Sejarah Kota Ambon (7): Sejarah Tual Beragama Islam, Melawan Belanda Di Pulau Kei; Kampong Tual 1824 Sekarang Jadi Kota
*Untuk melihat semua artikel Sejarah Kota Ambon dalam blog ini Klik Disini
Sejarah Tual yaitu sejarah yang sangat jarang diungkapkan. Padahal catatan (data) sejarah Tual (di Pulau Kei) bahkan terbilang cukup lengkap. Boleh jadi itu alasannya yaitu posisi wilayah Tual jauh berada di lingkar orbit perjalanan sejarah lokal (yang berpusat di Ambon) dan sejarah nasional (yang berpusat di Jakarta). Wilayah Tual dalam hal ini berada di tengah lautan, terpencil, di arah tenggara Kota Ambon. Meski demikian, ternyata Kota Tual mempunyai sejarah tersendiri.
Sejarah Tual yaitu sejarah yang sangat jarang diungkapkan. Padahal catatan (data) sejarah Tual (di Pulau Kei) bahkan terbilang cukup lengkap. Boleh jadi itu alasannya yaitu posisi wilayah Tual jauh berada di lingkar orbit perjalanan sejarah lokal (yang berpusat di Ambon) dan sejarah nasional (yang berpusat di Jakarta). Wilayah Tual dalam hal ini berada di tengah lautan, terpencil, di arah tenggara Kota Ambon. Meski demikian, ternyata Kota Tual mempunyai sejarah tersendiri.
Pelabuhan Tual (1862-1888) |
Lantas bagaimana sejarah Tual? Artikel ini mendeskripsikan sejarah Tual semenjak 1824. Suatu sejarah yang sanggup dikatakan sejarah yang jauh di masa lampau, suatu kurun waktu yang sanggup dikelompokkan ke dalam sejumlah kota-kota di Indonesia. Untuk menambah perspektif wilayah, keberadaan Tual sanggup disandingkan dengan tetangga terdekatnya Merauke. Mari kita telusuri menurut data dan informasi masa lampau.
Dalam sejarah navigasi pelayaran, pelaut-pelaut Portugis yang menemukan pulau Kei. Pelaut-pelaut Pottugis menandai pulau tersebut dengan nama Cayos (Portugis: cayos=terumbu). Namun dalam perjalanan waktu pelaut-pelaut Inggris dan Belanda merusaknya sesuai lafal yang gampang bagi mereka dengan Keij atau Key dan kemudian menjadi Kei. Nama pulau Kei Besar dan pulai Kei Kecil cukup usang eksis hingga para pelancong Jerman dan pelancong Italia menemukan fakta bahwa pulau Kei Kecil terbagi dua yakni pulau Kei Kecil dan pulau Doellah yang dipisahkan oleh selat sempit (disebut selat Rosenberg sesuai penemunya). Di selat ini mereka temukan sebuah kampong berjulukan Toeallah yang berada di sisi barat pulau Doellah yang sering dikunjungi oleh pedagang-pedagang Makassar dan Bugis. Para pelancong tersebut menulis di dalam laporan mereka bahwa kampong Toeallah sebagai pelabuhan strategis, luas dan tertutup dari semua arah angin. Keutamaan pulau Doellah sebagai sentra perdagangan di sekitar munculnya penyebutan nama pulau bersahabat pulau Doellah sebagai pulau Doellah Laoet. Dalam perkembangannya nama kampong Doellah tetap eksis, tetapi nama kampong Toeallah dikorting pemerintah Belanda hanya ditulis dengan Toeal saja.
.
Pembentukan Awal Pemerintahan di Toeal, 1890.
Pemerintahan di pulau-pulau selatan paling tidak sudah ada pada tahun 1890 (lihat Sumatra-courant : nieuws- en advertentieblad, 13-11-1890). Disebutkan Pemerintah telah menempatkan Controleur yang berkedudukan di Toeal. Beberapa tahun sebelumnya sudah mulai ada kegiatan misionaris Kristen di Toeal dan membangun rumah (peribadatan) pertama di Linggoer (dekat Toeal) pada tahun 1888. Dari pos misionaris ini disebutkan akan diperluas ke beberapa tempat. Disebutkan di pasar Toeal sendiri Islam telah mengakar semenjak lama.
Rumah Imam (pemimpin) di Toeal, 1824 |
Kampong Toeal kali pertama didatangi oleh orang Eropa/Belanda pada tahun 1824 (lihat Bijdragen tot de taal-, land- en volkenkunde van Nederlandsch-Indië, 1863). Komisaris yang dikirim ingin menjalin komunikasi terutama dengan Bupate (Regent) Dullah. Pada tahun 1836 kembali tiba komisi pemerintah. Namun Bupati enggan bertemu alasannya yaitu beberapa waktu sebelumnya anak berselisih dengan orang Eropa/Belanda. Komisaris mengajukan tuntutan yang ditulis dalam bahasa Arab. Lalu sesudah itu dilakukan perjanjian tenang dan bendera tri color mulai berkibar. Gubernur Jenderal Pahud pernah berkunjung pada tahun 1860.
