√ Pengertian Dan Ciri Perusahaan Dagang


 Di Kelas XI Semester II kau telah mempelajari mengenai siklus akuntansi perusahaan jasa √ PENGERTIAN DAN CIRI PERUSAHAAN DAGANG


Versi bahan oleh Ismawanto


Pengertian dan Ciri Perusahaan Dagang - Di Kelas XI Semester II kau telah mempelajari mengenai siklus akuntansi perusahaan jasa, yaitu suatu perusahaan yang memperlihatkan pelayanan jasa untuk mendapat penghasilan. Adapun jasa itu sendiri merupakan barang yang tidak berwujud, sehingga penghasilannya berasal dari penjualan jasa dan tidak memerlukan penghitungan harga pokok penjualan, menyerupai yang dijumpai pada perusahaan dagang.

Pada pembahasan siklus akuntansi perusahaan jasa tentu kau juga mengenal ciri-ciri perusahaan jasa. Untuk mengingat kembali, simak ciri-ciri perusahaan jasa berikut ini.
1. Kegiatannya memberi pelayanan jasa.
2. Pendapatannya berasal dari hasil penjualan jasa.
3. Tidak terdapat penghitungan harga pokok penjualan.
4. Beban operasionalnya terdiri atas beban usaha.

Nah, sesudah kau memahami banyak sekali hal mengenai siklus akuntansi perusahaan jasa, maka pada pembelajaran kali ini kita lanjutkan dengan membahas siklus akuntansi pada perusahaan dagang.

Sebagaimana kau ketahui, dalam dunia perjuangan dikenal banyak sekali perusahaan dagang, baik pedagang besar maupun pedagang kecil/pedagang eceran. Tahukah kau apa yang dimaksud perusahaan dagang itu? Perusahaan dagang yakni perusahaan yang bergerak di bidang pembelian barang dagangan (produk jadi/finished goods) dan menjualnya kembali tanpa mengubah bentuk dengan tujuan untuk memperoleh keuntungan (laba). Sementara itu, yang dimaksud barang dagangan (merchandise inventory) yakni barang yang dibeli perusahaan untuk dijual kembali.

Dari klarifikasi tersebut sanggup disimpulkan, bahwa acara utama perusahaan dagang yakni membeli dan menjual barang dagangan tanpa mengubah bentuk. Nah, dari definisi wacana perusahaan dagang di atas, sanggup kau ketahui ciri-ciri perusahaan dagang yang berbeda dengan

ciri-ciri perusahaan jasa. Adapun ciri-ciri perusahaan dagang di antaranya sebagai berikut.
1. Kegiatannya melaksanakan pembelian dan penjualan barang dagangan.
2. Pendapatannya berasal dari hasil penjualan barang dagangan.
3. Terdapat penghitungan harga pokok penjualan, untuk memilih besarnya keuntungan atau rugi.
4. Beban operasionalnya terdiri atas beban penjualan dan beban manajemen umum.


Sumber http://www.ssbelajar.net/

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "√ Pengertian Dan Ciri Perusahaan Dagang"

Posting Komentar