Bunga Seroja (Lotus) Yang Menawan

Bunga yang sering disama-samakan dengan bunga teratai ini (pada artikel sebelumnya juga sudah dibahas perbedaan lotus dan teratai) adalah bunga yang berasal dari India. Terdapat gambar bunga lotus yang merakah pada lambang negara India. Bunga seroja atau lotus merupakan salah satu jenis tanaman air (aquatic plant) hias yang banyak digemari alasannya ialah selain cantik, juga rajin berbunga. Pada beberapa agama menyerupai Hindu dan Budha, bunga lotus dianggap sakral alasannya ialah dipakai sebagai keperluan persembahyangan. Tak jarang juga ditemukan dengan kuncup bunga yang tertata rapi bertengger di tempayan-tempayan unik yang ada di bak lobby hotel-hotel berbintang.


pada artikel sebelumnya juga sudah dibahas perbedaan lotus dan teratai Bunga Seroja (Lotus) yang menawan
Bunga dengan warna menawan yang kontras dengan daunnya yang lebar berwana hijau tua. Sempurna dijadikan penghias kolam.

Bunga seroja atau lotus mempunyai nama latin Nelumbo nucifera. Tanaman air ini memang mempunyai bunga yang menawan. Tumbuh menyebar ke banyak sekali negara dengan 3 jenis warna, yaitu pink, kuning, dan putih. Pada umumnya yang sering dijumpai ialah lotus pink. Bunga lotus berdiameter 20 cm, bermekaran pada pagi hari dan mengkuncup di sore harinya. Setelah beberapa hari, bunganya akan gugur sendiri, namun akan terproduksi lagi bunga-bunga barunya. Bunga seroja atau lotus tumbuh dengan kelopak selapis, namun ada juga yang tumbuh dengan kelopak jamak berlapis-lapis. Sama halnya dengan bunga lainnya, bunga seroja atau lotus pun berbenang sari dan berputik.


Daunnya berbentuk bulat, melebar, berwarna hijau, berurat, membuat motif garis-garis tak di permukaannya yang berlapis lilin. Di tengah daunnya terdapat titik putih, semacam titik sentra pertemuan urat-urat daunnya. Tepinya bergelombang, jikalau di lihat dari atas, bentuk daunnya menyerupai payung yang sedang dilebarkan. Baik bunga dan daunnya tumbuh mencuat ke atas. Ditopang oleh tangkai batangnya yang ramping dan tipis, namun besar lengan berkuasa dan agak bergerigi. Akan tetapi daun mudanya belum mempunyai batang yang kokoh, jadi jangan heran jikalau ada beberapa tumbuhan lotus yang terlihat mengapung di permukaan air menyerupai bunga teratai.


pada artikel sebelumnya juga sudah dibahas perbedaan lotus dan teratai Bunga Seroja (Lotus) yang menawan
Bunganya tumbuh mencuat ke atas, ditopang oleh tangkainya yang bundar dan kokoh.

Banyak yang menerka bahwa tangkai lotus itu juga merupakan batang dari lotus. Padahal bekerjsama lotus mempunyai batang yang tertanam besar lengan berkuasa bersama akarnya pada lumpur. Batangnya akan nampak jikalau ditanam pada wadah pot khusus tumbuhan air dan jikalau ditanam pada kolam, maka akar dan rimpangnya berada pada lumpur di dasar kolam. Tangkainya akan muncuat kokoh dari dasar bak ke atas permukaan sepanjang 1,5 meter.


Bunga seroja atau lotus sanggup dikembangbiakan secara generatif dan vegetatif. Secara generatif, mengambil beberapa biji bunga seroja atau lotus yang renta dan berwarna hitam. Taburkan biji-biji tersebut pada lumpur yang tergenang air. Maka akar dan daun mudanya akan terlihat di atas permukaan air dalam bebrapa hari saja. Secara generatif, dengan menyetek batangnya.


pada artikel sebelumnya juga sudah dibahas perbedaan lotus dan teratai Bunga Seroja (Lotus) yang menawan
Daunnya yang lebar dan kedap air sanggup menjadi daerah naungan ikan-ikan di dabawahnya.

Selain sebagai tumbuhan air atau aquatic plant yang indah, tumbuhan ini mempunyai rimpang yang sanggup dimakan dan bijinya sanggup diolah menjadi tepung untuk materi makanan. Karena bunga ini tumbuh dari lumpur namun menghasilkan bunga yang sangat menawan, maka seringkali dikait-kaitkan sebagai pola atau motivasi bagi orang-orang yang mau bekerja keras untuk mencapai harapan yang diinginkan. Seperti dalam kitab Bhagawad Gita Bab V ayat 10, disebutkan bahwa:


Bagi mereka yang senantiasa mengerjakan pekerjaannya dengan sungguh hati tanpa pamrih, serta menyerahkan jadinya sepenuhnya padaNYA, maka ia terbebas dari dosa dan noda, laksana Bunga Lotus yang tak tersentuh air dan lumpur.


Kami juga menjual benih bunga lotus aneka warna (mix), silahkan klik disini untuk melihat / membeli benihnya. 🙂



Sumber https://bibitbunga.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Bunga Seroja (Lotus) Yang Menawan"

Posting Komentar