Namun permasalahan tidak pernah selesai. Pada tahun 1883 salah satu penjaga pos di (pulau) Kei Mr. A Langen di Toeal melaporkan orang Eropa/Belanda diusir (lihat Bataviaasch handelsblad, 03-10-1883). Orang Eropa/Belanda tersebut sebelumnya sebanyak tujuh orang telah diberikan izin untuk menetap untuk membeli dan mengumpulkan kopra dan kayu. Petugas pos tersebut mendapatkan pemberitahuan dari orang-orang Eropa/Belanda tersebut bahwa keamanan orang-orang Eropa yang hadir diToeal diancam oleh penduduk Muslim. Sebuah ekspedisi dengan memakai kapal perang pada tanggal 23 bulan sebelumnya telah dikirim dari Samarang untuk menyelidiki problem ini dan untuk mengambil tindakan. Perselisihan ini kemudian sanggup diselesaikan pada bulan Oktober 1883 (lihat De locomotief, 30-10-1884). Sejak perselisihan yang terakhir inilah diduga perjanjian diperbarui dan dimulainya pembentukan pemerintahan dengan menempatkan Controleur di Toeal.
Sebelum misionaris Kristen masuk, penduduk di Kepulauan Kei belum semuanya beragama Islam. Di Toeal terdapat komunitas Bugis yang mempunyai kekerabatan perdagangan dengan pedagang yang tiba dari Singapoera. Pedagang Singapoera ini adakalanya membayar barang dagangan dengan menukar senjata, Orang-orang Bugis mempunyai kerjasama yang baik dengan penduduk orisinil baik yang beragama Islam maupun yang belum beragama. Di sejumlah tempat penduduk masih pagan (menganut kepercayaan tradisi). Deskripsi Kepulauan Kei pada tahun 1840 sebagai berikut:
Pulau Kei Kecil terdiri dari empat distrik, yaitu: Distrik Doelah, yang diperintah oleh Regent atau biasa disebut Raja, kepadanya ditambahkan seorang jabatan OrangKaja dan seorang Kapten . Di sdistrik Doelah terdapat sebelas kampung yakni Lepta, Timdalam, Nengeriet Doeroa, Letman, Ringiar, Taniel, Hoetahijd, Hoetiel dan Wattivan. Pulau-pulau, yang terletak di sebelah barat Doelah yaitu Romadan, Ranan, Mewa Oeimaas, Bayer, Soewa, Tiaar, Jerowa, Toehoemeo, Liek, Urbal, Waha dan Dablilien, sebagian besar tidak berpenghuni dan hanya dikunjungi oleh penduduk lokal untuk mengumpulkan tripang. Penduduknya hampir seluruhnya Islam dimana terdapat sebuah masjid di kampung berjulukan Raja.
Distrik kedua, yang disebut Toeal, adalah, menyerupai Doelan, di bawah seorang Rgent/Bupati, kepada siapa seorang Kapten dan seorang Orang Kaija telah ditambahkan. Distrik ini berisi sepuluh kampung, yaitu: Toeal, Linggoer Kilsur, Taar, Yuan, Heilok, Romdian, Geelgofo, Hadier dan Hilwiek dengan populasi 1000 jiwa. Pulau-pulau yang termasuk dalam regent ini adalah: Erij, Godang, Naaf, Oeter, Oeboer, Krain, Kaijgen dan Watteloos, yang semuanya tidak berpenghuni. Terdapat sebuah masjid di Negorij Toeal dimana ditemukan komunitas Boegis. Imam Mohammaden sebelumnya pernah di Toela tetapi sudah menetap di Papua dengan keluarganya.
Distrik ketiga disebut Waijen. Distrik ini tidak belum mempunyai Bupati sesudah meningggalnya bupati mereka. Distrik ini terdiri dari delapan kampung, yakni Wasso, Abbeen Lakielo, Laar, Dannaar, Oedier, Waijraa, dan Somlaijen. Hampir semua penduduk orisinil yaitu pagan. Distrik keempat yaitu Toetoaat juga belum mempunyai kepala pemerintahan, alasannya yaitu Regent telah meninggal baru-baru ini. Distrik ini terdiri dari dua belas kampung yakni Dabaet, Dian, Le toe, Warwoet, Waal, Sethian, Mabo, Aijwu, Abraa, Eomaat, Aijtum dan Eawaab. Distrik ini termasuk pulau-pulau: Naij, Amoet, Varkilkon, Tangoran, Waihoe, Jarriese, Heuvaa Watokmaas, Hawat, Goetetier, Vanbes dan Odioen. Populasi distrik ini juga umumnya pagan.
Pulau Kei Besar juga terbagi ke dalam beberapa distrik. Pulau Kei Besar terbilang padat penduduknya. Penduduk Distrik Ellat sebagian besar yaitu Muslim yang berada di bawah Bupati Mohammedan. Distrik di selatan pulau Nierong masih pagan. Distrik Feer dibawah Bupati Mohammedan yang ditambahkan Orang-kaija dan Iman Hassan. Imam ini mempunyai dampak besar. Distrik di utara yang dipimpin bupati sebagian Muslim dan sebagian masih pagan. Distrik Ettie berpenduduk Muslim.
