari Soerabaja, Parada Harahap dan Mohamad Hatta ditangkap di Batavia. Di pengadilan, keduanya tidak terbukti terhadap yang dituduhkan, lantaran atase Jepang di Batavia (baca: kedubes) ikut memperlihatkan kesaksian di pengadilan. Parada Harahap dan Mohamad Hatta dibebaskan. Tetapi tidak usang kemudian, diberitakan bahwa Mohamad Hatta ditangkap lagi yang dituduh kampanye dan melaksanakan provonasi di surat kabar/majalah Daoelat Ra’jat enam bulan sebelumnya. Sejumlah tokoh PNI (baca: Pendidikan Nasional Indonesa, parati gres yang didirikan sesudah PNI dibubarkan pasca Ir. Soekarno ditangkaop). Mereka yang ditangkap antara lain Mohamad Hatta, Soetan Sjahrir, Mohamad Jamin dan Amir Sjarifoeddin serta Abdoel Moerad (editor Daoelat Ra’jat). Oleh lantaran Mohamad Jamin dan Amir Sjarifoeddin masih muda dan masih berkuliah di RHS sanggup pembelaan dari dosen mereka Prof. Husein Djajadiningrat dan anggota Volksraad MH Thamrin dan Mangaradja Soeangkoepon. Juga menerima pembelaan dari Todoeng Harahap gelar Soetan Goenoeng Moelia yang gres pulang studi dari Belanda sesudah meraih gelar doktor (Ph.D). Dua tokoh muda Kongres Pemuda ini bebas. Untuk sanksi terhadao Dr. Abdoel Moerad ditetapkan dengan tahanan rumah. Lalu sesudah banyak sekali proses peradilan, Mohamad Hatta dan Soetan Sjahrir diasingkan ke Digoel (tetapi lantaran ada perundingan dari tokoh politik menyerupai MH Thmarin dan Mangaradja Soeangkoepon kesudahannya lokasi pengasingan dialihkan ke Bandaneira).
Empat orang dari PBI (Dr. Soetomo, Dr. Radjamin Nasution, MH Thamrin dan Parada Harahap) masih mempunyai hutang kepada rakyat Indonesia, yakni Boedi Oetomo yang belum bersedia beralih ke visi misi nasional (Indonesia). Statuta Boedi Oetomo masih terbatas di Jawa dan Madura. Dalam hal ini, jangan lupa pendiri dan ketua pertama Boedi Oetomo yakni Dr. Soetomo. Hutang ini masih tanggungan Dr. Soetomo tetapi lantaran Dr. Soeotmo terus didukung tiga teman baik Dr. Radjamin Nasution, MH Thamrin dan Parada Harahap maka semangat Dr. Soetamo yang terus kukuh ingin mengubah Boedi Oetomo menjadi organisasi nasionalis semakin termotiviasi. Sementara itu, pada kepengurusan di Boedi Oetomo pada tahun-tahun terakhir sudah semakin menguat dari golongan muda dan terpelajar, diantaranya Dr. Sardjito dan Mr. Soepomo. Inilah saatnya bagi Dr. Soetomo untuk merangkul kembali Boedi Oetomo, suatu organisasi yang pernah dibidaninya.
