Cara Menciptakan Pupuk Organik Cair Dari Buah Busuk

Tentang Pupuk Organik Cair


Menggunakan pupuk kimia atau pestisida yang terlalu banyak untuk tumbuhan bisa menghipnotis kesuburan tanah yang kini rawan. Meskipun pupuk yaitu salah satu hal yang penting bagi pertanian biar tamanam bisa mendapatkan nutrisi yang cukup, tetapi banyak petani yang memakai pupuk kimia menyerupai pupuk SP36 atau NPK, dibandingkan pupuk organik.


Karena mereka berharap bisa mendapatkan banyak nutrisi yang diperlukan dari pupuk kimia. Tetapi memakai pupuk kimia justru bisa menurunkan kesuburan tanah dan merusaknya. Meskipun pupuk organik mengandung unsur hara yang lebih sedikit, tetapi pupuk ini lebih kondusif digunakan dan sanggup menjaga kesuburan tanah.


Kebanyakan petani memang enggan untuk memakai pupuk organik cair alasannya yaitu mempunyai unsur hara dengan kadar yang lebih kecil dibandingkan pupuk kimia. Tetapi, pupuk organik mempunyai unsur hara yang lebih lengkap meskipun kadarnya sedikit. Ada beberapa keunggulan dari pupuk cair ini sendiri, yaitu:



  • Pupuk organik cair mempunyai kandungan alami yang sesuai dengan tanah sehingga nutrisi pupuk gampang diserap oleh tanah dan membawa unsur-unsur penting untuk kesuburan tanah.

  • Mudah terserap tumbuhan juga alasannya yaitu unsur-unsur di dalamnya sudah terurai.

  • Pupuk ini mempunyai kandungan aneka macam mineral dan zat-zat penting yang diperlukan tanah dan tanaman, serta hormon pertumbuhan tanaman.

  • Pupuk organik cair juga sanggup merangsang pertumbuhan tumbuhan dan meningkatkan kapasitas tukar kation pada tanah secara efektif. Kapasitas tukar kation merupakan kemampuan tanah untuk menaikkan interaksi antara ion-ion dalam tanah sehingga tanah bisa menyediakan aneka macam unsur yang diperlukan tanaman.

  • Dapat meningkatkan produksi buah dan memperpanjang masa berbuah

  • Dapat mengatasi defisiensi hara alasannya yaitu pupuk ini bisa menyediakan hara secara cepat

  • Pupuk cair juga bisa memperlihatkan hara sesuai dengan kebutuhan tumbuhan pada tanah, maka juga terjadi kelebihan pupuk, makan tumbuhan bisa mengatur perembesan komposisi pupuk dengan sendirinya.

  • Dengan memakai pupuk cair, tidak akan terjadi konsentrasi pupuk di satu daerah dimana pupuk akan menyebar merata dan tidak akan merusak humus tanah bila digunakan terus-menerus.

  • Penggunaan pupuk cair akan memudahkan pekerjaan alasannya yaitu dengan memberi pupuk ini ke tanaman, berarti 3 pekerjaan sudah terlaksanakan, yaitu memupuk tanaman, menyirami tanaman, dan mengobati tanaman.


Itulah keunggulan dari memakai pupuk cair organik itu sendiri. Pupuk ini pun bisa terbuat dari banyak materi menyerupai sayuran busuk, kotoran ternak, masakan busuk, garam, ampas kopi, dan apapun yang terdapat dari alam dan salah satunya yaitu buah-buahan busuk atau sisa-sisa buah. Buah-buah busuk atau sisa buah yang tidak bisa dikonsumsi lagi biasanya akan dibuang begitu saja.


Tetapi gotong royong sisa-sisa buah tersebut bisa diolah menjadi pupuk organik yang sehat untuk tumbuhan dan kondusif untuk digunakan, Mengubah limbah buah-buahan menjadi pupuk organik tidaklah sulit maka artikel ini akan membahas cara menciptakan pupuk organik cair dari buah busuk, selain murah, juga sangat mempunyai kegunaan bagi tanaman.


