3 Kisah Cerita Fabel

Dongeng Fabel - Fabel merupakan salah satu jenis kisah yang mengakibatkan binatang atau tumbuhan sebagai tokoh utamanya. Istilah fable pastinya sudah sangat sering didengar oleh sobat. Yup, pada kesempatan kali ini ingin menambah koleksi Dongeng pilihannya dengan menghadirkan 3 Kisah Dongeng Fable untuk sobat sekalian. Semoga bermanfaat. Check this out!!!

1. Seekor tikus dan Seekor Singa

Suatu dikala ada seekor singa yang sedang berbaring tidur di sarangnya, tikus kecil badung berlari ke ekornya, ke punggunya, ke surainya dan menari serta melompat di kepalanya, sehingga singa itu pun terbangun.

Si Singa murka menerkam tikus tersebut dan memegangnya dalam kuku-kukunya yang besar, meraung dalam kemarahan. "Berani-beraninya kau membangunkan saya! Tidak tahukah kau bahwa saualah Raja semua binatang? Siapapun yang mengganggu istirahat saya layak mati! Saya akan membunuhmu dan makanmu!'

 Fabel merupakan salah satu jenis kisah yang mengakibatkan binatang atau tumbuhan sebagai to 3 Kisah Dongeng Fabel
Tikus tersebut ketakutan dan gemetaran, memohon biar sang singa untuk membiarkannya pergi. 'Tolong jangan makan saya Yang Mulia! Saya tidak bermaksud untuk membangunkan Anda, itu yaitu sebuah kesalahan. Saya hanya bermain. Tolong biarkan saya pergi - dan saya berjanji akan menjadi sahabat Anda selamanya. Siapa tahu suatu hari saya bisa menyelamatkan hidup Anda?'

Singa menatap tikus kecil tersebut dan tertawa. "Kau menyelamatkan hidup saya? Apa pandangan gres tidak masuk akal!" katanya mencemooh. "Tapi kau telah menciptakan saya tertawa, dan menempatkan saya ke dalam suasana hati yang baik lagi, jadi saya akan membiarkan kau pergi." Dan singa membuka cakarnya dan membiarkan tikus itu pergi bebas.

"Oh terima kasih, Yang Mulia, 'decit tikus tersebut, dan bergegas pergi secepat yang beliau bisa.

Beberapa hari lalu singa itu tertangkap dalam jerat pemburu. Ia berjuang sebisa mungkin, ia tidak bisa melepaskan diri dan bahkan menjadi lebih terjerat dalam jaring tali terseubt. Dia mengeluarkan raungan kemarahan yang mengguncang hutan. Setiap binatang mendengarnya, termasuk tikus kecil tersebut.

Tikus itu pun bergegas menuju ke sumber aungan tersebut dan ia mendapati sang singa sudah tidak berdaya. Tikus tersebut lalu menggigit tali yang menjerat singa hingga putus sehingga sang singa bisa lepas dari jerat perangkap tersebut. Sang singa sangat berterima kasih pada tikus tersebut, dan merekapun menjadi sahabat sejati selamanya.

Moral : Pertolongan sekecil apa pun akan sangat berarti.


2. Pemuda yang Beteriak Serigala

 Fabel merupakan salah satu jenis kisah yang mengakibatkan binatang atau tumbuhan sebagai to 3 Kisah Dongeng Fabel
Suatu ketika, ada penggembala muda yang menggembala domba-dombanya di kaki gunung erat hutan gelap. Sungguh sangat kesepian baginya melihat domba sepanjang hari. Tidak ada yang dekat, kecuali tiga petani yang kadang kala ia bisa melihat bekerja di sawah di bawah lembah.

Suatu hari anak itu memikirkan rencana yang akan membantunya mendapat sahabat dan bersenang-senang. Dia berlari ke arah lembah berteriak, "Serigala! Serigala! "

Orang-orang pun berlari untuk menemui dia, dan sehabis mereka mencari tahu tidak ada serigala sama sekali, satu orang masih berbicara dengan anak sejenak.

Anak itu sangat menikmati pertemanan tersebut sehingga beberapa hari lalu ia mencoba tipuan yang sama lagi, dan lagi orang-orang berlari untuk membantunya.

Beberapa hari kemudian, serigala sungguhan tiba dari hutan dan mulai mencuri domba. Terkejut anak itu berlari ke arah lembah dan ia berteriak lebih keras dari sebelumnya, "Serigala! Serigala! "

Tapi orang-orang yang telah tertipu dua kali sebelumnya tersebut berpikir bahwa anak itu menipu mereka lagi. Kaprikornus tidak ada yang tiba untuk membantu anak itu menyelamatkan domba-dombanya.

Moral: Jika kau sering tidak berkata jujur, orang tidak mempercai kau bahkan dikala kau menyampaikan hal yang sebenarnya.


3. Si Rubah dan Si Gagak

Seekor gagak telah menemukan sepotong keju yang enak dari meja piknik di taman. Dia lalu bertengger di atas pohon dan bersiap untuk memakan keju yang telihat sangat enak tersebut.

Kemudian lewatlah seekor rubah yang licik di bawah pohon dimana si gagak tersebut bertengger. Ketika melintas, si rubah melihat sepotong keju di paruh seekor gagak. Melihat keju tersebut, Si rubah pun ingin memakannya. "Tapi bagiaman caranya supaya keju itu saya ambil?" Pikir si rubah. Si rubah pun kesudahannya mendapat sebuah pandangan gres pintar nan licik.

"Owh, nyonya gagak," panggil si rubah itu. "Tampak dari bawah kau sungguh anggun dan menawan. Kau telihat manis hari ini." Rayu si rubah.

 Fabel merupakan salah satu jenis kisah yang mengakibatkan binatang atau tumbuhan sebagai to 3 Kisah Dongeng Fabel
Mendengar rayuan si rubah, si gagak pun memperhatikannya dari atas pohon. Mendapatkan perhatian dari si gagak, si rubah pun melanjutkan rayuan mautnya.

"Kau niscaya yaitu binatang paling manis di segala penjuru hutan ini. Kupu-kupu dan kelinci itu mungkin saja imut dan manis, tetapi tanpa ragu, kau lah mahlkuk yang paling manis dengan bulu hitam mengkilap dan mata yang bercahaya. Saya ingin tahu apakah bunyi nyonya sebagus ruap nyonya. Saya akan memperlihatkan apapun untuk mendengar kau bernyanyi, nyonya gagak." Lanjut rayuan si rubah.

Mendengar rayuan si rubah, si gagak pun tersanjung. Kemudian ia membusungkan dadanya, membentangkan sayapnya dan mulai bernyanyi: "Caw, caw, caw, caw!!!"

Tentu saja keju yang ia penggang di paruhnya jatuh ke bawah. Si rubah dengan cepat menangkap belahan keju nan enak itu sebelum menyentuh tanah. Kemudian ia berbalik arah dan lari mencari daerah yang nyaman untuk menikmati keju yang enak tersebut.

Moral : Jangan pernah percaya seorang penjilat (perayu).

Semoga 3 Dongeng Fabel (Binatang) tersebut bisa bermanfaat dan bisa kita amibl pesan moralnya. Apabila ada pengucapan atau perkataan yang kurang berkenan, mohon kritik dan sarannya, alasannya goresan pena di atas masih jauh dari kata sempurna. Terima kasih sobat. ^^ Maju Terus Pendidikan Indonesia ^^

Sumber http://www.zonasiswa.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "3 Kisah Cerita Fabel"

Posting Komentar