Dr. Sardjito dan Mr. Soepomo yakni dua tokoh muda yang memulai semangat nasional di Boedi Oetomo cabang Batavia. Dr. Sardjito alumni STOVIA (sebelum GHS) dan Mr. Soepomo alumni Recht School (sebelum menjadi RHS). Pada tahun 1914, Dr. Sardjito selaku ketua Boedi Oetomo cabang Batavia memperlihatkan panggung kepada Dr. Soetomo dalam suatu rapat umum di Batavia sesaat Dr. Soetomo pulang dari Deli. Lalu sesudah itu, Dr. Soetomo dan Dr. Sardjito ‘diasingkan’ ke Belanda sebagai kiprah mencar ilmu dari pemerintah. Dr. Soetomo menjadi pengurus Indisch Vereenigig dan sesudah menerima gelar dokter penuh (setara Eropa) pulang ke tanah air, sedangkan Dr. Sardjito masih lanjung ke aktivitas doktoral dan kemudian meraih Ph.D sebelum pulang ke tanah air. Dr. Soetomo ke Soerabaja, Dr. Sardjito ke Batavia. Dr. Sardjito bukan gibol, tetapi gila catur (pemain catur andal di Batavia). Sementara itu, Mr. Soepomo, meski bukan cowok radikal menyerupai Sardjito, tetapi sebagai hebat aturan paham ketidakadilan. Mr. Soepomo sesudah menuntaskan aktivitas doktoral di Belanda dan menerima gelar Ph.D kembali ke tanah air. Mr. Soepomo ditempatkan sebagai ketua Landraad di Djogjocarta. Disinilah Mr. Soepomo terpilih sebagai saltu pengurus Boedi Oetomo (pusat). Sejak inilah Mr. Soepomo memainkan kiprah penting dari dalam jantung tubuh Boedi Oetomo. Singkat kata: Mr. Soepomo yang meratifikasi statuta Boedi Oetomo menjadi organisasi kebangsaan menjadi visi nasional. Kelak, Dr. Sardjito, Ph.D yakni rektor UGM yang pertama; dan Mr. Soepomo, Ph.D menjadi rektor UI yang kedua.
Dengan semangat Dr. Soetomo yang didukung Dr. Radjamin Nasution, kesudahannya Boedi Oetomo semakin tersudut di dalam tataran nasional kemudian mulai melunak dan meratifikasi visi nasional. Ketika Boedi Oetomo sudah berada di barisan visi nasional, Dr. Soetomo mengajak Boedi Oetomo bergabung dengan partai politik PBI. Para pemimpin Boedi Oetomo kewmudian bersedia yang kemudian PBI dan Boedi Oetomo dilebur (fusi) dengan membentuk partai gres yang disebut Partai Indonesia Raya (sesuai lagu Indonesia Raya yang digubah oleh WR Supratman dan diperdengarkan di Kongres Pemuda 1928).
Selesai sudah kiprah dua pionir pemersatu bangsa, Parada Harahap dan MH Thamrin. Selesai pula misi dua pionir p0juang besar ini. Mereka kemudian lengser keprabon. Para senior satu persatu tiada. Soetan Casajangan telah usang meninggal dunia, kemudian Dr. Abdoel Rivai meninggal dunia tahun 1937. Yang tidak diduga, kabar gosip muncul dari Soerabaja, Dr. Soetomo tidak berumur panjang meninggal tahun 1938.
Parada Harahap, sebagai tokoh media yang tidak punya hutang ke Belanda kembali gelisah. Para senior telah tiada (Soetan Casajangan, Abdoel Rivai dan Dr. Soetomo), Sementara tokoh muda di pengasingan (Ir. Soekarno. Drs. Mohamad Hatta dan Soetan Sjahrir). Hanya tersisa beberapa para revolusioner yang masih eksis (Parada Harahap, MH Thamrin. Mohamd Jamin dan Amir Sjarifoeddin Harahap). Muncullah inspirasi pembebasan Ir. Soekarno dan Drs. Mohamad Hatta yang tengah berada di pengasingan. Parada Harahap tentu mengetahui betul siapa Ir. Soekarno dan Drs. Mohamad Hatta. Hanya foto berdua, dan Soeltan Agong yang dipajang Parada Harahap di gedung/kantor PPPKI di Gang Kenari.
