Peraturan Futsal

Peraturan Futsal - Nih pastinya teman tahu bener dengan olah raga yang satu ini, terutama yang laki-laki. Permainan yang seolah-olah sepak bola, tapi dengan perlengkapan dan peraturan yang berbeda, ya futsal. Nah, pada kesempatan kali ini akan mencoba membahas materi Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) perihal Peraturan Futsal. Semoga bermanfaat. Check this out!!!

Permainan futsal berada di bawah naungan FIFA (Federation Internationale Football Association). Oleh sebab itu, segala peraturan yang berafiliasi dengan peralatan, mekanisme pertandingan, perwasitan, dan prinsip permainan dasar telah disusun dan disepakati dalam peraturan FIFA. Namun, segala peraturan sewaktu-waktu sanggup berubah apabila menyangkut pemain di bawah 16 tahun, pemain wanita, dan pemain yang usianya berada di atas 35 tahun. Berikut beberapa peraturan permainan futsal.

A. Perlengkapan dan Peralatan

  1. Ukuran Lapangan Futsal
    Lapangan futsal berbentuk persegi panjang dan di dalam ruangan. Namun, ada lapangan futsal di luar ruangan. Berikut ukuran lapangan permainan futsal menurut standar FIFA.
    • Panjang : 25 – 42 meter
    • Lebar : 15 – 25 meter
    • Semua garis mempunyai lebar 8 cm. Pada titik garis tengah lapangan terdapat lingkaran dengan jari-jari 3 meter.
    • Seperempat lingkaran garis gawang dengan jari-jari 6 meter.
    • Titik penalti berjarak 6 meter.
    • Titik penalti kedua berjarak 10 meter.
    • Titik tendangan pojok mempunyai jari-jari 25 cm.

     Nih pastinya teman tahu bener dengan olah raga yang satu ini Peraturan Futsal
    Ukuran Lapangan Futsal

  2. Ukuran, Berat, dan Bahan Bola Futsal
    Bola futsal berbentuk lingkaran sempurna. Terbuat dari materi kulit atau materi lain yang layak. Keliling bola 62–64 cm, berat bola 400 – 440 gram, dan tekanan bola 0,4 – 0,6 atm.

     Nih pastinya teman tahu bener dengan olah raga yang satu ini Peraturan Futsal
    Contoh Bola Futsal

  3. Gawang Futsal
    Gawang tim lawan ialah target setiap pemain dalam permainan futsal. Berikut ukuran gawang permainan futsal.
    • Jarak tiang gawang ialah 3 meter.
    • Kedalaman gawang 80 cm di cuilan atas dan 100 cm di cuilan bawah.
    • Gawang dilengkapi dengan jaring yang terbuat dari tali rami, goni, atau nilon.

  4. Waktu Permainan Futsal
    Pertandingan futsal berakhir dalam dua babak. Masing-masing babak selama 20 menit. Waktu sela (time out) diberikan kepada satu tim selama 1 menit. Waktu istirahat selama 15 menit.

  5. Pergantian Pemain dalam Futsal
    Pergantian pemain sanggup dipakai setiap pertandingan. Pemain cadangan dalam permainan futsal maksimal 7 orang. Jumlah pergantian permainan selama permainan tidak dibatasi. Setiap pemain sanggup diganti lalu masuk lagi ke lapangan. Pergantian pemain dilakukan dikala bola masih berada di dalam atau keluar dari lapangan permainan dengan kondisi berikut.
    • Pergantian pemain dilakukan dari wilayah pergantian pemain tim sendiri, baik yang masuk maupun keluar.
    • Pergantian pemain bergantung pada kewenangan wasit.
    • Pergantian dianggap selesai kalau pemain pengganti menjadi pemain aktif dan pemain yang digantikan berhenti bermain.
    • Penjaga gawang pun boleh berganti posisi dengan pemainnya.

B. Perwasitan

Setiap pertandingan dipimpin oleh seorang wasit yang mempunyai kewenangan penuh untuk menegakkan peraturan permainan yang berafiliasi dengan peraturan yang telah disepakati.

Wasit utama dibantu dengan wasit kedua dan ketiga. Wasit kedua bertugas untuk membantu wasit pertama, yaitu mengawasi jalannya pertandingan. Selain itu, ia bertugas untuk memberhentikan kalau terjadi pelanggaran terhadap peraturan-peraturan dan memastikan bahwa pergantian permainan dilakukan dengan baik.

Sementara itu, wasit kedua bertugas sebagai penjaga waktu, yaitu dengan mencatat atas pelanggaran akumulasi lima pertama yang dilakukan tim, penghentian permainan, pemain yang mencetak gol, pemain yang menerima peringatan, dan penyediaan informasi yang relevan kalau terdapat pemain yang komplain.

Terima kasih sudah berkenan membaca artikel Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) di atas perihal Peraturan Futsal, biar sanggup bermanaat bagi teman sekalian. Jika ada dari teman yang menemukan kesalahan baik berupa penulisan maupun pembahasan, mohon kirtik dan sarannya yang membangun untuk kemajuan bersama. ^^ Maju Terus Pendidikan Indonesia ^^

Sumber http://www.zonasiswa.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Peraturan Futsal"

Posting Komentar