Bunga Teratai Si Pemberi Warna Pada Kolam

Bunga teratai tumbuh mengambang di permukaan air Bunga Teratai si Pemberi Warna Pada Kolam
Bunga teratai tumbuh mengambang di permukaan air. Daunnya seakan memberi tumpangan pada bunganya.

Bunga teratai, dalam bahasa inggris disebut Water Lily, merupakan tanaman air yang identik dengan cara hidup mengambang di permukaan air. Bagi kaum beragama Buddha, bunga teratai yaitu lambang kesucian. Terbukti dengan terlihatnya patung-patung buddha yang sedang duduk bersemedi pada bunga teratai yang merekah lebar. Di lukisan juga di film-film sekalipun, perwujudan Buddha selalu digambarkan menduduki, menaiki atau bangun pada bunga teratai yang sangat besar.


Pada jaman dahulu, orang-orang sering memadupadankan bunga bergenus Nymphaea ini dengan bunga bergenus Nelumbo pada satu kolam. Kemudian, kedua flora berbeda genus itupun bersamaan bermekaran. Menghasilkan bunga-bunga warna warni yang sangat mempesona. Bentuk dan ukuran bunganya mirip satu sama lainnya, sebab itulah kini bunga teratai ini seringkali disamakan dengan bunga bergenus Nelumbo tersebut, lotus, flora air yang juga sangat menawan.


Bunga teratai tumbuh mengambang di permukaan air Bunga Teratai si Pemberi Warna Pada Kolam
Perwujudan Dewi Kwan Im selalu digambarkan menduduki bunga teratai yang merekah lebar.

Untuk bisa membedakan bunga lotus dan teratai bisa dilihat dari banyak sekali aspek. Aspek yang paling sederhana yaitu perhatikan kelopak bunganya. Kelopak bunga lotus mempunyai helaian yang lebar dan bulat. Sedangkan bunga teratai menghasilkan kelopak bunga yang panjang-panjang dan sedikit runcing diujungnya, dan tepinya terlihat tajam . Kelopaknya berlapis-lapis dan terlihat rimbun. Selain itu, flora lotus tumbuh mencuat ke atas permukaan air, sedangkan bunga teratai mengambang di air bersama daunnya. Sebelumnya, perbedaan teratai dan lotus juga sudah disinggung pada artikel usang di blog Bibitbunga.com.


Daun bunga teratai berbentuk bulat, besar melebar, sekilas hampir mirip dengan daun tetepok. Hanya saja daun tetepok yang terbelah pangkalnya, berbentuk hati (baca artikel khusus tetepok di sini), sedangkan daun teratai tidak terlalu berbentuk hati sebab ujung daunnya tetap membulat. Hanya terpotong di penggalan pangkalnya, menuju tangkai. Daun ini merupakan daerah penopang bunga-bunga teratai yang bermekaran nantinya.


Bunga teratai tumbuh mengambang di permukaan air Bunga Teratai si Pemberi Warna Pada Kolam
Teratai ungu kehitaman. Salah satu warna teratai yang eksotis. Mewah dan elegan.

Jika dibandingkan lagi dengan lotus, warna yang dihasilkan bunga teratai lebih bermacam-macam dan bervariasi. Sehingga bisa memberi warna-warni yang indah pada kolam. Tanaman ini juga mempunyai akar dan tangkai dari rizoma yang nyaris tak tampak sebab bersembunyi di balik lumpur pada dasar kolam. Selain menunjukkan kesan yang luar biasa indah pada bak Anda, bunga teratai juga sanggup membersihkan bak dan secara tidak eksklusif memberi manfaat pada bak yang di huni oleh ikan-ikan hias.


Akar bunga teratai bisa menyerap kotoran-kotoran pada air dan mengubahnya menjadi makanan ikan. Daunnya yang lebar bisa menjadi daerah berlindungnya ikan dari paparan matahari langsung, juga sebagai daerah penyimpanan telur-telur ikan tersebut.


Bunga teratai tumbuh mengambang di permukaan air Bunga Teratai si Pemberi Warna Pada Kolam
Bunga teratai mempunyai ukuran yang berbeda-beda. Tiap ukuran masing-masing memancarkan daya tariknya.

Tidak hingga disitu, bunga teratai ternyata juga dijadikan sebagai materi herbal pengobatan tradisional. Banyak penyakit yang sanggup diatasi, mirip hipertensi, insomnia, sakit jantung, beri-beri, kencing darah, batuk darah, kanker, keputihan, diare, 3j4kulasi dini, disentri dan demam. Untuk pengobatan, seluruh penggalan bunga bisa digunakan, mulai dari biji, bunga, daun, tangkai, akar hingga rimpangnya. Bisa dipakai dalam keadaan segar ataupun dikeringkan.


Jadi flora air ini tidak hanya sanggup memberi warna pada bak Anda, namun juga bisa mengatasi problem kesehatan.


Silahkan klik disini untuk melihat aneka flora air yang kami jual. 🙂



Sumber https://bibitbunga.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Bunga Teratai Si Pemberi Warna Pada Kolam"

Posting Komentar