Pada tahun 1938 dua anggota Volksraad yang vokal, MH Thamrin dan Mangaradja Soeangkoepon mulai bersuara bahwa sanksi Ir. Soekarno dan Drs. Mohamad Hatta perlu ditinjau kembali. Pada fase lobi-lobi ini tidak berhasil. Namun MH Thamrin, Mangaradja Soeangkoepon dan Parada Harahap tidak putus asa. Lalu muncul gagasan memindahkan pengasingan Ir. Soekarno dan Drs. Mohamad Hatta untuk ditempatkan di Sumatra. Tempat pengasingan Drs. Mohamad Hatta tidak berhasil dipindahkan lantaran alasan pemerintah Drs Mohamad Hatta berasal dari Sumatra. Hanya pemindahan Ir. Soekarno yang berhasil yakni dipindahkan ke Sumatra dengan tempat yang dipilih di Bengkoelen. Pada ketika pemindahan rute perjalanan yang dibuat yakni Flores ke Soerabaja, kemudian dari Soerabaja via bahari ke Batavia dan kemudian dari Batavia dengan kendaraan beroda empat ke Anjer dan kemudian dari Anjer ke Telok Betong dan dilanjutkan ke Lahat gres kemudian ke Bengkoelen. Parada Harahap yang mempunyai jaringan yang luas berkoordinasi dengan kawan-kawan sesama revolusioner. Di Soerabaja, Dr. Radjamin Nasution yang diandalkan untuk bertemu dengan Ir. Soekarno; di Batavia akan dilakukan MH Thamrin dan Parada Harahap. Lalu di Lampung disiapkan dua tokoh muda hebat aturan yakni Mr. Gele Harun Nasution (cucu Dja Endar Moeda) dan Mr. Abdul Abbas Siregar (keponakan Parada Harahap). Setiba di Soerabaja, Dr. Radjamin Nasution mendampingi kerabat Ir. Soekarno untuk bertemu. Dalam perjalanan ke Batavia terjadi perubahan moda secara tiba-tiba, yang awalnya via bahari kemudian berkembang menjadi transportasi kereta api malam. Di Batavia MH Thamrin dan Parada Harahap dengan kedudukan MH Thamrin sebagai anggota Volksraad sanggup bertemu dengan Ir. Soekarno. Dari Batavia dilanjutkan perjalanan ke Bengkoelen sesuai rute yang direncanakan yakni melalui Telok Betong.
Mungkin anda tidak percaya, jikalau di Bengkoelen sudah ada guru muda yang mengajar di sekolah swasta namanya Abdul Haris Nasution. Selama di Bengkoelen yang kerap mengunjungi Ir. Soekarno yakni Mr. Gele Harun Nasution dan Mr. Abdul Abbas Siregar yang mampir dalam perjalanan mudik dari Telok Betong ke Padang Sidempoean. Kapal-kapal dari dan ke Batavia di pantai barat Sumatra selalu singgah di Bengkoelen, Padang dan Sibolga. Dari Padang juga kerap mengunjungi Ir. Soekarno di Bengkoelen oleh Mr. Egon Hakim Nasution ketika mengunjungi mertua ke Batavia. Mr. Egon Hakim Nasution yakni hebat aturan alumni Belanda, anak Dr. Abdoel Hakim Nasution dan menantu MH Thamrin sendiri.
Pada 11 Januari 1941 kabar sedih diterima dan diberitakan di banyak sekali surat kabar. MH Thamrin telah meninggal dunia. Para revolusioner berduka, seluruh rakyat Indonesia berduka. Saat jelang meninggalnya MH Thamrin, sang revolusioner muda, sang menantu, Mr. Egon Hakim Nasution berada disampingnya. Besan MH Thamrin, yang juga ayag Mr. Egon Hakim Nasution bergegas dari Padang ke Batavia. Tentu saja Ir. Soekarno tidak bisa datang. Akan tetapi empat tokoh yang bersahabat dengan Ir. Soekarno di Bengkolen turut menghadiri pemakaman MH Thamrin yakni Mr. Egon Hakim Nasution, Mr. Abdoel Abbas Siergar, Mr. Gele Harun Nasution dan Sersan KNIL Abdoel Haris Nasution. Sudah barang tentu Parada Harahap yang menjadi tokoh yang dituakan dalam pemberangkatan MH Thamrin ke pemakaman. Sebagaimana Dr. Radjamin Nasution yang memperlihatkan kata-kata terakhir sebelum ke pemajaman ketika meninggal Dr. Soetomo, Parada Harahap yang melaksanakan hal serupa ketika MH Thamrin diberangkatkan ke pemakaman.