Para pemimpin Islam di kedua pulau mengerti bahasa Melayu dengan sangat baik dan berbicara bahasa itu dengan cakap. Oleh alasannya yaitu itu tidak sulit bagi para pedagang yang datang. Para pedagang, yang tiba berasal dari Banda dan Makasser dan umumnya berlabuh di Toeal. Selain komoditi perdagangan, Groot dan Klein Kei terbilang subur dan memasok beras, jagung, oebie, tembakau, dan sagu, cukup untuk semua populasi.
Peta Kepulauan Kei (1600-1640) |
Kampong Toeal intinya kampong baru, namun tidak diketahui semenjak kapan kampong ini ada. Komunitas penduduk yang ada di Kampong Toeal yaitu penduduk yang berasal dari Makassar. Mereka ada pedagang yang sudah usang menetap di kampong Toeal. Berdasarkan peta-peta kuno, pulau Kei Besar lebih dikenal daripada pulau Kei Kecil. Pada Peta 1600-1640 nama-nama kampong di pulau Kei Besar sudah diidentifikasi menyerupai Ellat, Elli, Haar, Laer dan lainnya, sementara di pulai Kei Kecil belum ada nama kampong yang diidentifikasi. Dalam peta yang lebih muda Peta 1695 nama Kampong Elat saja yang teridentifikasi.
.
.
Peta Kepulauan Kei 1836 |
Dalam peta dua masa kemudian, Peta 1836 di pulau-pulai Kei Kecil hanya kampong Doellah yang diidentifikasi, sementara di pulau Kei Besar ada tiga kampong yang diidentifikasi yakni Haer, Elli dan Feer. Ini mengindikasikan bahwa setiap kampung yang ada di pulau Kei Besar dan pulai Kei Kecil pada era yang berbeda terjadi pasang surut. Kampong Toeal mulai dikenal sebelum tahun 1840 alasannya yaitu di kampong tersebut terjadi perlawanan terhadap orang abnormal (pedagang orang-orang Eropa/Belanda). Posisi kampong Toeal sendiri terbilang strategis, selain barada di tengah kepulaian Kei, posisinya juga berada di selat yang sempit dengan permukaan maritim yang lebih tenang dari gangguan ombak besar. Tampaknya orang-orang Eropa/Belanda juga melihat posisi strategis kampong ini untuk dijadikan sebagai pangkalan (pos) perdagangan. Namun, komunitas Makassar yang sudah terkait erat dengan kampong-kampong lainnya menyerupai kampong Doellah merasa terganggu dengan kehadiran orang-orang Eropa/Belanda di daerah selat tersebut. Perselisihan timbul yang balasannya terjadi perang.
Bagaimana orang-orang Makassar dan Boegis hingga di kepulauan Kei sudah barang tentu alasannya yaitu kemampuan mereka dalam bidang navigasi pelayaran. Orang Makassar dan Boegis sudah semenjak usang bergama Islam. Selain orang-orang Ternate, Tidore dan Hitoe yang sudah diketahui beragama Islam semenjak era Portugis, secara gotong royong dengan orang-orang Makassar dan Boegis yang diduga berpengaruh membawa agama Islam di Kepulauan Kei. Migrasi orang-orang Makassar sendiri ke Kepulauan Kei diduga semakin masif pasca perang Gowa di Somba Opoe (1667). Para pengeran Makassar yang tidak mendapatkan kehadiran VOC/Belanda di Somba Opoe melarikan diri ke selatan yang diduga berpengaruh menuju Bima (Sombawa) dan (kepulauan) Kei di pulau Doellah. Para pengeran-pangeran Makassar inilah yang diduga membentuk kerajaan-kerajaan kecil di wilayah kepulauan Kei.
Setelah tahun 1840 sejumlah laporan dari Kepulauan Kei dipublikasikan. Pada tahun 1855 deskripsi Kepulauan Kei diterbitkan oleh Bataviasche Genootshap yang didalmnya termasuk deskripsi tahun 1840. Lalu kemudian muncul goresan pena yang diterbitkan pada tahun 1862. Semua laporan-laporan tersebut diakumulasi yang ringkasannya dimuat pada Bijdragen tot de taal-, land- en volkenkunde van Nederlandsch-Indië, 1863. Selain itu, peta-peta Kepulauan Kei mulai dipublikasikan. Peta tertua perihal Kepulauan Kei dibuat pada tahun 1872. Peta ini diduga peta tertua perihal peta Kepulauan Kei. Peta kedua dipublikasikan pada tahun 1875 dan kemudian muncul peta yang lebih gres yang dipublikasikan pada tahun 1877.
