Perilaku Konsumen

Perilaku Konsumen - Konsumen yaitu orang atau tubuh perjuangan yang melaksanakan kegiatan konsumsi. Konsumsi bukan hanya berarti makan dan minum, tetapi juga menyangkut aneka macam kegiatan lain yang berkaitan dengan pemenuhan kebutuhan hidup. Nah pada kesempatan kali ini, akan membahas secara lengkap mengenai Perilaku Konsumen. Semoga bermanfaat. Check this out!!!

A. Pengertian Konsumsi dan Perilaku Konsumen

Dalam pengertian ekonomi, konsumsi diartikan sebagai kegiatan insan mengurangi atau menghabiskan nilai guna suatu barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan, baik secara berangsur-angsur maupun sekaligus habis. Pihak yang melaksanakan konsumsi disebut konsumen. Sedangkan yang dinamakan sikap konsumen yaitu proses dan kegiatan ketika seseorang bekerjasama dengan pencarian, pemilihan, pembelian, penggunaan, serta mengevaluasi produk dan jasa demi memenuhi kebutuhan dan keinginan.

B. Tujuan Konsumsi

Kegiatan konsumsi yang dilakukan insan bertujuan untuk memenuhi kebutuhan hidup atau untuk memperoleh kepuasan setinggi-tingginya sehingga tercapai tingkat kemakmuran. Dengan adanya lapisan masyarakat yang berbeda-beda, tujuan konsumsi juga berbeda pula. Pada masyarakat tradisional yang ditandai dengan peradaban yang belum maju dan kebutuhan masih sederhana, kegiatan konsumsi bertujuan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari guna mempertahankan kelangsungan hidup. Sedangkan pada masyarakat modern, tujuan konsumsi sudah berubah bukan hanya sekadar mempertahankan hidup, tetapi lebih banyak diarahkan untuk kepentingan kesenangan dan prestise (harga diri).

C. Perilaku Konsumen

Tujuan konsumsi yang ada di atas bahu-membahu citra umum mengenai sikap konsumen. Tapi untuk lebih jelasnya, kami sertakan pula perilaku-perilaku konsumen sebagai berikut ini.
  1. Mengurangi nilai guna barang atau jasa secara bertahap
    Setiap orang yang melaksanakan konsumsi akan mengurangi nilai guna barang atau jasa tersebut secara bertahap. Sebagai misalnya ialah ibarat menggunakan pakaian, kendaraan dan sepatu.
  2. Menghabiskan nilai guna barang sekaligus
    Konsumen juga sanggup menghabiskan nilai guna barang sekaligus. Sebagai teladan yaitu makan dan minum.
  3. Memuaskan kebutuhan secara fisik
    Seseorang melaksanakan konsumsi bertujuan untuk mencukupi kebutuhan mereka secara fisik. Kebutuhan tersebut telah dijelaskan pada pembahasan cuilan sebelumnya. Contohnya ialah mengenakan pakaian yang elok semoga penampilannya bertambah baik.
  4. Memuaskan kebutuhan rohani
    Tidak hanya kebutuhan secara fisik saja tujuan seorang konsumen melaksanakan kegiatan konsumsi akan tetapi juga untuk memuaskan kebutuhan rohani ibarat misalnya ialah membeli kitab suci untuk kebutuhan religiusitas/ rohaninya.

 Konsumen yaitu orang atau tubuh perjuangan yang melaksanakan kegiatan konsumsi Perilaku Konsumen


D. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen

Menurut Vincent Gasperz, terdapat faktor-faktor yang memengaruhi penilaian dan dugaan/pengharapan (ekspektasi) konsumen terhadap suatu barang, yaitu sebagai berikut.
  1. Kebutuhan dan keinginan
    Jika kebutuhan dan keinginan konsumen besar maka penilaian dan pengharapan konsumen juga besar, demikian pula sebaliknya. Jika kebutuhan dan keinginan kecil maka penilaian dan pengharapan konsumen juga kecil.
  2. Pengalaman masa lalu
    Pengalaman mengonsumsi produk yang sama atau produk lainnya yang sama fungsinya.
  3. Pengalaman dari teman
    Teman Anda ada yang pernah mengonsumsi suatu produk sebelum Anda, akan menceritakan kepada Anda kualitas produk tersebut sehingga sanggup menambah atau mengurangi penilaian dan pengharapan Anda terhadap produk yang akan Anda konsumsi.
  4. Komunikasi iklan dan pemasaran
    Iklan dan pemasaran sanggup mengubah pengharapan Anda terhadap suatu barang. Mungkin saja pengharapan Anda terhadap suatu produk tertentu alasannya yaitu penyajian dan pemasaran yang baik.


E. Fakto-faktor yang Mempengaruhi Tingakt Konsumsi

Besar kecilnya konsumsi seseorang atau suatu rumah tangga ditentukan oleh faktor-faktor sebagai berikut.
  1. Pendapatan
    Untuk memperoleh barang-barang konsumsi dibutuhkan pengorbanan berupa uang yang berasal dari penghasilan atau pendapatan. Tingkat pendapatan kuat terhadap besarnya konsumsi yang dilakukan. Pada umumnya, semakin tinggi tingkat pendapatan seseorang, semakin banyak pula barang dan jasa yang sanggup dikonsumsi.
  2. Tingkat Harga
    Apabila harga-harga kebutuhan hidup meningkat, konsumen harus mengeluarkan uang lebih banyak untuk mendapatkannya. Atau, konsumen sanggup mengantisipasinya dengan mengurangi jumlah pembelian. Hal ini perlu dilakukan apabila kenaikan harga tersebut tidak diikuti oleh naiknya pendapatan. Dengan kata lain, kenaikan harga barang akan menurunkan tingkat konsumsi. Dan apabila harga barang menurun, tingkat konsumsi konsumen akan naik.
  3. Ketersediaan Barang dan Jasa
    Meskipun konsumen mempunyai uang untuk membeli, ia tidak sanggup mengkonsumsi barang yang diinginkan jikalau barangnya tidak tersedia.
  4. Selera
    Keputusan seorang konsumen untuk mengkonsumsi suatu barang dan jasa sangat ditentukan oleh seleranya. Apabila ia sangat menyukai suatu barang, maka ia akan dengan bahagia hati membeli barang tersebut meskipun harganya relatif mahal.
  5. Lingkungan Sosial Budaya
    Masyarakat di aneka macam tempat mempunyai lingkungan sosial budaya yang berbeda-beda. Hal ini menjadikan adanya pola sikap masyarakat yang berbeda pula, sehingga muncul aneka macam macam kebutuhan, sesuai dengan kebiasaan masyarakat yang bersangkutan.
  6. Prakiraan Harga di Masa Datang
    Prakiraan harga di masa tiba akan memengaruhi keputusan untuk pengeluaran konsumsi dikala ini. Apabila seorang konsumen memprakirakan bahwa harga suatu barang akan naik di masa yang akan datang, maka ia akan cenderung membeli dikala ini sebelum harganya benar-benar naik.


Terima kasih sudah berkenan membaca artikel tersebut di atas perihal Perilaku Konsumen, semoga sanggup bermanfaat. Apa bila ada dari sobat yang menemukan kesalahan baik berupa penulisan maupun pembahasan dari klarifikasi di atas, mohon kiranya kritik dan saran yang membangun untuk kemajuan bersama. ^^ Maju Terus Pendidikan Indonesia ^^

Sumber http://www.zonasiswa.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Perilaku Konsumen"

Posting Komentar