Untuk sekadar catatan: empat tokoh muda revolusioner tersebut kelak dikenal sebagai berikut: pertama, Abdoel Haris Nasution (panglima militer) yang menjadi KASAD disamping Ir. Soekarno sebagai Presiden RI. Kedua, Mr. Abdoel Abbas Siregar (anggota PPKI tahun 1945, yang diketuai oleh Ir. Soekarno dan Drs. Mohamad Hatta). Ketiga Mr. Gele Harun Nasution, Residen pertama Lampong (yang kini tengah diusulkan menjadi Pahlawan Nasional dari tempat Lampung). Keempat Mr. Egon Hakim Nasution, menantu MH Thamrin.
Mungkin anda tidak menyangka, Ir. Soekarno yakni orang yang meminta guru muda di Bengkoelen, Abdul Haris Nasution untuk beralih profesi dari guru menjadi militer. Pada tahun 1938 Pemerintah Belanda akan merekrut taruna gres untuk KNIL yang akan dilatih atau mengikuti pendidikan di Bandoeng. Dari sinilah awal karir militer Abdoel Haris Nasution. Last but not least: Mungkin anda tidak menyangka jikalau Mr. Egon Hakim Nasution yang menculik Ir. Soekarno di Padang. Ini terjadi pada tahun 1942 ketika terjadi penyerangan militer dan ketika awal pendudukan Jepang di Indonesia. Semua pejabat Belanda akan dievakuasi ke Australia. Untuk semua pejabat Belanda yang berada di wilayah Sumatra berkumpul di pelabuhan Padang untuk berangkat dengan kapal ke Australia. Saat inilah Ir. Soekarno dan keluarga dari Bengkoelen dibawa ke Padang. Ketika situasi dan panik dalam penyelamatan di Padang, Mr. Egon Hakim Nasution ‘menculik’ Ir. Soekarno dan keluarga dan mengamankannnya di rumah kediamannnya. Ketika militer Jepang dari Fort de Kock (Bukit Tinggi) merangsek ke Padang, Mr. Egon Hakim Nasution membawa Ir. Soekarno ke markas Jepang di Bukit Tinggi untuk dipertemukan dengan petinggi militer Jepang. Di Batavia, Parada Harahap memainkan kiprah penting dalam perundingan dengan pemerintahan militer Jepang. Untuk sekadar diingat, nama Parada Harahap sudah sangat populer di Jepang, ketika Parada Harahap dan rombongan berkunjung ke Jepang tahun 1933/1934. Setelah enam bulan Ir. Soekarno di Fort de Kock kemudian dipindahkan ke Batavia. Parada Harahap dan Ir. Soekarno kembali bertemu.
Di Batavia, pada ketika pendudukan Jepang ini, tiga revolusioner senior berkolaborasi dengan Jepang, yakni: Parada Harahap, Ir. Soekarno dan Dr. Mohamad Hatta. Sementara diantara tiga ingusan hanya Mohamad Jamin yang bersedia berkolaborasi dengan Jepang. Sedangkan dua ingusan tidak bersedia. Amir Sjarifoeddin dan Soetan Sjahrir terang-terangan melawan Jepang. Oleh lantaran Amir Sjarifoeddin terlalu keras kemudian ditangkap dan dibui di penjara di Malang (hingga tahun 1945).
Pada ketika persiapan kemerdekaan Indonesia di masa pendudukan Jepang, Parada Harahap, Soekarno dan Mohamad Hatta menjadi anggota BPUPKI. Pada ketika pembentukan PPKI Parada Harahap yang sudah mulai menua dan lelah mengundurkan diri dan digantikan oleh juniornya Mr. Abdul Abbas Siregar. Ketua PPPKI yakni Ir. Soekarno dan Wakil yakni Drs. Mohamad Hatta.
Akhirnya tercapai kemerdekaan Republik Indonesia tanggal 17 Agustus 1945. Pasca kemerdekaan ini, Ir. Soekarno diangkat menjadi Presiden dan Wakilnya Drs. Mohamad Hatta. Untuk memperkuat posisi kabinet di masa sekutu, Mr. Amir Sjarifoeddin yang masih dibui di Malang dijemput dan diangkat sebagai Menteri Penerangan.
Pada kabinet parlementer, diangkat perdana menteri yang pertama Soetan Sjahrir. Kemudian jabatan berikutnya sebagai Perdana Menteri yakni Amir Sjarifoeddin dan kemudian diestafetkan sebagai Perdana Menteri kepada Dr. Mohamad Hatta.
