Penerapan Konsep Tekanan Udara Dalam Kehidupan Sehari-Hari


Seperti pada tekanan zat padat dan zat cair, berikut diberikan beberapa pola kejadian yang berkaitan dengan tekanan udara (gas).

Angin
Angin yaitu udara yang bergerak dari suatu tempat yang bertekanan tinggi ke tempat yang tekanannya lebih rendah. Jika suatu tempat memiliki tekanan udara yang sangat rendah, udara di sekelilingnya akan mengitari tempat tersebut sehingga membentuk pusaran angin. Kekuatan angin ini sanggup sangat besar dan menerbangkan benda-benda yang dilaluinya. Bentuk angin ibarat ini disebut angin siklon. Angin ini bersifat merusak jikalau tempat terjadinya pusaran erat dengan tempat tinggal penduduk.
Angin biasanya dimanfaatkan oleh para nelayan yang melaut. Mereka memanfaatkan angin darat dan angin laut. Apa itu angin darat dan angin laut?

Prakiraan Cuaca
Bagaimana para hebat meteorologi sanggup memperkirakan cuaca? Para hebat meteorologi mencatat perubahan tekanan udara di suatu tempat, kemudian data hasil pengamatan tersebut dianalisis dan diinterpretasi. Misalkan, jikalau pada suatu tempat tekanan udara rendah, udara dari tempat yang bertekanan lebih tinggi akan bergerak ke tempat tersebut. Angin tersebut membawa uap air. Karena tekanan udaranya rendah, uap air tersebut akan jatuh ke Bumi dalam bentuk hujan. Begitu pun sebaliknya, di suatu tempat cuacanya akan cerah jikalau tekanan di tempat tersebut tinggi yang berarti udara dari tempat tersebut akan bergerak ke tempat lain yang tekanan udaranya lebih rendah. Alat untuk mencatat perubahan tekanan udara secara terus menerus disebut barograf.

Sumber http://mafia.mafiaol.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Penerapan Konsep Tekanan Udara Dalam Kehidupan Sehari-Hari"

Posting Komentar