Faktor Yang Menghipnotis Kekuatan Bunyi

Selain desah dan nada, karakteristik gelombang bunyi yang lain yaitu kekuatan bunyi. Bunyi ada yang besar lengan berkuasa dan ada yang lemah. Jika suara yang kau dengar sangat keras dan melebihi ambang suara yang sanggup diterima manusia, suara ini sanggup merusak telingamu. Apa yang mempengaruhi kekuatan bunyi?

Untuk mengetahui kekuatan bunyi, lakukan dengan memetik senar gitar. Petiklah senar gitar sehingga keluar bunyi. Kemudian, pada senar yang sama, petik kembali senar tersebut dengan simpangan yang agak besar. Apa yang terjadi? 

Senar yang dipetik dengan simpangan besar akan berbunyi lebih besar lengan berkuasa daripada dipetik dengan simpangan kecil. Dalam hal ini, simpangan yang kau berikan pada senar merupakan amplitudo. Semakin besar amplitudo, semakin besar lengan berkuasa suara dan sebaliknya. Kaprikornus kekuatan suara ditentukan oleh besarnya amplitudo suara tersebut.

Bila dua sumber bunyi yang kerasnya sama, tetapi jarak antara sumber suara dengan pendengar berbeda maka sumber suara yang lebih bersahabat dengan pendengar akan terdengar lebih kuat. Jadi, faktor-faktor yang memengaruhi besar lengan berkuasa suara adalah:
  1. amplitudo,
  2. jarak sumber suara dari pendengar,
  3. jenis medium.


Itulah faktor-faktor yang mempengaruhi kekuatan bunyi. Selain mempunyai kekuatan, suara juga mempunyai keunikan tersendiri yang dikenal dengan nama warna bunyi. Apa itu warna bunyi?

Sumber http://mafia.mafiaol.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Faktor Yang Menghipnotis Kekuatan Bunyi"

Posting Komentar