Cara Menanam Kangkung Darat Di Polybag

Cara menanam kangkung atau Ipomoea Aquatica Forsk dengan polybag sanggup anda lakukan dengan memakai biji ataupun dengan cara stek, yang keduanya mempunyai langkah penanaman yang sangat gampang untuk dilakukan. Di Indonesia kangkung bahkan banyak dijumpai di area persawahan ataupun sungai. Perlu diketahui bahwa budidaya kangkung menjadi salah satu budidaya sayuran yang dianggap sangat menjanjikan, di samping perawatannya yang sangat mudah, penggemar kangkung juga cukup tinggi, sehingga menjadikannya semakin menguntungkan. Selain itu, kangkung juga merupakan salah satu sayuran hijau yang kaya gizi, dan mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan.


Manfaat Sayuran Kangkung


Kangkung merupakan salah satu sayuran yang sanggup diolah menjadi banyak sekali macam jenis kuliner dengan cita rasa yang enak, selain itu dalam sayuran kangkung juga terkandung meragam manfaat menyerupai Selenium, Zinc, Zat besi, Vitamin A, Vitamin C dan serat yang efektif sanggup menjaga daya tahan badan serta bisa mengobati bermacam-macam penyakit menyerupai insomnia, sembelit hingga mencegah anemia atau darah rendah.


Selain itu kangkung juga dipercaya sanggup menjaga kesehatan hati dan usus dari bermacam-macam benalu yang sanggup mengganggu kesehatan. Beragam manfaat inilah yang menciptakan kangkung selalu menjadi kebutuhan sehari-hari masyarakat Indonesia. Dan tak ada salahnya bagi anda untuk mencoba membudidayakan sayuran kangkung ini di pekarangan rumah anda.


Jenis Kangkung Yang Dapat Dibudidayakan


Ada dua jenis kangkung yang sanggup dibudidayakan di Indonesia yang antara lainnya ialah kangkung darat dan kangkung air. Kedua jenis kangkung ini mempunyai karakteristik yang berbeda. Untuk kangkung darat karakteristik batang lebih kecil dan berwarna putih kehijauan, selain itu mempunyai daun yang lebih lunak dengan warna bunga putih, dan menyerupai namanya, kangkung darat ini sanggup tumbuh di tempat yang kering. Sedangkan kangkung air mempunyai batang lebih besar dan berwarna hijau pekat, selain itu mempunyai daun yang lebih lebar dan lebih keras dengan warna bunga putih kemerahan. Selain itu jenis kangkung ini juga tumbuh ditempat yang cenderung lembap menyerupai rawa, sungai ataupun area genangan persawahan.


 dengan polybag sanggup anda lakukan dengan memakai biji ataupun dengan cara stek Cara Menanam Kangkung Darat Di Polybag
Gambar cuilan kanan ialah kangkung air dengan batang yang lebih besar dan daun yang lebih lebar. Sedangkan gambar cuilan kiri ialah kangkung darat dengan batang dan daun yang lebih kecil.

Budidaya Kangkung


Budidaya kangkung merupakan salah satu cara budidaya sayuran yang paling gampang dilakukan, sebab tumbuhan ini bisa tumbuh di tempat beriklim panas maupun cuek dan sanggup tumbuh subur sepanjang tahun. Sehingga proses pemanenan sanggup dilakukan secara terjadwal sepanjang tahun dalam kurun waktu yang singkat yakni hanya dalam waktu 4-6 ahad saja semenjak masa penanaman. Meskipun intinya sayuran kangkung ditanam di area yang luas dan terbuka, namun bukan berarti tumbuhan kangkung tidak sanggup ditanam di area yang terbatas menyerupai pekarangan rumah. Bahkan anda juga sanggup membudidayakan sayuran kangkung ini dengan memanfaatkan pot-pot di rumah atau memakai polybag.


Cara Membudidayakan Kangkung Dalam Polybag


Pada dasarnya tidak hanya sayuran kangkung yang sanggup ditanam dalam pot, dan cara penanaman sayuran kangkung inipun sama menyerupai cara penanaman tumbuhan lain dalam polybag. Untuk jenis sayuran kangkung yang sesuai dengan sistem ini ialah jenis kangkung darat sebab tidak membutuhkan banyak air. Adapun tahap-tahap penanaman yang sanggup anda lakukan ialah sebagai berikut:



  • Penyiapan bibit kangkung


Langkah pertama yang harus anda lakukan ialah pemilihan bibit unggul. Proses pembibitan ini sanggup dilakukan dengan dua cara yakni dengan cara generatif dengan memakai biji dan cara vegetatif dengan memakai cara stek. Pemilihan bibit ini sangat penting untuk memilih kualitas sayuran, untuk itulah pilih bibit yang bebas dari hama dan penyakit serta berasal dari varietas yang berkualitas.