Toeal (Peta 1877) |
Data dan informasi dari waktu ke waktu semakin banyak, antara data pemerintah dan data perorangan saling melengkapi yang terus terakumulasi baik dalam wujud laporan meupun peta. Pemerintah memanfaatkan data dan informasi (keterangan dan peta) dalam menyusun laporan untuk melihat perkembangan apakah untuk tujuan pemantauan wilayah atau dalam perencanaan pembentukan pemerintahan baru. Rencana-rencana pemerintah dan laporan-laporan tersebut juga dimanfaakan oleh zending apakah di suatu wilayah perlu mengirim misionaris. Di kepulauan Kei, misionaris yang pertama kali membuka pos yaitu misionaris Katolik. Sebagaimana disebutkan di atas rumah peribadatan misionaris di kepulauan Kei kali pertama dibangun tahun 1888.
Kedatangan misionaris ini diduga sebelum pemerintahan dibuat di Kepulauaan Kei yang berkedudukan di Toeal. Pemerintahan tertinggi yaitu Residen Amboina yang berkedudukan di Ambon. Untuk pejabat setingkat Asisten Residen berada di Bandaneira di Afdeeling Banda (lihat De locomotief : Samarangsch handels- en advertentie-blad, 20-08-1885). Misionaris pertama di Kepulauan Kei (Kecil) diduga yaitu Ds. Offerhans, seorang Jerman (lihat Sumatra-courant : nieuws- en advertentieblad, 16-06-1887). Disebutkan pendeta ini telah membaptis beberapa anak di Toeal diantaranya anak seorang perempuan Papoea, anak seorang Jerman dengan istrinya perempuan Makassar dan anak seorang Jerman/Austria Adolf von Langen.
Setelah terbentuk pemerintahan di pulau-pulau selatan dan menempatkan seorang Controeleur yang berkendudukan di Toeal, secara perlahan-lahan wilayah Kepulauan Kei berkembang. Perkembangan ini sanggup diperhatikan dengan adanya pelayaran pribadi dari kota-kota utama terdekat ke Toeal. Pelayaran menjadi salah satu bentuk layanan pemerintah lokal maupun pemerintah pusat. Layanan pelayaran ini juga kerap dirintis oleh swasta. Layanan pelayaran ke Toeal dimulai pada tahun 1885 (lihat Java-bode: nieuws, handels- en advertentieblad voor Nederlandsch-Indie, 11-12-1885). Disebutkan dalam iklan bahwa G van Langen administrator kapal uap Toeal dari Langen en Co di Makassar memulai cabang di Toeal. Tidak dijelaskan trayek atau rute pengoperasian kapal uap Toeal ini dari mana ke mana.
Layanan pelayaran ke Toeal dimulai pada tahun 1885 (lihat Java-bode: nieuws, handels- en advertentieblad voor Nederlandsch-Indie, 11-12-1885). Disebutkan dalam iklan bahwa G van Langen administrator kapal uap Toeal dari Langen en Co di Makassar memulai cabang di Toeal. Trayek pelayaran Langen en Co ini diduga antara Makassar dan Toeal, Akan tetapi tidak dijelaskan trayek atau rute pengoperasian kapal uap Toeal ini melalui pelabuhan apa saja. Dalam perkembangan, persuahaan Langen en Co telah berpindah kantor utama yang sebelumnya di Makassar menjadi di Toeal. G van Langen diketahui kehilangan putrinya yang masih kecil berumur seminggu meninggal dunia di Toeal (Bataviaasch nieuwsblad, 05-02-1887).
Kota Toeal yang secara alamiah telah menjadi pelabuhan strategis di kepulauan Kei (pulau Kei Kecil), selain menjadi sentra pemerintahan, lambat laun telah menjadi kota paling penting di pulau-pulau selatan. Kota Toeal menjadi sentra pertumbuhan dan perkembangan wilayah. Orang Eropa/Belanda mulai berdatangan. Paling tidak selain para pejabat pemerintah (Controleur dan staf) juga pengusaha van Langen dan misionaris. G van Langen selain membuka perjuangan pelayaran juga telah memulai perjuangan gres di bidang industri kayu.
Bataviaasch handelsblad, 09-10-1886 |
Sebagaimana di tempat-tempat lain di Hindia, kehadiran orang-orang Eropa/Belanda sanggup dikatakan sebagai prakondisi perubahan suatu wilayah dari suatu situasi dan kondisi yang statis (lambat) menjadi lebih dinamis (cepat).Kehadiran swasta dalam hal ini di Toeal membuka peluang gres di dalam bidang perjuangan dan membuka jalan bagi pemerintah untuk membentuk pemerintahan.
Tentu saja diantara swasta dan pemerintah di Kepulauan Kei khususnya di Toeal, pihak misionaris memanfaatkan peluang untuk penyebaran agama: menciptakan penduduk pagan beragama, dan mengkoversi yang sudah beragama menjadi beralih agama. Tinjauan penyebaran agama di Toeal dan sekitar sanggup dibaca pada buku Karel A. Steenbrink (2003) berjudul Catholics in Indonesia, 1808-1942: A modest recovery 1808-1903. Dalam beberapa hal ada perbedaan temuan dalam buku tersebut dengan apa yang disarikan dalam artikel ini. Karel A. Steenbrink di titik tertentu sangat mendramatisir, sementara di tiik lain mengerdilkan kejadian, sedangkan di titik yang lainnya sengaja atau tidak sengaja kurang meperhatikannya. Boleh jadi itu alasannya yaitu perbedaan sudut pandang: dari dalam atau dari luar; dari kacamata sosiologi atau kacamata ekonomi.
