Pengertian Dan Referensi Gelombang Mekanik Dan Elektromagnetik


Seperti yang dijelaskan pada postingan sebelumnya ihwal pengertian gelombang, bahwa menurut medium perambatannya, gelombang dibedakan menjadi dua kelompok yaitu gelombang mekanik dan gelombang elektromagnetik. Apa pengertian dan pola gelombang mekanik dan gelombang elektomagnetik?

Gelombang Mekanik
Gelombang air, gelombang bunyi, gelombang tali, dan gelombang pada slinki merupakan contoh-contoh gelombang mekanik. Gelombang-gelombang ini memerlukan medium untuk sanggup merambatkan gelombang. Air, udara, tali, slinki ialah medium yang dipakai untuk merambatkan gelombang air, gelombang bunyi, gelombang tali, dan gelombang pada slinki. Gelombang-gelombang ini ditimbulkan oleh adanya getaran mekanik.

Oleh alasannya itu, gelombang-gelombang tersebut dikelompokkan ke dalam gelombang mekanik. Umumnya, gelombang mekanik menyerupai pola tersebut sanggup diamati dengan mata telanjang. Kaprikornus sanggup disimpulkan bahwa pengertian gelombang mekanik ialah gelombang yang dalam perambatannya memerlukan medium.

Gelombang Elektromagnetik
Tahukah kau gelombang TV dan gelombang radio sanggup merambat? Sebagai contoh, kau sanggup melihat pertandingan bola di Italia secara pribadi padahal jarak rumahmu ke negara tersebut sangat jauh. Kamu sanggup melihat program TV alasannya adanya gelombang elektromagnetik. Siaran pertandingan bola di Italia dipancarkan ke satelit bumi dan oleh satelit bumi ini dipancarkan kembali ke bumi. Televisimu sanggup menangkap gelombang ini dan mengubahnya menjadi gambar dan suara. Bagaimana gelombang elektromagnetik sanggup merambat di luar angkasa dikala menuju satelit bumi padahal di luar angkasa merupakan ruangan hampa?

Gelombang elektromagnetik sanggup merambat meskipun tidak terdapat medium untuk menjalarkan gelombangnya. Contoh lain gelombang elektromagnetik yaitu gelombang sinar matahari. Gelombang sinar matahari sanggup hingga ke bumi meskipun antara matahari dan bumi tidak terdapat medium untuk menjalarkan gelombang. Gelombang yang sanggup merambat tanpa membutuhkan medium disebut gelombang elektromagnetik. Kaprikornus sanggup disimpulkan bahwa pengertian gelombang elektromagnetik ialah gelombang yang dalam perambatannya tidak memerlukan medium.

Selain gelombang mekanik dan gelombang elektromagnetik ada jenis gelombang yang lain yaitu gelombang yang menurut arah rambatannya, yaitu gelombang transversal dan gelombang longitudinal. Apa pengertian gelombang transversal dan gelombang longitudinal? Apa pola gelombang transversal dan gelombang longitudinal? Untuk lebih jelasnya silahkan baca postingan “Pengertian dan Contoh Gelombang Transversal dan Gelombang Longitudinal”


Sumber http://mafia.mafiaol.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Pengertian Dan Referensi Gelombang Mekanik Dan Elektromagnetik"

Posting Komentar