√ Prinsip Manajemen

Versi materi oleh Ismawanto


Prinsip Manajemen - Suatu dalil umum yang sanggup disimpulkan dari proses menggerakkan orang-orang dan menggerakkan fasilitas-fasilitas yang berlaku sebagai dasar petunjuk bagi seseorang dalam melaksanakan perbuatan-perbuatan atau menjalankan tindakannya untuk mencapai tujuan yang dikehendaki disebut dengan prinsip manajemen.

Satu-satunya tokoh yang membahas mengenai prinsipprinsip administrasi yakni Henry Fayol. Adapun 14 prinsip administrasi berdasarkan Henry Fayol yakni sebagai berikut.

1. Pembagian Kerja (Division of Labour)
Pembagian kerja dalam suatu tubuh sangat diharapkan untuk membedakan seseorang dalam suatu perusahaan, apakah dia pemimpin, pelaksana, staf dan lain sebagainya. Baik buruknya pembagian kerja banyak memilih berhasil guna dan berdaya guna.


 Suatu dalil umum yang sanggup disimpulkan dari proses menggerakkan orang √ PRINSIP MANAJEMEN


2. Kekuasaan (wewenang) dan Tanggung Jawab (Authority and Responsibility)
Setiap pejabat/pimpinan dalam suatu tubuh tertentu harus memiliki kekuasaan dan tanggung jawab. Kekuasaan, wewenang (authority) yakni hak untuk mengambil keputusan sehubungan kiprah dan tanggung jawab atas pekerjaan yang dikerjakannya.

3. Disiplin (Discipline)
Disiplin merupakan sesuatu yang menjadi dasar bagi kekuatan suatu tubuh atau perusahaan. Setiap pihak yang terlibat dalam suatu tubuh harus ada kedisiplinan untuk melaksanakan suatu pekerjaan, menaati peraturan yang dibentuk oleh tubuh tersebut. Pimpinan harus sanggup memberi contoh kepada bawahan dengan jalan memenuhi peraturan dan perjanjian yang telah disepakati sebelumnya.

4. Kesatuan Perintah (Unity of Command)
Untuk memperlancar pencapaian tujuan, perlu adanya kesatuan perintah dari atasan kepada bawahan atau seorang pegawai mendapatkan perintah dari seorang atasannya.

5. Kesatuan Arah (Unity of Direction)
Dengan prinsip kesatuan arah dimaksudkan seorang kepala dan pegawainya dihentikan bertentangan antara satu sama lain dalam mencapai suatu tujuan secara keseluruhan.

6. Kepentingan Individu Harus Berada di Bawah Kepentingan
Umum ( Subordinate of Individual Interest to General Interest) Prinsip ini dimaksudkan bahwa kepentingan umum atau perusahaan secara keseluruhan harus berada di atas kepentingan pribadi.

7. Pembayaran Upah yang Adil (Remuneration of Personal)
Dalam derma upah kepada pegawai harus adil atau tidak berat sebelah, ada dasar-dasar objektif dalam tetapkan upah masing-masing pegawai.

8. Pemusatan (Centralization)
Suatu wewenang sanggup dipusatkan dan sanggup didelegasikan kepada pejabat-pejabat tertentu untuk memperlancar jalannya suatu perusahaan.

9. Rantai Skalar atau Scalar Chain (Line of Authority)
Dengan prinsip ini dimaksudkan bahwa garis wewenang dalam suatu organisasi haruslah jelas.

10. Tata Tertib (Order)
Dalam melaksanakan suatu perjuangan harus ada ketertiban baik secara material maupun orang-orang, sehingga ada hukum yang harus dijalankan.

11. Keadilan (Equity)
Agar setiap bawahan setia kepada atasannya, maka masingmasing atasan harus mempraktikkan keadilan yakni menawarkan kepada setiap orang apa yang menjadi haknya.

12. Stabilitas Pegawai (Stability of Tenure of Personal)
Keberadaan pegawai harus dijaga kestabilannya, jangan terlalu sering pergantian pegawai, baik sebab pemindahan atau pemecatan. Ketidakstabilan pegawai akan menimbulkan pertambahan biaya, baik merekrut, melatih dan juga untuk pengawasan.

13. Inisiatif (Initiative)
Setiap orang atau pegawai diberi kesempatan untuk mengungkapkan atau menjalankan inisiatif, baik mengenai cara kerja, mekanisme kerja atau menjalankan rencana gres dalam pekerjaannya.

14. Jiwa Kesatuan (Esprits de Corps)
Pada diri setiap pegawai atau manajer perlu ditanamkan jiwa kesatuan atau kesetiaan pada kelompok, sehingga sanggup bekerja sama pada sejumlah orang untuk mencapai tujuan bersama.



Semoga materi mengenai Prinsip Manajemen ini sanggup membantu

Sumber http://www.ssbelajar.net/

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "√ Prinsip Manajemen"

Posting Komentar