Lup (Kaca Pembesar)

Lup, sahabat niscaya sudah tahu benar kan dengan alat optik yang satu itu. Yup, alat itu sering dipakai sebagai mainan waktu masih SD dulu. Nah, pada kesempatan kali ini akan membahas Lup dengan lengkap, baik pengertian, pembesaran dan pola soal yang berkaitan dengan lup. Semoga bermanfaat. Check this out!!!

A. Apa Itu Lup?

Lup atau yang diberi nama beling pembesar merupakan alat optik yang berupa lensa cembung. Alat optik ini dipakai untuk memperbesar benda-benda kecil, biasanya goresan pena kecil atau komponen-komponen kecil.

Lup disebut juga sebagai beling pembesar atau suryakanta. Lup bekerjsama hanyalah sebuah lensa cembung yang ditutupi oleh bingkai dipinggirannya.

 sahabat niscaya sudah tahu benar kan dengan alat optik yang satu itu Lup (Kaca Pembesar)


B. Pembesaran Lup

Pada penggunaan lup sanggup ditentukan perbesaran bayangannya. Perbesarannya sering dipakai perbesaran sudut (anguler). Pembesaran lup tersebut sanggup diukur dengan cara membandingkan sudut penglihatan sesudah ada lup dengan sudut penglihatan tanpa lup.  Seperti halnya pada Mikroskop (baca wacana Mikroskop), pengamatan dengan lup mempunyai dua keadaan fasilitas yang penting adalah fasilitas maksimum dan fasilitas minimum.

  1. Untuk Mata Tidak Berakomodasi
    Perbesaran anguler atau daya perbesaran (M) dari lensa didefinisikan sebagai perbandingan sudut yang dibuat oleh benda saat memakai lensa, dengan sudut yang dibuat saat mata tanpa proteksi lensa, dengan benda pada titik erat dari mata, yang disebut PP (PP = 25 cm untuk mata normal). Dengan demikian pembesaran pada lup dengan mata berakomodasi maksimal sanggup ditentukan dengan persamaan:


  2. Untuk Mata Berakomodasi Maksimal
    Perbesaran untuk lensa tertentu sanggup diperbesar sedikit dengan menggerakkan lensa dan menyesuaikan mata sehingga terfokus pada bayangan di titik erat mata. Perbesaran anguler pada fasilitas maksimum sanggup ditentukan dengan persamaan :


C. Menghitung Pembesaran Lup

Untuk memperjelas wacana klarifikasi mengenai pembesaran lup di atas, baik untuk mata tak berakomodasi ataupun untuk mata berakomodasi maksimal, berikut di bawah ini disertakan juga pola soal untuk mencari pembesaran di keduanya:



Terima kasih sudah berkenan membaca artikel tersebut di atas wacana Lup (Kaca Pembesar), supaya sanggup bermanfaat. Apa jikalau ada dari sahabat yang menemukan kesalahan baik berupa penulisan maupun pembahasan dari artikel tersebut di atas, mohon kiranya kritik dan saran yang membangun untuk kemajuan bersama. ^^ Maju Terus Pendidikan Indonesia ^^

Sumber http://www.zonasiswa.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Lup (Kaca Pembesar)"

Posting Komentar