Wilayah Kepulauan Kei yang beribukota di Toeal secara perlahan mulai terbuka bagi dunia luar. Kekayaan apa yang terkandung di bumi Kepulauan Kei telah menarik minat banyak sekali pihak. Untuk membuka kotak pandora Kepulauan Kei, Nederlandsch Aardrijkskundig Genootschap di Amsterdam telah mengirim sebuah ekspedisi ilmiah pada tahun 1888. Dalam tim ekspedisi ini termasuk hebat geologi, hebat botani, hebat kelautan yang juga melaksanakan tugas-tugas di bidang topografi dan hidrologi. Kegiatan lapangan berlangsung selama tiga bulan. Sejak kedatangan ekspedisi ini sudah dibuat instrumen meteorologi di Toeal untuk memantau cuaca dan curah hujan (lihat Java-bode : nieuws, handels- en advertentieblad voor Nederlandsch-Indie, 21-08-1888).
Sebagai wilayah pengembangan baru, selain pemerintah juga banyak sekali individu juga turut aktif dalam pengumpulan data dan informasi. Disebutkan bahwa pastoor Küaters (dari misi Katolik) telah melaksanakan studi-studi perihal bahasa-bahasa kelompok etnik di Kepulauan Kei. Juga diketahui G van Langen, seorang pengusaha di Toeal telah melaksanakan studi etnologis dan antropologis. Apa yang dilakukan oleh para pengusaha swasta G van Langen di Kepulauan Kei bukanlah hal yang gres tetapi suatu situasi yang juga ditemukan di wilayah lain. Seperti contohnya KF Holle di Priangan dan Dr. Groneman di Djogjocarta.
Laporan-laporan ekspedisi pemetaan geologi dan bitani Kepulauan Kei ini sudah diterima publik di Belanda sebagaimana diberitakan surat kabar De Tijd: godsdienstig-staatkundig dagblad, 24-12-1888 dan Algemeen Handelsblad, 04-07-1889. Laporan-laporan ini kemudian lansir oleg surat kabar yang terbit di Batavia dan Soerabaja. Satu hal yang penting dalam ekspedisi ini yaitu kiprah yang signifikan dari A van Langen menyerupai penyediakan rumah, makanan serta sejumlah uang, dan bahkan kapal-kapal yang diharapkan dalam mengitari pulau. Ekspedisi ke Kepulauan Kei menjadi pangkal kasus ekspedisi lebih lanjut dilakukan kemudian diperluas ke Timor dan Tanimbar.
Perahu di Toeal, 1900 |
Perkembangan Kepulauan Kei, pada tahun 1890 sudah terdeteksi adanya kantor pemerintah di Toeal, tempat dimana Controelur ditempatkan (lihat Sumatra-courant: nieuws- en advertentieblad, 13-11-1890). Sebelum penempatan Controleur di Toeal, besar kemungkinan kedudukan pejabat pemerintah terdekat berada di Bandaneira. Dengan penempatan Controleur di Toeal maka status Controleur di Banda ditingkatkan menjadi Asisten Residen (sebagai pecahan dari wilayah Resdientie Amboina).
Soerabaijasch handelsblad, 06-01-1891 |
Pemerintah menurut Beslit 1 Juli 1883 No. 13 (Staatsbald No. 203), di Residentie Ambon, Controelur di Toeal ditetapkan untuk membentuk dan bertanggungjawab untuk posthouder yang juga dengan tugas-tugasnya sebagai kepala pelabuhan di tempat-tempat sebagai berikut: Kajeli, Nasarete, Amahei, Waroe, Gisser, Elat, Dobo, Lelingloewan, Oeratan, Tepa, Serwaroe, Woenter, dan Ilwaki (lihat Java-bode : nieuws, handels- en advertentieblad voor Nederlandsch-Indie, 28-03-1891). Ini dengan sendirinya, pejabat pemerintah tidak hanya di Toeal tetapi juga di tempat pelabuhan-pelabuhan tersebut.
Iklan pelayaran ke Toeal ini cukup usang dimuat di banyak sekali surat kabar di Batavia. Semarang, Soerabaja dan Padang. Iklan pelayaran ini seakan ajakan investor tiba ke Kepulauan Kei. Paralel dengan iklan pelayaran ini pemerintah terus memperkuat manajemen pemerintahan di Toeal dan Kepulauan Kei. Tentu saja tidak usang kemudian jumlah orang Eropa/Belanda semakin banyak di Toeal dan Kepulauan Kei. Dikabarkan guru dari Hila FA Perretaz dipindahka ke Toeal untuk mengajar di sekolah yang gres dibuka Openbare Lagere School, sekolah dasar untuk orang Eropa/Belanda (lihat Java-bode : nieuws, handels- en advertentieblad voor Nederlandsch-Indie, 05-12-1891). Tidak diketahui apakah sekolah dasar Eropa ini berjalan baik atau tidak. Juga tidak diketahui apakah sudah ada sekolah bagi pribumi di Toeal dan Doellah, dua tempat yang ramai yang mana Toeal sebagai ibukota, Sebagaimana disebutkan, di Toeal dan Doellah dihuni oleh penduduk pribumi yang beragama Islam.
