Pengertian / Definisi Mall Berdasarkan Beberapa Ahli

Konsep Green Mall - Taiwan

Beberapa Pengertian perihal mall diantaranya sebagai berikut :
1. Mall adalah jenis dari sentra perbelanjaan yang secara arsitektur berupa bangunan tertutup dengan suhu yang diatur dan mempunyai jalur untuk berjalan jalan yang teratur sehingga berada diantara antar toko-toko kecil yang saling berhadapan.  

2. Mall Adalah kompleks pertokoan yang dikunjungi untuk membeli atau melihat dan membandingkan barang-barang dalam memenuhi kebutuhan ekonomi sosial masyarakat serta menunjukkan kenyamanan dan keamanan berbelanja bagi pengunjung

3. Mall merupakan bentuk perjuangan perdagangan individual yang dilakukan secara bersama melalui penyatuan modal dengan tujuan efektivitas komersial (Beddington, Design For Shopping Centre).

4. Mall merupakan suatu kawasan acara pertukaran dan distribusi barang/jasa yang bercirikan komersial, melibatkan perencanaan dan perancangan yang matang sebab lantaran bertujuan memperoleh laba (profit) sebanyak-banyaknya (Gruen, Centers for Urban Environment : Survival of the Cities). 

5. Mall merupakan kompleks perbelanjaan terencana, dengan pengelolaan yang bersifat terpusat, dengan sistem menyewakan unit-unit kepada pedagang individu, sedangkan pengawasannya dilakukan oleh pengelola yang bertanggung jawab secara menyeluruh (Beddington, Design for Shopping Centre).

6. Mall merupakan sekelompok kesatuan sentra perdagangan yang dibangun dan didirikan pada sebuah lokasi yang direncanakan, dikembangkan, dimulai dan diatur menjadi sebuah kesatuan operasi (operation unit), berafiliasi dengan lokasi, ukuran tipe toko, dan area perbelanjaan dari unit tersebut (Urban Land Institute, Shopping Centre Development Handbook).

7. Mall merupakan suatu wadah dalam masyarakat yang menghidupkan kota atau lingkungan setempat. Selain berfungsi sebagai kawasan untuk acara berbelanja atau transaksi jual beli, juga berfungsi sebagai kawasan untuk berkumpul atau berekreasi (Beddington, Design for Shopping Centre).

8. Mall diartikan sebagai suatu area pergerakan (linier) pada suatu area sentra bisnis kota (central city business area) yang lebih diorientasikan bagi pejalan kaki. Berbentuk pedestrian dengan kombinasi plaza dan ruang-ruang interaksional (Rubenstein, 1978).

9. Mall Adalah sentra perbelanjaan yang berintikan satu atau beberapa departement store besar sebagai daya tarik dari retail-retail kecil dan rumah makan dengan tipologi bangunan menyerupai toko yang menghadap ke koridor utama mall atau pedestrian yang merupakan unsur utama dari sebuah sentra perbelanjaan (mall), dengan fungsi sebagai sirkulasi dan sebagai ruang komunal bagi terselenggaranya interaksi antar pengunjung dan pedagang (Maitland, 1987)

Berdasarkan beberapa definisi tersebut sanggup diambil kesimpulan bahwa pengertian mall atau arti mall secara arsitektural  merupakan suatu ruang rekreasi dan sentra perbelanjaan yang terdiri dari kompleks pertokoan dimana terjadi acara jual beli maupun pertukaran barang dan jasa serta sebagai kawasan berkumpul dan berekreasi.

Berkaitan dengan Mall / Shoping Center, saya juga telah menyiapkan artikel yang relevan terkait mall sebagai sentra perbelanjaan. Selengkapnya sanggup disimak disini :

Demikianlah mengenai pengertian Mall berdasarkan para ahli. Artikel ini sanggup dipakai untuk kepentingan edukasi (request), segala bentuk publikasi harus menyertakan alamat sumber arsitur.com

UNDUH ARTIKEL INI DALAM VERSI PDF


Sumber http://www.arsitur.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Pengertian / Definisi Mall Berdasarkan Beberapa Ahli"

Posting Komentar