Tahap-Tahap Usm Pkn Stan

1. Tentang PKN STAN
Politeknik Keuangan Negara STAN (PKN STAN) yaitu salah satu perguruan tinggi kedinasan terbaik di Indonesia yang berada di bawah naungan Kementerian Keuangan ( Kemenkeu), meskipun bukan termasuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS), kualitas PKN STAN tidak perlu lagi diperdebatkan. Bagaimana tidak, setiap tahun puluhan ribu hingga ratusan ribu penerima dari seluruh penjuru Indonesia berlomba-lomba untuk menjadi mahasiswa gres perguruan tinggi tersebut. 

Lalu apa bedanya Perguruan Tinggi Ikatan Dinas dengan Perguruan Tinggi Kedinasan?
Baca di sini.

2. Jalur Masuk PKN STAN

Satu-satunya jalur seleksi masuk PKN STAN yaitu Ujian Saringan Masuk PKN STAN (USM PKN STAN). Tidak melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), ataupun Seleksi Mandiri (SM).Tentu saja, sebab PKN STAN bukanlah PTN.

Sebelum tahun 2011, USM PKN STAN (ketika itu masih USM STAN) hanya terdiri atas Ujian tulis saja, namun mulai tahun 2011 USM PKN STAN terdiri atas tiga tahap, yaitu Tes Tertulis, Tes Kesehatan dan Kebugaran (TKK), dan Wawancara. Khusus untuk tahun 2015, tahap ke tiga yaitu wawancara ditiadakan.  Kemudian pada USM PKN STAN 2016, wawancara tetap ditiadakan namun terdapat satu tahap gres yaitu Tes Kemampuan Dasar (TKD) yang biasanya dilaksanakan sehabis mahasiswa dinyatakan lulus dari PKN STAN. Sehingga mulai tahun 2016 tahap-tahap USM PKN STAN yaitu Tes tertulis, TKK, dan TKD. 

Berikut Pembahasan Masing-Masing Tahap :
  • Tes Tertulis 
    Ujian tertulis ini mencakup bahan Tes Potensi Akademik (TPA) yaitu  tes untuk mengukur sejauh mana potensi seorang calon mahasiswa di bidang akademis, sejauh mana ia nanti sanggup berkembang, dan  mengukur kemampuan dasar seorang calon mahasiswa. Selain TPA ada satu lagi bahan yang diujikan yaitu Tes Bahasa Inggris (TBI). TBI menguji sejauh man kemampuan calon mahsiswa pada ilmu mulut yaitu bahasa Inggris. Bahasa Inggris yang diujikan pada USM PKN STAN levelnya ibarat TOEFL. Kemampuan grammar amat penting untuk menaklukan tes TBI. Tes ini merupakan tes dengan rasio persaingan paling tinggi sebab melibatkan seluruh peserta, hasil tes ini biasanya diumumkan dua ahad sehabis pelaksanaan. Jika lulus tes ini maka penerima berhak mengikuti tahap berikutnya. 
  • Tes  Kesehatan dan Kebugaran
    Tes ini yaitu tahap kedua dari serangkaian tes USM PKN STAN, biasanya dua hingga tiga ahad sehabis dinyatakan lolos tes tertulis. Di sini calon mahasiswa akan dites kesehatannya ibarat mini medical check up ibarat cek tensi darah, varises, THT, buta huruf, dll. Jika dinyatakan sehat pada tahap ini maka calon mahsiswa akan lanjut dites kebugarannya, jikalau tidak dinyatakan sehat, maka penerima tidak berhak mengikuti tahap selanjutnya dan dinyatakan gugur. Pada tes kebugaran penerima diminta lari dalam waktu 12 menit dan lari shuttle run (angka 8). Tes ini mempunyai kegunaan untuk mengetes kebugaran dan tingkat kefokusan peserta.
  • Tes Kemampuan Dasar (TKD)
    Tes Kompetensi Dasar yaitu tes yang diselenggarakan untuk mengukur kemampuan dasar yang dibutuhkan untuk menunjang keberhasilan seseorang jikalau yang bersangkutan bekerja atau memangku jabatan sebagai Pegawai Negeri Sipil. Tes ini dalakukan berbasis komputer (Computer Assisted Test/CAT). Materi yang diujikan yaitu Tes Intelegensi Umum (TIU), Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) dan Tes Karkateristik Pribadi (TKP). Terdiri dari 100 soal dan dikerjakan dalam waktu 90 menit.

  • Tes Wawancara (Sudah ditiadakan). 
    Isi dari tes ini yaitu menggali langsung dan karakter dari si calon mahasiswa. Jawablah dengan benar dan jangan mengada-ada. Tampilkan diri apa adanya dan jujur. Karena jikalau kita berbohong niscaya si pewawancara tahu.  Pada tahun 2013 dan 2014, tes kesehatan dan kebugaran, serta wawancara diselenggarakan dua hari berturut turut. Namun pada tahun 2011, penerima harus menunggu beberapa ahad sebelum dinyatakan lulus Tes  Kesehatan dan Kebugaran dan berhak mengikuti tes wawancara.
Itulah tahap-tahap USM PKN STAN yang harus dilewati biar bisa menjadi mahasiswa PKN STAN, yang terpenting bagi kau kini yaitu mempersiapkannya dengan baik biar bisa melewati semua tahap dengan baik. Semua akan terasa gampang dengan persiapan yang baik. 

Gambaran tahap-tahap tes USM PKN STAN

Tes Tertulis

Tes Kebugaran

Tes Kebugaran
Tes Tertulis


Persiapan Wawancara


Referensi :
http://www.bimbeldanarakca.com/article/apa-sih-usm-stan-itu
https://www.google.co.id

Sumber http://realmaun.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Tahap-Tahap Usm Pkn Stan"

Posting Komentar