Pasca pengukuhan kedaulatan RI oleh Belanda kekerabatan Soekarno dan Mohamad Hatta melai retak dan kesudahannya pecah menyerupai yang ditulis dalam sebuah surat kabar pada tahun 1956: Dwi Tunggal: Tanggal Tunggal, Tinggal Tunggal. Parada Harahap yang sudah menua tidak lagi bisa merekatkan kembali dua pemimpin yang diproyeksikannya itu ke tika dulu berkantor di gedung PPPKI. Tidak ada lagi persatuan diantara Soekarno dan Mohamad Hatta yang berujung dengan penumpasan PRRI 1958. Tidak usang sesudah menghadiri wisuda anaknya yang lulus di Fakultas Hukum UI, Parada Harahap meninggal dunia dengan tenang pada tahun 1959. .
Sejarah Gang Kenari berakhir. MH Thamrin dan Parada Harahap telah tiada. Di Gang Kenari nama dua tokoh pemersatu ini memulai karir politik. Gedung Gang Kenari haruslah dipandang lebih besar dari Stadion VIJ di Petodjo. MH Thamrin yakni Gang Kenari, dan Gang Kenari yakni MH Thamrin.
MH Thamrin bukan seorang gibol. MH Thamrin memulai karir sebagai pegawai pemerintah. Lalu menjadi pengusaha. Setelah itu menjadi politisi yang memulai berjuang di tubuh legislatif kota (gemeenteraad) sampai menjadi anggota tubuh legislatif sentra (Volksraad). Parada Harahap yakni seorang gibol semenjak menjadi krani di perkebunan di Deli. Setelah dipecat sebagai krani lantaran masalah pembongkaran masalah penderitaan kuli asal Jawa di perkebunan di Deli, Parada Harahap menjadi jurnalis. Setelah hijrah ke Batavia, kegemaran bermain sepak bola ini masih diteruskan. Pada tahun 1923 di Batavia, Parada Harahap yakni pemain sekaligus pemimpin klub sepakbola Bataksch Voetbalclub. Di antara pekerjaannya sebagai jurnalis andal yang ditakuti pers Belanda, Parada Harahap aktif sebagai motor pergerakan organisasi dan sebagai motor usaha politik dan yang pernah memimpin tujuh revolusioner ke Jepang tahun 1933. Pada ketika pendudukan Jepang,Parada Harahap yakni koordinator media pribumi di dalam pemerintahan militer Jepang, sementara Ir. Soekarno dan Mohamad Hatta sebagai pemimpin rakyat Indonesia (Poesat Tenaga Ra’jat, Poetera) dan juga menjadi anggota BPUPKI. Pada ketika kabinet pertama Ir. Soekarno pasca kemerdekaan RI, Parada Harahap masih diminta oleh juniornya Mr. Amir Sjarifoeddin Harahap yang menjabat sebagai Menteri Penerangan untuk mengkoordinir sentra informasi pemerintah (Badan Informasi Kementerian Penerangan).
MH Thamrin (1894-1941): Kiprah Mohamad Hoesni Thamrin
*Dikompilasi oleh Akhir Matua Harahap berdasarkan sumber-sumber tempo doeloe. Sumber utama yang dipakai lebih pada ‘sumber primer’ menyerupai surat kabar sejaman, foto dan peta-peta. Sumber buku hanya dipakai sebagai pendukung (pembanding), lantaran saya anggap buku juga merupakan hasil kompilasi (analisis) dari sumber-sumber primer. Dalam setiap penulisan artikel tidak semua sumber disebutkan lagi lantaran sudah disebut di artikel saya yang lain. Hanya sumber-sumber gres yang disebutkan atau sumber yang sudah pernah disebut di artikel lain disebutkan kembali di artikel ini hanya untuk lebih menekankan saja. Sumber http://poestahadepok.blogspot.com
0 Response to "Sejarah Jakarta (35): Mh Thamrin Absurd Bola? Hoax; Meluruskan Nama Besar Mh Thamrin, Sepakbola Ialah Sepakbola"
Posting Komentar