Cara Merawat Bunga Anggrek Di Pot

Cara perawatan anggrek dalam pot terbilang mudah. Begitu juga dengan cara penanamannya dalam beberapa media. Anggrek menjadi salah satu tumbuhan bunga favorit para ibu rumah tangga. Bunga ini cocok dipakai sebagai tanaman hias alasannya keindahannya terlebih cocok dengan iklim Indonesia. Bunga anggrek mempunyai banyak jenis, salah satunya anggrek bulan yang cukup terkenal alasannya menjadi salah satu bunga nasional Indonesia dan memegang predikat puspa pesona. Selain anggrek bulan terdapat jenis lain menyerupai anggrek ungu, anggrek hitam yang sekarang terancam punah, anggrek macan, anggrek tanah, dan masih banyak lagi. Bunga anggrek sangat pas hidup di kawasan tropis dengan intensitas sinar matahari berlebih.


 Begitu juga dengan cara penanamannya dalam beberapa media Cara Merawat Bunga Anggrek di Pot
Tanaman anggrek tumbuh dengan menghasilkan bunga-bunga yang luar biasa cantik. Selain ditempelkan sebagai hiasan dinding, didudukkan dalam wadah pot juga semakin menciptakan tampilannya begitu menarik.

Lalu apakah benar anggrek sanggup hidup di dalam rumah? Untuk pembahasan khusus perihal cara menanam dan merawat anggrek bulan telah diulas pada artikel usang kami. Dalam artikel kali ini akan dibahas perihal cara menanam dan merawat bunga anggrek secara umum di dalam pot. Sebelum hingga pada cara perawatan, perlu kita ketahui dahulu bagaimana cara menanam anggrek yang benar.


Cara Menanam Bunga Anggrek


Bunga anggrek umumnya ditanam dengan memakai cara ditempel atau ditanam dalam pot. Keduanya sanggup anda lakukan untuk memperoleh bunga anggrek yang indah. Kebanyakan memakai media pot alasannya memudahkan dalam penataan terutama jikalau di dalam ruangan. Berikut beberapa pertimbangan dikala menanam anggrek dalam pot.



  • Pilihlah antara pot tanah atau plastik alasannya sangat cocok ditanami bunga anggrek. Sebenarnya lebih bagus jikalau anda memakai pot tanah. Pot ini bisa menjaga kelembapan lebih usang dari pot plastik.

  • Buatlah tiang bantu untuk penopang batang. Selain sebagai penopang, tiang berfungsi membentuk tumbuhan anggrek supaya lebih rapi.

  • Media tanam terbaik untuk anggrek yaitu belahan genteng, kerikil bata, sabut kelapa, pakis, dan arang kayu.


Sedangkan gaya menanam ditempel dengan memakai media lebih sederhana. Anda cukup menempelkan pada papan atau tembok sebagai tempat merekatnya akar. Setelah berkembang, cocok dipakai sebagai alternatif hiasan dinding.


Memang benar jikalau anggrek sanggup dikembangbiakan dalam ruang tertutup. Caranya, anggrek ditanam memakai pot kemudian ditempatkan dalam rumah. Pot diletakkan pada posisi yang memungkinkan untuk terkena sinar matahari. Jika tidak ada sinar matahari langsung? Jangan khawatir, anggrek masih sanggup berbunga asalkan didekatkan dengan sumber cahaya.


Tips Merawat Anggrek Dalam Pot


Berikut ada beberapa tips penting untuk perawatan anggrek dalam media pot. Tips ini sanggup membantu anda merawat anggrek supaya tetap berbunga bagus sekalipun berada dalam ruangan.


Tempatkan pot anggrek di tempat yang terkena sinar matahari langsung


Usahakan tempatkan pot bunga di kawasan bercahaya matahari, contohnya bersahabat jendela. Jangan hingga bunga ditaruh di tempat gelap. Namun jikalau di bersahabat jendela terlalu panas, pindahkan ke meja terdekat atau di sudut yang masih bisa mendapatkan cahaya. Anggrek memang membutuhkan matahari, tapi jikalau terlalu panas sanggup menghambat pertumbuhannya.


 Begitu juga dengan cara penanamannya dalam beberapa media Cara Merawat Bunga Anggrek di Pot
Meskipun dijadikan tumbuhan hias indoor, anggrek tetap bisa berbunga dengan cara meletakkannya di bersahabat sumber cahaya. Misalnya di bersahabat jendela dimana cahaya matahari bisa masuk menembus ruangan.

Membeli lampu ruangan


Lampu ruangan berfungsi supaya bunga anggrek di dalam ruangan tetap menerima suplai cahaya yang cukup. Jika kekurangan cahaya, anggrek akan menjadi tidak sehat bahkan mengalami kematian. Lampu yang dipakai sebaiknya khusus lampu tumbuhan indoor.


Menjaga kelembapan


Anggrek merupakan flora tropis yang menyenangi kawasan lembab. Namun jangan terlalu banyak memberi air alasannya bisa menciptakan anggrek busuk. Siramlah tumbuhan beberapa hari sekali supaya terjaga kelembapannya.


Memberikan pupuk


Seperti tumbuhan lain, anggrek juga membutuhkan makanan untuk bertahan hidup. Sumber nutrisi tumbuhan selain dari media tanam juga disuplai melalui pertolongan pupuk. Kualitas dan kuantitas pupuk sanggup mengatur pertumbuhan vegetatif maupun generatif anggrek. Pada dikala tumbuhan masih kecil pertolongan NPK yaitu 30:10:10 dan pada fase vegetatif sedang diberikan NPK 10:10:10. Sedangkan pada fase generatif yaitu merangsang bunga, maka perbandingan NPK yaitu 10:30:30. Anda juga bisa memakai pupuk power nutrision supaya bunga anggrek tidak gampang rontok. Pupuk ini juga bisa mengurangi kebutuhan pupuk makro hingga 90%.


 Begitu juga dengan cara penanamannya dalam beberapa media Cara Merawat Bunga Anggrek di Pot
Pemupukan pada tanaamn anggrek dilakukan memakai spreyer dan pupuk cair. Aplikasikan cairan pupuk dengan cara menyemprotkannya eksklusif pada akar ataupun daun anggrek.

Pupuk yang diberikan harus dalam keadaan cair dan disemprotkan eksklusif pada akar. Agar mineral tersebut sanggup terserap tepat oleh akar dan tidak meresap pada pot. Biasanya cukup melarutkan seperempat hingga setengah sendok teh per satu liter air. Namun untuk anggrek cukup anda gunakan setengah takaran dari takaran asli.


Bagaimana, cara menanam anggrek gampang bukan? Tentu saja, baik dengan memakai media pot atau ditempel langsung, anggrek tetap sanggup tumbuh. Setelah anda berhasil menanam, lanjutkan melaksanakan perawatan. Untuk mendapatkan bunga yang indah, anda sanggup melaksanakan tips perawatan tersebut.


Lihat koleksi tumbuhan anggrek yang kami jual disini.



Sumber https://bibitbunga.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Cara Merawat Bunga Anggrek Di Pot"

Posting Komentar