Cara Cepat Menanam Lengkuas Di Pot

Cara menanam lengkuas dalam pot atau polybag sangatlah mudah, begitupun dengan perawatannya yang simpel dan tidak merepotkan, bisa menjadi aktivitas sampingan di rumah yang menguntungkan. Sebagaimana yang kita ketahui, lengkuas atau yang oleh masyarakat Jawa disebut dengan laos merupakan sebuah jenis tumbuhan rimpang yang sanggup tumbuh di dataran tinggi maupun dataran rendah. Di Indonesia sendiri yang sejatinya merupakan negara tropis, flora lengkuas sanggup tumbuh subur di penjuru negeri. Oleh masyarakat Indonesia, tumbuhan lengkuas ini lebih dikenal sebagai tanaman bumbu dapur, baunya yang khas, menciptakan kuliner nusantara lebih sedap dan menggugah selera makan. Selain dimanfaatkan sebagai bumbu dapur, lengkuas juga mempunyai bermacam-macam manfaat untuk kesehatan.


Cara menanam lengkuas dalam pot atau polybag sangatlah gampang Cara Cepat Menanam Lengkuas Di Pot
Salah satu cara membudidayakan tumbuhan lengkuas ialah dengan menanamnya di dalam pot/polybag. Penanaman dan perawatannya sangatlah mudah.

Manfaat Lengkuas Untuk Kesehatan


Selain dipakai sebagai bumbu masakan, lengkuas juga kerap kali dipakai sebagai obat herbal alasannya ialah keragaman khasiatnya. Terdapat beberapa kandungan kimia yang terdapat dalam lengkuas yang antara lain ialah minyak terbang, minyak atsiri, eugenol, seskuiterpen, metil sinamat, pinen, galangan, kaemferida, galanol dan kristal kuning, selain itu lengkuas juga mempunyai sifat anti jamur dan anti kembung. Dalam pengobatan herbal, lengkuas dikenal sanggup mengobati bermacam-macam penyakit menyerupai menurunkan penyakit rematik, menurunkan demam, mencegah peradangan mulut, mengobati sakit limpa, bronkhitis, morbili, jamur kulit, panu serta mencegah penuaan dini dan mencegah resiko penyakit kanker. Manfaat dan khasiat lengkuas bagi kesehatan badan bisa Anda baca ulasan lengkapnya disini.


Jenis-jenis Lengkuas


Ada 2 jenis flora lengkuas yang dikenal oleh masyarakat yakni lengkuas putih dan lengkuas merah. Lengkuas putih inilah yang dikenal sebagai penyedap masakan, sedangkan untuk obat, lengkuas merah lebih banyak dimanfaatkan. Permintaan masyarakat akan kedua jenis lengkuas ini cukup stabil dan tidak menurun, sehingga sanggup dikatakan budidaya tumbuhan rimpang jenis lengkuas ini mempunyai prospek perjuangan yang cukup bagus, terutama untuk rimpang merah yang semakin terkenal dengan khasiatnya sebagai tanaman obat.


Cara menanam lengkuas dalam pot atau polybag sangatlah gampang Cara Cepat Menanam Lengkuas Di Pot
Lengkuas merah yang dipakai sebagai tumbuhan obat.

 


Cara menanam lengkuas dalam pot atau polybag sangatlah gampang Cara Cepat Menanam Lengkuas Di Pot
Lengkuas putih yang umum dipakai sebagai bumbu dapur.

Budidaya Lengkuas


Tidak sedikit orang yang melirik membudidayakan banyak sekali jenis rimpang, termasuk lengkuas alasannya ialah selain sangat gampang dalam perawatan, juga bisa menunjukkan laba yang tidak sedikit. Untuk sanggup membudidayakan tumbuhan berumpun ini tidak harus membutuhkan lahan luas, alasannya ialah budidaya lengkuas juga sanggup dilakukan dalam pot atau polybag. Jika anda tertarik untuk membudidayakan tumbuhan ini di rumah, anda sanggup memakai pot untuk kawasan penanaman. Anda tertarik untuk mencobanya? Berikut cara membudidayakan tumbuhan lengkuas yang sanggup anda coba di rumah.


Bagaimana Cara Menanam Lengkuas Di Pot?


Cara menanam lengkuas di dalam pot atau polybag tidaklah susah, alasannya ialah tumbuhan ini memang sangat gampang tumbuh dan berkembang. Berikut beberapa langkah yang sanggup anda lakukan untuk menanam lengkuas dalam pot atau polybag.