Dalam perjalanan pendeta JH de Vries Jr di Ambon ke Kepulauan Kei sebagaimana ditulisnya pada surat kabar Soerabaijasch handelsblad, 24-12-1891 diceritakan bahwa sesudah kapal uap yang mereka tumpangi dari Ambon via Saparoea tiba di Toeal dilanjutkan dengan bahtera selama satu jam ke selatan ke sebuah kampong yang disebut Langgoer. Di kampong ini hanya ada 12 rumah panggung dimana di kampong ini terdapat bangunan misionaris yang dipimpin oleh seorang pendeta pribumi yang membimbing 15 anak didik yang sudah dibaptis yang mana para pendeta itu harus mencar ilmu bahasa setempat dan mengatakan pendidikan agama, membaca, menulis, dan bahasa Melayu. Rumah-rumah panggung ini terbagi ke dalam beberapa kamar yang disekat daun kering dari pohon sagu yang setiap rumah panggung diperkirakan dihuni keluarga besar sebanyak 20-30 orang. Lantai rumah terbuat dari anyaman bambu yang sanggup melihat ke bawah dimana ternak babi tampak berkeliaran. Sebagaimana telah disebutkan di atas pada tahun 1840 wilayah yang berada di selatan Toeal (termasuk Langgoer) masih pagan, kini diduga sudah banyak yang beragama Katolik. Stasion misi sendiri (yang menjadi tempat dimana 15 anak dididik) dibangun pada tahun 1888.
Selain layanan pendidikan untuk orang Eropa/Belanda di Toeal dan penyelenggaraan pendidikan bagi bawah umur pribumi yang telah beragama Kristen di Lienggoer, layanan pemerintah berikutnya yang didatangkan ke Kepulauan Kei yaitu layanan kesehatan. Seorang dokter Djawa AT Lalopua telah dipindahkan dari Noesa Laoet ke Toeal. Untuk pengganti di Noesa Laoet dipindahkan dokter Djawa TA Perretsz dari Hila (lihat Java-bode : nieuws, handels- en advertentieblad voor Nederlandsch-Indie, 27-02-1892). Dokter Djawa dalam hal ini yaitu lulusan sekolah kedoteran pribumi di Batavia yang dibuka semenjak tahun 1851.
Kota Toeal yang semakin dikenal dan tumbuh sebagai sentra perdagangan (1886 semenjak van Langen) dan sentra pemerintahan (1890 semenjak Controleur pertama, RO van der Hout, Januari 1890), juga secara berangsur-angsur pedagang-pedagangan Tionghoa juga semakin banyak yang berdiam di pulau-pulau selatan yangh berpusat di Toeal. Mereka ini diduga meluas dari Ambon, kemudian ke Bandaneira kemudian ke Toeal. Untuk mengantisipasi hal tersebut terbit ordonasi yang menyatakan bahwa di Residentie Amboina juga akan ada wijk (perkampungan) untuk orang Cina di Toeal, ibukota Afdeeling Aroe-, Kei-, Tenimber- en Zuidwester-islands (Java-bode: nieuws, handels- en advertentieblad voor Nederlandsch-Indie, 01-10-1892).
Pada tahun 1892 juga muncul usulan supaya Controleur juga ditempatkan di Dobo (Kepulauan Aroe). Usulan ini tiba dari seorang penulis di Makassar yang dimuat pada surat kabar Bataviaasch nieuwsblad, 28-11-1892. Disebutkan satu-satunya perwakilan pemerintah di Dobo hanya seorang postjouder O Th Erntsen. Sebab baru-baru ini terjadi pembunuhan terhdap seorang Cina di Dobo. Disebutkan penulis bahwa Kep Aroe merupakan wilayah terpenting di selatan tetapi lebih disukai pemerintahan berkendudukan di pulau Kei (Kecil). Di Kepulauan Aroe kebiasaan minuman keras meningkat yang diduga menjadi penyebab adanya pembunuhan. Oleh alasannya yaitu itu Controleur juga seharusnya ditempatkan di Dobo juga supaya kehadiran orang Eropa di kepeluaan tersebut muncul. Dalam tahun-tahun terakhir ini di Dobo ribuan orang asing, kebanyakan orang Cina dan orang Melayu bertemu pada waktu-waktu reguler di pulau-pulau di sekitarnya dan Papua Nugini (baca: Papua Barat), sementara ada ratusan dari mereka ini sepanjang tahun dalam kegiatan bisnis. Di Danner, pulau dimana (kampong) Dobo berada sudah dihuni sejumlah penduduk menetap. Sumatra-courant : nieuws- en advertentieblad, 14-12-1892 melaporkan yang terbunuh di Dabo dan sekitar sebanyak 60 orang Cina dan orang Makassar.
