Alternatif Material Pengganti Kayu


Kayu, merupakan material yang banyak diharapkan dalam bidang arsitektur. Mulai dari struktur bangunan, finishing sampai furniture banyak memakai kayu. Selain alasannya yaitu kekuatan juga alasannya yaitu keindahan seratnya yang alami. Namun seiring waktu kayu menjadi semakin langka alasannya yaitu banyak penebangan dan regenerasinya yang cukup lambat terutama untuk kayu ulin dan jati.

Langkanya kayu menjadikannya sulit dicari dan mahal. Karena itu banyak orang memakai alternatif pengganti kayu. Berikut yaitu 5 alternatif terbaik pengganti kayu dalam bangunan maupun furniture :

1. Bambu
Bambu yaitu material yang karakternya paling erat dengan kayu. Mempunyai tingkat kekuatan yang baik serta tahan usang apabila diolah dengan baik. Reproduksinya juga lebih cepat dari kayu. Bambu juga termasuk material yang ramah lingkungan.

 

2. Komposit Kayu (Wood Composites)
mirip namanya, material ini merupakan kombinasi kayu bekas dengan plastik dan material lainnya. Jika dibandingkan dengan kayu, material ini tentu lebih sustainable. Perawatannya pun lebih mudah.

 

3. Kayu Plastik (Plastic Wood)
Plastic Wood yaitu material plastik yang dibentuk serupa dengan kayu baik warna dan tekstur. Kekuatannya sama dengan kayu bahkan lebih kuat. Bisa untuk struktur maupun finishing. Selain itu sifatnya yang tahan cuaca membuatnya mini perawatan.

 

4. Kayu Beton (Concrete Wood)
Bahan ini sejatinya yaitu sejenis gabungan beton yang dicetak dengan bentuk dan tekstur mirip kayu. Sangat berpengaruh dan tahan cuaca. Namun dibandingkan dengan plastic wood tampaknya masih terlihat kurang alami.

 

5. Hemp
Hemp yaitu materi yang cepat tumbuh dan sustainable. Jika diolah menjadi komposit kayu akan memiliki kekuatan yang cukup baik dan penggunaannya juga luas untuk banyak hal. Selain itu harganya dapat lebih murah daripada kayu.

 

Thanks to Supporting References :
http://www.networx.com/article/10-materials-that-could-replace-wood-one

Note : Share & Copy Artikel harap menyertakan sumber

Sumber http://www.arsitur.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Alternatif Material Pengganti Kayu"

Posting Komentar