Macam-Macam Bunga Hias Di Indonesia

Yuk mari kita bahas macam-macam bunga hias yang ada dan cocok ditanam di Indonesia. Wanita mana yang tidak menyukai bunga? Jangankan wanita, bahkan kaum laki-laki pun kepincut dengan kehadiran bunga. Bunga begitu diagungkan dan dipakai dalam aneka keperluan, bahkan ada kutipan menyampaikan Earth laughs in flowers (oleh Ralph Waldo Emerson) atau jikalau diterjemahkan dalam Bahasa Indonesia: bumi tersenyum lewat bunga.


macam bunga hias yang ada dan cocok ditanam di Indonesia Macam-Macam Bunga Hias di Indonesia


Karena keindahan yang dihadirkan oleh bunga, tidak heran jikalau banyak penduduk Indonesia yang hobi berkebun dan menanam macam-macam bunga hias di kebun ataupun halaman rumahnya. Beribu macam dan jenis bunga dijadikan sebagai hiasan sehingga muncul kata yang tidak abnormal lagi diucap di bibir: bunga hias. Bunga hias dipilih menurut warna, bentuk, wangi, keunikan, ciri khas dan sebagainya. Namun, dalam menentukan bunga hias, Anda tetap harus mengetahui karakteristiknya semoga sesuai dengan iklim Indonesia yang tergolong tropis. Berikut jenis-jenis bunga hias yang cocok ditanam di Indonesia, mungkin sebagian ada yang sudah familiar tetapi ada juga yang masih asing.


Macam-macam Bunga Hias Penuh Warna dan Karakteristiknya


Berikut ini yaitu beberapa tumbuhan bunga yang marak atau lazim ditemukan di Indonesia. Kami juga menyertakan gambar dan juga deskripsi terkait masing-masing bunga.


Bunga Mawar (Rosa sp)


macam bunga hias yang ada dan cocok ditanam di Indonesia Macam-Macam Bunga Hias di Indonesia
Salah satu jenis bunga mawar.

Nama bunga hias yang satu ini tentu sudah sangat familiar dan tidak abnormal di indera pendengaran orang Indonesia, bunga dengan bentuk yang paling indah dan selalu menjadi favorit para perempuan di banyak sekali belahan dunia. Tak heran, bunga mawar juga dijuluki sebagai Queen of Flower. Bentuk bunganya yang indah dan aromanya yang sangat basi bisa memikat hati setiap wanita. Bunga mawar yaitu bunga yang selalu menjadi pilihan utama untuk ditanami di kebun atau halaman. Pasalnya, masuk kategori perdu, tinggi mawar hanya sekitar 1 meter saja dengan batang yang penuh duri (tapi ternyata meski mawar populer dengan durinya, pada faktanya ada juga mawar yang tidak berduri). Bunga mawar yaitu bunga yang sangat cocok hidup di Indonesia alasannya kebutuhan sinar mataharinya yang tinggi untuk bisa tumbuh dan berkembang. Bunga mawar juga bisa dimanfaatkan untuk kecantikan dan kesehatan.


Bunga Bougenville (Bougainvillea sp)


macam bunga hias yang ada dan cocok ditanam di Indonesia Macam-Macam Bunga Hias di Indonesia
Salah satu jenis bunga bugenvil.

Dari beberapa macam bunga hias, mungkin bunga yang satu ini termasuk jenis tumbuhan bunga yang cukup tinggi. Bougenville atau yang lebih dikenal dengan bunga kertas bisa tumbuh sampai mencapai 10 meter jikalau ditanam pada tempat yang terkena sinar matahari penuh. Bunga kertas ini sangat cocok dengan iklim tropis di Indonesia. Kelebihan bunga bougenville ini terletak pada bentuk bunganya yang unik dan warnanya yang beragam. Bunga ini memang mempunyai seludang bunga dengan ukuran yang sangat tipis layaknya kertas. Ciri-ciri lain bunga bougenville yaitu batangnya yang cukup keras dan berduri tajam menyerupai mawar. Bunga kertas ini juga mempunyai aneka warna menyerupai merah jambu, kuning, jingga, putih dan lain sebagainya.


Bunga Anggrek (Orchidaceae sp)


macam bunga hias yang ada dan cocok ditanam di Indonesia Macam-Macam Bunga Hias di Indonesia
Salah satu jenis bunga anggrek.

Selain mawar, Anda tentunya juga tidak abnormal dengan bunga anggrek yang menjadi ikon bunga hias yang berharga yang tinggi alasannya sulitnya pembudidayaan. Walaupun tetap hidup di iklim tropis menyerupai Indonesia, berbeda dengan macam-macam bunga hias lainnya yang sejenis, anggrek dihentikan terkena sinar matahari dalam intensitas besar, membutuhkan cahaya teduh sehingga harus memakai paranet apabila ingin ditanam di lahan terbuka. Bunga anggrek memang banyak ditemui di daerah-daerah yang cukup gelap menyerupai hutan tropis, semak belukar, pepohonan dan lain-lain. Di Indonesia sendiri, terdapat 4000 spesies bunga anggrek yang tersebar di banyak sekali belahan nusantara.


Bunga Sepatu (Hibiscus sp)


macam bunga hias yang ada dan cocok ditanam di Indonesia Macam-Macam Bunga Hias di Indonesia
Salah satu jenis kembang sepatu.

Bunga hias selanjutnya yang populer di Indonesia yaitu hibiscus atau yang lebih dikenal sebagai kembang sepatu. Kembang sepatu yang banyak ditemukan di Indonesia umumnya berwarna merah dan tidak mempunyai wangi. Bunga ini banyak dijadikan sebagai bunga hias alasannya pertumbuhannya yang gampang dan bentuk bunganya yang cantik. Bahkan, kembang sepatu juga dimanfaatkan sebagai obat alternatif atau dibentuk menjadi teh kering untuk minuman di Indonesia.


Demikianlah isu mengenai bunga-bunga hias yang bisa Anda jadikan penghias kebun atau taman. Sebenarnya ada banyak sekali macam bunga hias yang bisa jadi ide Anda buat menanam, jikalau ingin melihat lebih lanjut silakan intip kategori tumbuhan hias bunga yang kami sediakan. Keempat jenis bunga yang kami sebutkan di atas sangat gampang ditemui di Indonesia alasannya banyak dibudidayakan. Jika Anda ingin jenis yang unik tidak ada salahnya mencoba melihat aneka jenis tumbuhan bunga hias lengkap yang kami tawarkan, silakan klik disini.


Semoga artikel mengenai macam-macam bunga hias beserta karakteristiknya yang cocok dengan iklim tropis ini bisa bermanfaat bagi Anda penyuka bunga dan hobi berkebun.



Sumber https://bibitbunga.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Macam-Macam Bunga Hias Di Indonesia"

Posting Komentar