Ikatan Ion (Elektrovalen)

Ikatan Ion meruapakan salah satu jenis ikatan kimia yang sering dibahas sebagai bahan kimia dasar di sekolah menengah atas, khususnya kelas X. Eittss, teman tentunya masih ingat ya apa itu ikatan kimia (baca: Ikatan Kimia). Nah, pada kesempatan kali ini akan menjoba menjelaskan secara lengkap mengenai Ikatan Ion. Semoga bermanfaat. Check this out!!!

A. Apa itu Ikatan Ion?

Ikatan ion yaitu ikatan yang terbentuk sebagai jawaban adanya gaya tarikmenarik antara ion konkret dan ion negatif. Ion konkret terbentuk alasannya unsur logam melepaskan elektronnya, sedangkan ion negatif terbentuk alasannya unsur nonlogam mendapatkan elektron. Ikatan ion terjadi alasannya adanya serah terima elektron.

Atom-atom membentuk ikatan ion alasannya masing-masing atom ingin mencapai keseimbangan/kestabilan menyerupai struktur elektron gas mulia. Ikatan ion terbentuk antara:
  1. Ion konkret dengan ion negatif,
  2. Atom-atom berenergi potensial ionisasi kecil dengan atom-atom berafinitas elektron besar (Atom-atom unsur golongan IA, IIA dengan atom-atom unsur golongan VIA, VIIA),
  3. Atom-atom dengan keelektronegatifan kecil dengan atom-atom yang mempunyai keelektronegatifan besar.

 meruapakan salah satu jenis ikatan kimia yang sering dibahas sebagai bahan kimia dasar d Ikatan Ion (Elektrovalen)

B. Pembentukan Ikatan Ion

Sebagimana disebutkan di atas bahwa ikatan ion yaitu ikatan yang terjadi jawaban perpindahan elektron dari satu atom ke atom lain. Masih ingat kan sobat, ikatan antar unsur akan stabil bila eletron terluar berjumlah 2 dan 8. Perhatikan referensi pembentukan ikatan ion antara unsur Na (natrium) dan Cl (klorida) berikut ini:

 meruapakan salah satu jenis ikatan kimia yang sering dibahas sebagai bahan kimia dasar d Ikatan Ion (Elektrovalen)


Ikatan ion merupakan ikatan yang relatif kuat. Pada suhu kamar, semua senyawa ion berupa zat padat kristal dengan struktur tertentu. Dengan mengunakan lambang Lewis, pembentukan NaCl digambarkan sebagai berikut.

 meruapakan salah satu jenis ikatan kimia yang sering dibahas sebagai bahan kimia dasar d Ikatan Ion (Elektrovalen)


*Catatan:
Lambang titik elektron Lewis terdiri atas lambang unsur dan titik-titik yang setiap titiknya menggambarkan satu elektron valensi dari atom-atom unsur. Titik-titik elektron yaitu elektron terluarnya.
 meruapakan salah satu jenis ikatan kimia yang sering dibahas sebagai bahan kimia dasar d Ikatan Ion (Elektrovalen)


C. Sifat-sifat Ikatan Ion

Selain bersifat relatif kuat, ikatan ion juga mempunyai sifat-sifat yang lain, diantaranya yaitu sebagai berikut:
  1. Memiliki titik didih dan titik leleh yang tinggi. Ion konkret dan negatif dalam kristal senyawa ion tidak bebas bergerak alasannya terikat oleh gaya elektrostatik yang kuat. Diperlukan suhu yang tinggi biar ion-ion memperoleh energi kinetik yang cukup untuk mengatasi gaya elektrostatik.
  2. Keras tetapi rapuh. Bersifat keras alasannya ion-ion konkret dan negatif terikat berpengaruh ke segala arah oleh gaya elektrostatik. Bersifat ringkih dikarenakan lapisan-lapisan sanggup bergeser bila dikenakan gaya luar, ion sejenis sanggup berada satu di atas yang lainnya sehingga timbul tolak-menolak yang sangat berpengaruh yang menjadikan terjadinya pemisahan.
  3. Berupa padatan pada suhu ruang.
  4. Larut dalam pelarut air, tetapi umumnya tidak larut dalam pelarut organik
  5. Tidak menghantarkan listrik dalam fasa padat, tetapi menghantarkan listrik dalam fasa cair. Zat dikatakan sanggup menghantarkan listrik apabila terdapat ion-ion yang sanggup bergerak bebas membawa muatan listrik.

Semoga artikel tersebut di atas ihwal Ikatan Ion sanggup bermanfaat bagi teman sekalian. Apabila ada dari teman yang menemukan kesalahan baik berupa penulisan maupun pembahasan dari artikel tersebut di atas, mohon kiranya kritik dan saran yang membangun untuk kemajuan bersama. Terima kasih. ^^ Maju Terus Pendidikan Indonesia ^^

Sumber http://www.zonasiswa.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Ikatan Ion (Elektrovalen)"

Posting Komentar