Jadi Tren, Ternyata Begini Mudahnya Cara Budidaya Ikan Di Selokan

Memelihara ikan tidak hanya sanggup dilakukan di bak atau akuarium. Sejak beberapa tahun terakhir, orang-orang Indonesia sudah banyak yang mempraktikkan cara budidaya ikan di selokan. Padahal, selama ini selokan identik dengan tempat yang kotor dan biasanya untuk pembuangan limbah rumah tangga. Silakan klik Cara Budidaya Ikan di Akuarium kalau Anda penasaran.


Tetapi tahukah Anda, sudah banyak kampung atau komunitas yang mulai membudidayakan ikan di dalam selokan. Ada beberapa daerah yang mempraktikkannya, sebut saja daerah Mampang, Jakarta Selatan yang dilakukan oleh komunitas driver ojek online dan Desa Klodran, Colomadu, Karanganyar, Jawa Tengah. Ada pula di daerah Yogyakarta, Banyuwangi, dan lain sebagainya.


Apakah Anda tertarik membudidayakan ikan di selokan? Jika ya, simak lebih lengkap artikel cara budidaya ikan di selokan ini. Selamat membaca!


Tahap Persiapan


Sebelum mengetahui cara budidaya ikan di selokan, hal pertama yang perlu Anda persiapkan tentu saja yakni selokan. Selokan sanggup yang sudah ada di depan atau bersahabat rumah, atau sanggup juga memakai selokan buatan yang memang sengaja Anda buat untuk lahan budidaya ikan. Anda juga sanggup mempelajari Cara Budidaya Ikan Beunteur.


Jika Anda bermaksud memakai selokan yang sudah ada, pastikan bersihkan terlebih dulu. Nah, kalau biasanya air selokan kering di isu terkini kemarau, tentu Anda harus mengairinya untuk budidaya ikan.


Pembangunan Kolam di Selokan


Katakanlah selokan di tempat Anda berukuran lebar 2,5 meter, kemudian dikalikan panjang sesuai pekarangan Anda, contohnya 6 meter. Anda sudah mempunyai “ruang” yang sempurna untuk memelihara ikan di selokan dengan ukuran tersebut. Selanjutnya, Anda tinggal membangun konstruksi bak tanpa menutup keseluruhan secara permanen.


Anda sanggup menciptakan kerangka yang akan menjadi sekat, entah dari kawat maupun yang berbahan bambu untuk memperlihatkan batas bahwa di sepanjang selokan tersebut ada bak ikan milik Anda seluas 2,5×6 meter. Pasang kerangka kawat atau bambu itu di sekelilingnya untuk mencegah ikan menerobos keluar dari area selokan.


Ikan yang Dapat Dibudidayakan di Selokan



Jenis-jenis ikan di atas sanggup dibudidayakan di selokan. Tetapi tidak semua sanggup hidup kalau selokan kotor dan jarang dibersihkan sehabis dipakai untuk memelihara ikan. Sebagai tips, Anda mungkin sanggup membudidayakan lebih dari satu jenis ikan di dalam selokan. 







Bibit Ikan


Cara budidaya ikan di selokan sama menyerupai budidaya ikan di mana pun. Setelah Anda memilih akan membudidayakan salah satu atau lebih jenis ikan, segeralah beli bibit ikan.


Anda sanggup membeli bibit berupa indukan atau anakan. Jika Anda memilik bibit indukan, mungkin akan menunggu lebih usang hingga ikan bertelur hingga telur-telur tersebut menjadi cukup umur dan siap dijual atau dikonsumsi sendiri. Bibit ikan kecil justru lebih baik alasannya yakni lebih singkat waktu menunggunya hingga dewasa.


Jumlah bibit ikan tentu harus diubahsuaikan dengan kapasitas selokan. Kalau hanya selokan kecil selebar 1-2 meter di pekarangan rumah yang sempit, Anda tidak membutuhkan jumlah besar. Namun, apabila selokan yang dipakai cukup luas, apalagi bekerja sama dengan komunitas atau warga desa yang lain, tentu memerlukan bibit ikan dengan jumlah besar.


Masukkan bibit ikan ke dalam selokan sesuai jumlah yang Anda inginkan. Setelah itu hanya tinggal menunggu sembari melaksanakan perawatan selokan rutin. Lihat juga ihwal cara Cara Budidaya Ikan Koi di Kolam Tanah


Pemeliharaan



  • Beri makan ikan-ikan Anda dengan pakan ikan atau pakan lain seperti, kepingan roti, biskuit, dan lain sebagainya. Lakukan secara rutin 2-3 kali sehari.

  • Saring atau ganti air selokan kalau sudah mulai keruh dan berbau alasannya yakni pakan atau limbah lainnya. Membersihkan selokan tempat budidaya ikan tidak hanya berdampak kasatmata pada ikan sehingga sanggup tumbuh dengan baik, tetapi juga lingkungan. Menjaga kebersihan selokan juga berarti menjaga kebersihan lingkungan semoga terlihat indah. 







Keuntungan Budidaya Ikan di Selokan


Ada beberapa laba yang sanggup Anda peroleh dengan cara budidaya ikan di selokan. Berikut ini keuntungan-keuntungan tersebut:



  • Meski biaya produksi di awal cukup tinggi kalau Anda harus menciptakan selokan buatan, tetapi biaya pelaksanaan dan pemeliharaannya relatif mudah.

  • Kedua yakni akan terpenuhinya kebutuhan gizi yang Anda dan keluarga perlukan, mengingat ikan mengandung protein dan lain-lain yang baik untuk tubuh.

  • Anda yang memakai selokan alami yang sudah ada, hendaknya memperlihatkan sekat atau batas semoga ikan anda tidak terbawa arus selokan. Sekat tersebut bukan cuma berfungsi sebagau pembatas ruang gerak ikan, melainkan juga mencegah masuknya sampah ke dalam lingkungan hidup ikan Anda itu. Dengan demikian, sampah dalam selokan juga gampang untuk dibersihkan.

  • Sistem bak dari selokan atau kanal air mempunyai prinsip yang sama dengan sistem bak air deras, sehingga Anda sanggup membudidayakan dalam jumlah yang banyak.


Cara budidaya ikan di selokan tidaklah sulit, bukan? Yang Anda butuhkan hanya ketekunan alasannya yakni terkadang ada yang mengalah begitu gagal panen ketika gres memulai. Padahal, mungkin hanya butuh sedikit perbaikan atau pencucian air selokan atau sanggup saja mengganti jenis ikan yang akan dibudidayakan. Anda dihentikan mengalah kalau gagal. Lihat juga ihwal cara Cara Budidaya Ikan Gurame Soang


Di sisi lain, budidaya ikan dalam selokan mungkin sanggup pula Anda lakoni sebagai hobi dan mengisi waktu luang. Apapun itu, semoga gosip ini bermanfaat untuk Anda yang ingin memberdayakan selokan sebagai bak ikan semoga tidak kotor dan bau, tidak hanya jadi tempat pembuangan limbah rumah tangga.



Sumber https://ilmubudidaya.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Jadi Tren, Ternyata Begini Mudahnya Cara Budidaya Ikan Di Selokan"

Posting Komentar