1. Pembibitan



  • Pemilihan bibit


Langkah pertama yang dilakukan untuk membudidayakan tumbuhan lengkuas ialah menentukan bibit lengkuas. Pemilihan bibit ini harus memenuhi beberapa syarat yang antara lain bibit harus berasal dari tumbuhan induk yang sudah renta serta bebas dari hama dan penyakit. Hal ini bertujuan untuk mendapat hasil lengkuas yang berkualitas. Untuk itu pilihlah bibit eksklusif dari kebun, ambil dari tumbuhan induk yang sudah berusia 9-10 bulan dan pastikan permukaan bibit tidak lecet. Itulah beberapa syarat bibit yang harus anda penuhi.



  • Penyemaian


Sebelum ditanam di media tanam, bibit lengkuas harus disemai terlebih dahulu. Penyemaian sanggup dilakukan di dalam peti kayu, dengan cara sebagai berikut:



  1. Jemur bibit terlebih dahulu, namun jangan hingga terlalu kering, dan simpan kurang lebih 1-1,5 bulan.

  2. Patahkan bibit lengkuas menjadi kurang lebih 4 bab dengan masing-masing potong mempunyai 3-4 mata tunas, selanjutnya jemur kembali selama 1 hari.

  3. Masukkan bibit yang sudah siap ke dalam karung anyaman, dan celumpak ke dalam larutan fungsida selama 1 menit.

  4. Setelah kering masukkan bibit tumbuhan ke dalam peti. Lapisan bibit berada di lapisan yang paling bawah, selanjutnya bubuk sekam begitu seterusnya. Diamkan selama 2-4 minggu.


2. Penyiapan pot atau polybag sebagai kawasan tanam


Langkah ketiga yang harus disiapkan ialah kawasan tanam, alasannya ialah kita akan memakai polybag atau pot, maka yang harus anda siapkan antara lain ialah pot atau polybag, tanah, pupuk sangkar dan pupuk kompos dengan perbandingan 1:1:1. Campur semua materi hingga tercampur rata. Selanjutnya masukkan media tanam ini ke dalam pot atau polybag yang berukuran sedang hingga 3/4 bagian. Letakkan polybag di kawasan yang teduh namun terkena sinar matahari, diamkan media tanam ini selama 1 ahad sebelum siap ditanami.


3. Penanaman


Setelah bibit lengkuas sudah ditumbuhi tunas baru, selanjutnya proses penanaman mulai sanggup dilakukan. Lubangi polybag dengan kedalaman antara 10-15 cm. masukkan 2-3 rimpang untuk setiap polybag dengan posisi tunas menyumbul di atas. Selanjutnya tutup polybag dengan tanah hingga penuh, dan siram secukupnya untuk menghindari pembusukan rimpang.


4. Perawatan


Merawat tumbuhan lengkuas sangatlah mudah. Untuk mendapat hasil panen yang memuaskan, anda hanya cukup melaksanakan penyiraman dan pemupukan secara teratur. Pemberian pupuk sangkar sanggup ditambahkan pada tumbuhan sehabis memasuki usia 1 bulan semenjak penanaman. Selain itu semoga pertumbuhan tumbuhan tidak terhambat, anda juga harus menyiangi rumput liar yang mengganggu tanaman. Dan tumbuhan lengkuas ini sanggup mulai anda panen sehabis berumur 10-11 bulan masa penanaman.


Cara menanam lengkuas dalam pot atau polybag sangatlah gampang Cara Cepat Menanam Lengkuas Di Pot
Lengkuas yang sudah tumbuh dan siap dipanen rimpangnya.

Demikianlah rangkaian cara penanaman lengkuas dalam pot atau polybag yang sanggup anda coba di rumah. Perawatannya yang sangat mudah, tentu tidak akan menciptakan anda kerepotan dan sanggup anda nikmati hasil panennya, baik untuk konsumsi sendiri maupun untuk kebutuhan ekonomi. Semoga gosip yang telah kami sampaikan sanggup bermanfaat dan menambah pemahaman anda terkait tumbuhan lengkuas dan bermacam-macam manfaatnya.


Lihat koleksi tumbuhan lengkuas yang kami jual disini dan klik disini untuk melihat aneka tumbuhan bumbu dapur lainnya.



Sumber https://bibitbunga.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Cara Cepat Menanam Lengkuas Di Pot"

Posting Komentar