Alasan Kenapa Desain Berperan Besar Bagi Startup

“Iklim” startup di Indonesia sedang bagus-bagusnya, nih. Beberapa startup orisinil Indonesia mendapat pendanaan yang gila-gilaan. Terakhir yaitu Go-Jek yang mendapat investasi mencapai 550 juta dolar atau setara 6 triliun rupiah. Dengan semakin banyaknya startup Indonesia yang sukses, tentu akan menginspirasi puluhan atau bahkan ratusan startup lain untuk muncul. Tetapi bukan berarti dalam mendirikan startup tidak ada hambatan.


Salah satu kendala terbesar dalam mendirikan sebuah startup yaitu bagaimana cara memanfaatkan sebuah desain sebagai karya. Sekarang kita akan membahas bagaimana desain berperan besar bagi startup.


 orisinil Indonesia mendapat pendanaan yang asing Alasan Kenapa Desain Berperan Besar bagi Startup


Desain Berpengaruh pada Semua Departemen


Ketika kau berencana mendirikan sebuah startup, salah satu posisi yang harus kau perhatikan yaitu desainer. Apapun model bisnis startup-nya, kau niscaya akan membutuhkan seorang desainer yang nantinya akan meng-handle semua departemen yang ada. Mulai dari menciptakan bahan logo perusahaan, menciptakan desain promosi perusahaan, desain website, hingga menciptakan bahan desain untuk calon pelanggan.


Baca juga: Kiat Sukses Pitching di Hadapan Investor



 orisinil Indonesia mendapat pendanaan yang asing Alasan Kenapa Desain Berperan Besar bagi Startup


Desain yaitu Branding


Tugas desainer pertama kali dalam mendirikan sebuah startup yaitu menciptakan logo. Branding adalah identitas yang akan membedakan produk, jasa, ataupun bisnis kau dengan yang lain. Dengan adanya sebuah brand, para calon pelanggan sanggup mengingat, memperlihatkan nilai, serta memperlihatkan dapat dipercaya kepada perusahaan kamu. Untuk itulah, dikala kau sudah memutuskan untuk menciptakan sebuah logo, kiprah desainer di sini akan sangat besar.


Baca juga: Emily Jaury, the Co-Founder of Love+Flair


Selain desain logo, ada beberapa kiprah desainer yang cukup memengaruhi perkembangan perusahaan kamu, yaitu desain promosi. Setelah kau memilih cara promosi, kau harus menerapkan cara yang sempurna untuk mendistribusikan promosi kamu. Misalnya kau memutuskan untuk memakai banner sebagai alat promosi. Tentunya kau harus menciptakan desain yang menarik supaya pesan tersampaikan dengan terang ke masyarakat.


 


 orisinil Indonesia mendapat pendanaan yang asing Alasan Kenapa Desain Berperan Besar bagi Startup


Desain akan Berbicara Kepada Pelanggan Kamu


Dalam menciptakan sebuah desain, ada beberapa cara supaya calon pelanggan kau mengerti pesan yang ingin kau sampaikan. Salah satu caranya yaitu dengan memakai 3 flow process, yaitu think – decide – act. Dari ketiga proses tersebut, kau akan menemukan bagaimana formula yang cocok untuk menciptakan sebuah desain yang sanggup berbicara kepada pelanggan kamu.


Baca juga: 4 Buku Inspiratif Agar Sukses Membangun Startup


Think di sini yaitu kau sanggup memetakan bagaimana calon pelanggan kamu, berapa umurnya, di mana kawasan tinggalnya, hingga bagaimana daya belinya. Setelah semua terpetakan dengan jelas, kau sanggup memutuskan (decide) bagaimana menciptakan desain yang baik. Baru terakhir kau sanggup act untuk mengeksekusi desain tersebut. Ketiga flow process tersebut sanggup kau lakukan berulang-ulang hingga kau menemukan formula yang cocok.


Jadi jikalau masih memikirkan atau masih menganggap bahwa desain yaitu hal yang sederhana, mulailah mengubah mindset tersebut. Desain sanggup menjadi kunci dan memegang kiprah penting di dalam perkembangan sebuah startup.



Sumber https://www.acerid.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Alasan Kenapa Desain Berperan Besar Bagi Startup"

Posting Komentar