Jika anda memakai bibit dari biji, maka sebelum penanaman harus dilakukan penyemaian terlebih dahulu dengan cara menyiapkan tempat penyemaian yang telah ditaburi pupuk kompos dan pupuk kandang, sesudah didiamkan satu hari, taburkan biji kangkung secara merata, selanjutnya tutup kembali dengan tanah. Untuk menjaga kelembaban penyemaian, maka tutup tempat penyamaian dengan dedaunan atau jaring dengan jarak 20-30 cm dari permukaan semai. Tunggu hingga bibit telah mempunyai daun hingga 3-4 helai.


 dengan polybag sanggup anda lakukan dengan memakai biji ataupun dengan cara stek Cara Menanam Kangkung Darat Di Polybag
Bibit dari benih kangkung yang telah disemai pada baki dan telah tumbuh menghasilkan 3 -4 helai daun. Bibit ini sudah bisa dipindahkan pada wadah pot atau polybag.


  • Penyiapan media tanam polybag


Untuk tempat penanaman, anda sanggup memakai polybag, pot bunga, pot plastik ataupun wadah bekas yang tidak terpakai yang sebelumnya telah diberi lubang resapan air terlebih dahulu. Selanjutnya untuk media tanam, campurkan tanah gembur dengan pupuk sangkar atau pupuk kompos dengan perbandingan 2:1. Aduk hingga rata dan masukkan ke dalam pot hingga 3/4 bagian. Biarkan hingga 1-2 hari biar kondisi tanah menjadi stabil sebelum ditanami.



  • Penanaman


Setelah benih dan media tanam siap, maka selanjutnya anda sanggup memindahkan benih yang telah siap ke media tanam dengan cara menciptakan lubang sedalam 10-15 cm untuk penanaman. Anda sanggup memasukkan 2 bibit tumbuhan kangkung pada setiap lubang polybag. Untuk setiap polybag anda sanggup menciptakan 3 lubang untuk penanaman sayuran kangkung.



  • Perawatan


Perawatan sayuran kangkung ini intinya sama dengan merawat tumbuhan lainnya, yakni dengan memperlihatkan penyiraman, pemupukan dan pengendalian dari hama dan penyakit. Penyiraman kangkung dilakukan secara rutin pagi dan sore hari pada cuaca kering. Dan dukungan pupuk sanggup dilakukan sesudah 10 hari semenjak masa tanam. Namun sebab sayuran ini untuk dikonsumsi maka pupuk organik lebih dianjurkan untuk menjamin keamanannya. Anda sanggup menyemprotkan pupuk organik ini secara teratur untuk menghindari serangan hama dan penyakit, Selain itu membersihkan rumput liar di area pot juga harus dilakukan biar tidak menghambat pertumbuhan kangkung.


 dengan polybag sanggup anda lakukan dengan memakai biji ataupun dengan cara stek Cara Menanam Kangkung Darat Di Polybag
Kangkung yang ditanam pada wadah atau pot, tetap tumbuh subur menyerupai dikala ditanam pada lahan langsung. Bisa Anda letakkan pada teras untuk memperlihatkan kesan sejuk pada rumah Anda.


  • Pemanenan


Dan hasil kangkung darat ini sanggup mulai di panen sesudah 1 bulan masa panen, dan sanggup dipanen secara berkelanjutan setiap hari. Pemanenan ini sanggup dilakukan dengan cara mencabut tumbuhan hingga ke akarnya atau memotong sebagian tumbuhan dengan memakai pisau.


Demikianlah cara menanam kangkung yang sanggup anda lakukan dengan polybag di rumah. Selain gampang dan murah, Anda juga tidak perlu menunggu usang untuk menikmati hasilnya, selamat mencoba.


 dengan polybag sanggup anda lakukan dengan memakai biji ataupun dengan cara stek Cara Menanam Kangkung Darat Di Polybag
Setelah memanen kangkung yang Anda tanam sendiri, Anda bisa eksklusif mengolahnya menjadi kuliner Istimewa untuk keluarga. Misalnya tumis kangkung balacan yang niscaya menggugah selera.

Lihat aneka benih kangkung yang kami jual disini.



Sumber https://bibitbunga.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Cara Menanam Kangkung Darat Di Polybag"

Posting Komentar