Setelah posthouder memungut bea dan cukai di beberapa titik pelabuhan yang berada di bawah otoritas Controelur di Teoal, pemungutan pajak padi juga mulai diterapkan. Bataviaasch nieuwsblad, 10-02-1894 melaporkan Residen Amboina menerapkan pajak padi untuk wilayah pulau-pulau di selatan di Banda dan Kep Kei, Aroe dan Tenimbar sebesar 10 persen. Pemungutan pajak ini dipandang sebagai wujud pendapatan pemerintah dalam penyelenggaraan layanan pemerintah. Pejabat yang ditunjuk untuk urusan tersebut termasuk wilayah kerja di Banda yaitu JA Pelupessij yang berkedudukan di Toeal (Java-bode: nieuws, handels- en advertentieblad voor Nederlandsch-Indie, 23-05-1894).
Tentu saja masih ada hal-hal yang saling mencurigakan antara satu dengan yang lainnya terutama anatara penduduk dan pemerintah. Sejarah Toeal dan sejarah Doellah yaitu sejarah yang jauh ke masa lampau. Antara penduduk lokal dengan orang abnormal terjadi pasang surut. Pengusiran orang Eropa/Belanda di Kepulauan Kei sudah pernah terjadi tempo dulu. Berulang kali pemerintah mengirim ekspedisi ke Kepulauan Kei. Peristiwa pembunuhan di Dobo baru-baru ini memperlihatkan indikasi masih adanya perselisihan-perselisihan di antara kelompok penduduk. Laporan terbaru di Toeal, beberapa pedahang Arab dan Makassar ditangkap Controleur alasannya yaitu memperdagangkan senjata untuk penduduk lokal (lihat Soerabaijasch handelsblad, 18-07-1894). Pemerintah di Toeal sepertinya masih mempunyai kekhawatiran terhadap munculnya perlawanan dari penduduk di Toeal dan Doellah terhadap otoritas pemerintah.
Setelah sekian masa pemerintahan tradisi di Kepulauan Kei, khususnya di Toeal dan Doellah, dengan semakin menguatnya Pemerintah Hindia Belanda di Toeal, muncul kabar bahwa Radja (regent) dari negorij Toeal onderafdeeling Klein Kei, afdeeling Aroe-, Keè-, Tenimber en Zuidwester eilanden yang disebut Kabres mengundurkan diri (Java-bode: nieuws, handels- en advertentieblad voor Nederlandsch-Indie, 10-08-1897). Lantas bagaimana dengan regent negerij Doellah tidak diketahui. Namun pengunduruan diri boleh jadi sebagai gejala berakhirnya kepemimpinan tradisional di Toeal dan Doellah?
Sementara itu, dikabarkan Monseigneur Staal dari misi (zending) Kristen dengan kapal uap berangkat dari Banda untuk mengunjungi Kepulauan Kei di Toeal dimana Roomsen-Katholieken zendingpost terdapat di Langgoer (lihat Rotterdamsch nieuwsblad, 21-08-1897). Apakah kunjungan Monseigneur ini sebagai mengambarkan babak gres dalam pengembangan misi di Kepulauan Kei? Seperti di tempat lain kegiatan misi (zending) tidak terkait dengan tujuan pemerintah. Bagi pemerintah, Islam, Kristen, Kristen dan pagan tidak dibedakan, yang membedakannya di mata pemerintah siapa yang bersedia bekerja sama dalam pembangunan jalan dan jembatan (untuk menunjang pendapatan pemerintah).
Dermaga di Langgoer, 1920 |
Pertumbuhan dan perkembangan wilayah di pulau-pulau selatan termasuk Kepulauan Kei, tidak semaju di wilayah lain. Wilayah pulau-pulau selatan secara geografis terpencil, tetapi juga terpencil dalam banyak hal. Ibukota Residenti sangat jauh di Ambon. Meski demikian arus pelayaran maritim dari dan ke Toeal tetap berlangsung dengan baik. Rute pelayaran kapal uap secara reguler Soerabaja, Makassar. Ambon dan Toeal memungkinkan setiap orang sanggup terhubung antara Toeal dengan kota-kota besar (pusat kemajuan).
Kota Tual 1935 |
Toeal dan Langgoer, 1933 |
Kota Tual yang sekarang, kota terbesar di selatan Kota Ambon, sejatinya berawal dari sebuah kampong di masa lampau. Sebagaimana Doellah, nama kampong Toeal diduga berasal dari nama Toellah atau Toeallah (lihat Tijdschrift van het Aardrijkskundig Genootschap, 1877). Kampong Toeal ini terletak di sisi barat pulai Kei Kecil yang terlindung dari lautan (Banda) ditemukan oleh orang-orang Eropa/Belanda pada tahun 1824 dimana kampong kecil berjulukan Toeal terdapat komunitas orang Bugis yang melaksanakan fungsi perdagangan di sekitar. Kompong terbesar di pulau Kei Kecil ketika itu yaitu Kampong Doellah yang terletak di sebelah utara Kampong Toeal.