Cara Membuat Pupuk Organik Cair dari Buah Busuk


Karena buah yaitu materi organik yang mengandung banyak air, maka akan sulit untuk mengubahnya menjadi pupuk padat, jadi mengubahnya menjadi pupuk cair akan lebih mudah. Proses pembuatan juga sederhana, tidak memerlukan alat-alat yang rumit, ataupun daerah yang luas, Pupuk ini bisa dibentuk sendiri dengan mudah. Untuk menciptakan 40 liter pupuk cair ini, materi dan alat yang diperlukan berupa:



  • 15 – 20 kg buah busuk

  • 10 liter air kelapa

  • 5 liter air cucian beras

  • 1 kg gula merah

  • 500 ml EM-4

  • 20 liter air bersih

  • Ember plastic/tong/wadah besar sesuai kebutuhan

  • Plastik untuk penutup

  • Saringan

  • Blender atau tumbukan atau pisau dan talenan


Maka materi dan alat tersebut bisa diubahsuaikan menurut kebutuhan. Dan berikut ini yaitu langkah-langkah cara menciptakan pupuk organik cari dari buah busuk.


1. Mencuci bersih


Seluruh limbah buah-buahan yang digunakan harus dicuci higienis untuk menghikangkan zat-zat kimia yang melekat pada limbah buah tersebut alasannya yaitu zat kimia itu bisa merusak tanah ataupun tanaman.


2. Hancurkan


Langkah kedua yaitu menghancurkan sisa-sisa buah busuk ini menjadi bubur lembut, bisa di blender ataupun di tumbuk. Setelah itu, bubur ini akan diambil sarinya untuk dijadikan pupuk.


3. Fermentasi


Sari dari bubur buah busuk tersebut kemudian dimasukkan ke dalam baskom atau suatu wadah besar dan di fermentasikan selama kurang lebih 2 – 3 minggu. Tetapi tidak hingga disini saja, pupuk ini juga memerlukan activator dan stimulator untuk merangsang pertumbuhan enzim dengan menambahkan gula merah dan EM- 4 secukupnya menyerupai membuat pupuk dari kotoran ayam.


Untuk mempercepat terbentuknya hormone sitokinin, auksin, dan giberalin yang mempunyai fungsi untuk merangsang pertumbuhan akar, batang, daun, dan buah pada tumbuhan maka ditambahkan air kelapa yang juga digunakan untuk membuat pupuk dari kaldu ikan.


Dan juga tambahkan air cucian beras untuk menghambat tumbuhnya basil yang merugikan. Lalu aduk hingga merata dan tutup baskom atau wadah untuk pupuk melalui masa fermentasi. Larutan diaduk 4 – 5 kali setiap hari biar tidak terjadi endapan. Inilah salah satu proses terakhir dari cara menciptakan pupuk organik cair dari buah busuk.


4. Disaring dan disimpan


Tanda bahwa pupuk organik cair sudah jadi dan siap pakai yaitu adanya gelembung putih di atasnya dan baunya bermetamorfosis aroma ragi. Maka pupuk cair ini disaring lagi kemudian disimpan dalam wadah tertutup menyerupai botol plastik dan disimpan.


Dosis dan Cara Penggunaan


Untuk memakai pupuk kompos ini harus dengan dosis yang sesuai dengan kebutuhan tanaman. Untuk merangsang pertumbuhan batang, akar, dan buah, diperlukan 10 cc larutan pupuk kompos cair dan dicampur dengan 1 liter air. Sedangkan untuk perakaran diperlukan 30 cc dengan 1 liter air.


Inilah cara pembuatan pupuk organik cair dari buah busuk. Jika ingin menyehatkan tumbuhan anda tanpa biaya besar , pupuk ini bisa dibentuk di rumah dengan materi dan alat yang sederhana dan kesannya dijamin kondusif daripada pupuk kimia yang sanggup merusak tanah. Semoga isu ini bermanfaat.



Sumber https://ilmubudidaya.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Cara Menciptakan Pupuk Organik Cair Dari Buah Busuk"

Posting Komentar