√ Jurnal Pembalik Perusahaan Dagang

Jurnal Pembalik (Reversing Entry) Perusahaan Dagang - Setelah melaksanakan penutupan buku besar dan menyusun neraca saldo sehabis penutupan buku, pada awal tahun buku berikutnya (sebelum mulai dengan pencatatan transaksi pada tahun buku yang gres atau awal), kadang kala perusahaan perlu untuk melaksanakan pembiasaan kembali atas akun-akun yang telah dibentuk jurnal penyesuaian. Jurnal yang dibentuk untuk melaksanakan hal ini disebut jurnal pembalik.

Jadi, jurnal pembalik yakni ayat jurnal yang dibentuk pada awal periode akuntansi untuk membalik jurnal pembiasaan tertentu, akan tetapi tidak semua jurnal pembiasaan dibentuk jurnal pembalik. Jurnal pembalik ini dibentuk bila diharapkan untuk menghindari kesalahan pencatatan pada awal periode akuntansi berikutnya.

Adapun jurnal pembiasaan yang perlu dibentuk jurnal pembalik antara lain:
1. pembiasaan perihal piutang pendapatan atau pendapatan yang masih harus diterima,
2. pembiasaan perihal utang beban atau beban yang masih harus dibayar,
3. pembiasaan perihal pendapatan diterima di muka, tetapi ketika penerimaan dicatat sebagai pendapatan, dan
4. pembiasaan perihal beban dibayar di muka, tetapi ketika pembayaran dicatat sebagai beban.

Contoh:
Berdasarkan jurnal pembiasaan yang dibentuk oleh PD Asih Jaya, Semarang per 31 Desember 2005 (Tabel 2.3), sanggup dibentuk jurnal pembalik sebagai berikut.


Setelah melaksanakan penutupan buku besar dan menyusun neraca saldo sehabis penutupan buku √ JURNAL PEMBALIK PERUSAHAAN DAGANG


Sumber http://www.ssbelajar.net/

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "√ Jurnal Pembalik Perusahaan Dagang"

Posting Komentar