Rumah misi di Langgoer |
Pada tahun1890 Kepulauan Kei dijadikan Pemerintah Hindia Belanda sebagai pemerintahan dengan menempatkan seorang Controleur di Teoal. Pemerintahan ini juga meliputi pulau-pulau di tenggara (Kepulauan Aroe) dan pulau-pulau di barat daya (Kepulauan Tanimbar). Pada ketika pembentukan pemerintahan di Toeal, Pemerintah Hindia Belanda mulai merintis ekspansi wilayah ke Nieuw Guenia pecahan selatan dengan tempat utama di Merauke dengan melaksanakan sejumlah ekspedisi-ekspedisi. Paralel dengan di Nieuwe Guenie di selatan ini juga dilakukan hal yang sama di wilayah utara. Rumah misi di Langgoer
Jauh sebelum kedatangan (orang-orang) van Langen di Kepulauan Kei (di Toeal), sudah banyak orang-orang Eropa/Belanda yang pernah singgah di wilayah ini. Berdasarkan peta-peta kuno Portugis (1600-an) dan peta-peta VOC/Belanda (1695) wilayah ini sudah dikenal (diidentifikasi). Namun sejauh itu hanya sekadar untuk perdagangan yang longgar di pantai-pantai. Setelah kedatangan orang Eropa/Belanda tahun 1824, komisaris pemerintah menyambangi kepulauan ini pada tahun 1836 (bulan April). Pada tahun 1865 giliran seorang pelancong Italia, Beccari yang mengunjungi kepulauan ini. Pelancong ini melaporkan berangkat dari Ellat di pantai barat Groot Kei pada tanggal 7 Agustus 1865 untuk melaksanakan perjalanan ke Doellah. Disebutnya dalam perjalanan ini melalui jalan yang tidak terdapat dalam peta melalui kampong Toeallah (Toeal) hingga menuju Doellah. Peta sebelumnya hanya ditandai dalam pelayaran navigasi di pulau Kei Besar oleh J du Pon dan WJ van Santen (1862). Jalan ini juga disebut Beccari ternyata sebelumnya telah dilalui oleh seorang pelukis Jerman berjulukan Rosenberg. Keberadaan Ronsenberg diketahui pertama ketika melaksanakan ekspedisi di Tapanoeli tahun 1840 (bersama Juing Huhn). Selat dimana Toeal kala itu sering disebut para pelancong sebagai selat Rosenberg. Pelancong berikutnya yang pernah menyambangi selat ini yaitu Vettor Pisani dengan kapten kapal Lovera pada tahun 1872. Kapten Lovera menyatakan pelabuhan ini sangat strategis, luas dan tertutup dari semua arah angin. Kapten Lovera yaitu orang pertama yang mengidentifikasi tempat ini, Toeallah sebagai pelabuhan dalam navigasi pelayaran. Nama Toealah dan Doellah berasal dari para migran beragama Islam (pendatang).
Meski nama tempat Toeallah ini bukan dari penduduk asli, tetapi dengan penanda navigasi ini oleh Kapten Lovera diharapkan penduduk orisinil untuk mengetahuinya. Nama Toeallah menjadi Toeal muncul pada tahun 1875. Nama Toeallah ‘dikorting’ menjadi Toeal. Ini bermula dari wakil inspektur pendidikan pribumi perihal perubahan Toeallah menjadi Toeal. Tidak dijelaskan mengapa demikian. Di Toeallah seebelumnya sering dijadikan oleh orang-orang Makassar dan Bugis untuk berlabuh.
Nama Kei juga bukan dari nama asli. Nama Kei sudah ada semenjak usang dan kepulauan ini sudah pernah dikunjungi oleh orang-orang Portugis sebelum kedatangan orang Belanda. Peta 1600-1640 yang ditunjukkan di atas, yaitu peta Belanda yang diduga bersumber dari peta Portugis. Nama Kei diduga dari bahasa Portugis ‘cayo’ yang diartikan sebagai terumbu atau tebing. Nama Pulau Cayo (Pulau Terumbu karang) dalam perjalanan waktu alasannya yaitu pelafalan dirusak oleh bahasa Inggris dan bahasa Belanda menjadi Kei. Untuk nama pelengkap besar dan kecil berasal dari bahasa Melayu (lihat Tijdschrift van het Aardrijkskundig Genootschap, 1877).
Nama Doellah sendiri diucapkan dalam (peta-peta) navigasi sebagai Doela, Doelah, Doellah, Doelan, Doelang dan bahkan Doera. Pelukis von Rosenberg menandai nama pulau dari nama kampong dengan menulis Doellah. Saat itu kampong Doellah yaitu nama kampong utama yang menjadi sentra perdagangan di pulai Kei Kecil. Untuk nama pelengkap darat dan maritim berasal dari bahasa Melayu. Pulau Doellah darat mempunyai wewenang terhadap Doellah laut. Nama-nama lainnya yang disebut yaitu nama Eli dari nama Ali. Nama Taamdam juga ditulis dengan Tamandam, Tamandan. Tamadan, Tamadaan dan Tammadan.
Stasion misi Kristen 1925; komposisi agama Kep Kei masa kin |
0 Response to "Sejarah Kota Ambon (7): Sejarah Tual Beragama Islam, Melawan Belanda Di Pulau Kei; Kampong Tual 1824 Sekarang Jadi Kota"
Posting Komentar