Pemantulan Suara Dalam Keseharian

Dalam kehidupan sehari-hari ada beberapa pola insiden pemantulan bunyi yang terjadi. Peristiwa-peristiwa pemantulan bunyi ini ada yang bersifat menguntungkan dan ada juga yang bersifat merugikan. Contoh, ketika kau berbicara dalam ruangan, maka sesaat lalu terdengar bunyi dari pantulan bicara kamu. Waktu pantul berlangsung cukup singkat. Gejala ini disebut gaung. Suara pantulan ini akan mengganggu bunyi aslinya. Sehingga bunyi orisinil akanter dengar tidak jelas.

Pemantulan gelombang bunyi pun ada yang bersifat menguntungkan, contohnya penggunaan sonar yang dipakai nelayan untuk mendeteksi keberadaan ikan di bawah kapal mereka. Sebuah sumber bunyi dirambatkan ke dalam air sehingga menjalar ke segala arah. Jika di bawah kapal ada segerombolan ikan, gelombang bunyi akan dipantulkan kembali ke atas dan diterima oleh alat yang sanggup menangkap gelombang bunyi pantulan tersebut.

Dengan demikian, pencarian ikan akan lebih efektif. Selain itu nelayan juga sanggup memperkirakan kedalaman ikan-ikan tersebut. Pemantulan bunyi pun sanggup dipakai untuk memilih jarak sumber bunyi terhadap pemantul. Persamaan jarak sumber bunyi dan pemantul yaitu sebagai berikut.
s = v × t/2
Keterangan:
s = jarak tempuh gelombang bunyi (m)
v = cepat rambat gelombang bunyi (m/s)
t = waktu tempuh gelombang bunyi (t)Persamaan tersebut memiliki penyebut 2 alasannya yaitu gelombang yang diterima merupakan gelombang pantul yang telah menjalar 2 kali jarak antara sumber bunyi dan pemantul.

Contoh soal perihal pemantulan gelombang bunyi
Diketahui cepat rambat gelombang bunyi di udara yaitu 340 m/s. Seseorang berteriak di tengah-tengah sebuah gedung. Jika 2 sekon lalu orang tersebut sanggup mendengar bunyi pantulan suaranya, hitunglah jarak orang tersebut terhadap dinding gedung!

Jawab:
t = 2 s
v = 340 m/s
s = v ×t = 340 m/s × 2 s / 2 = 340 m
Jadi, jarak orang tersebut ke dinding gedung yaitu 340 m.


Sumber http://mafia.mafiaol.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Pemantulan Suara Dalam Keseharian"

Posting Komentar