Profesi & Bidang-Bidang Akuntansi

Profesi & Bidang Akuntasi Apakan yang dimaksud dengan akuntan? Apakah semua yang berafiliasi dengan akuntansi disebut akuntan? Dengan berkembangnya jumlah, jenis, dan kompleksnya kegiatan perusahaan serta sistem perpajakan gres yang ditentukan pemerintah, makah bidang akuntansi juga berkembang pesat mengarah ke profesi. Apa saja kah profesi-profesi dan bidang-bidang dalam akuntansi? Nah, pada kesempatan kali ini akan mencoba membahasnya di sini. Semoga bermanfaat. Check this out!!!

A. Profesi Akuntansi

Akuntan adlah suatu profesi di bidang akuntansi yang sanggup disejajarkan dengan dokter, andal hukum, insinyur, notaris dan sebagainya. Profesi akuntan dibedakan atas beberapa macam, di antaranya yaitu akuntan publik, akuntan intern, akuntan pemerintah, dan akuntan pendidik.
  1. Akuntan Publik
    Akuntansi publik atau akuntasi ekstern yaitu akuntan yang menyediakan jasa-jasa untuk kepentingan perusahaan yang membutuhkan dengan mendapatkan pembayaran sebagai imbalan jasa. Jasa-jasa yang diberikan akuntan publik kepada perusahaan, antara lain:
    - jasa investigasi kewajaran laporan keuangan,
    - jasa penyusunan sistem akuntansi,
    - jasa perpajakan,
    - jasa penyusunan laporan keuangan dalam rangka pengajuan kredit,
    - jasa kosultasi manajamen perusahaan

  2. Akuntansi Intern
    Akuntan perusahaan (intern) yaitu akuntan yang bekerja di suatu perusahaan dan bertanggung jawab terhadap duduk kasus akuntansi di perusahaan tersebut. Ruang lingkup kiprah dari akuntan perusahaan adalah:
    - menyusun sistem akuntansi yang diharapkan perusahaan;
    - menyusun laporan keuangan bagi pihak intern dan ekstern;
    - menyusun anggaran perusahaan;
    - melaksanakan investigasi terhadap pelaksanaan sistem akuntansi dan anggaran;
    - menuntaskan masalah-masalah perpajakan, ibarat penghitungan pajak.

  3. Akuntansi Pemerintah
    Akuntan pemerintah yaitu akuntan yang bekerja pada lembaga-lembaga pemerintah dan bertugas mengendalikan, dan menilik penggunaan keuangan atau kekayaan negara dan membuat laporan hasil pemeriksaan. Akuntan pemerintah umumnya bekerja di Departemen Keuangan (Direktorat Jenderal Pengawasan Keuangan Negara), Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), dan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP). Tugas akuntansi pemerintah antara lain:
    - menyusun planning pendapatan dan belanja negara
    - mengadakan investigasi intern pada perusahaan negara
    - mengadakan investigasi keuangan pada lembaga-lembaga pemerintah

  4. Akuntansi Pendidik
    Akuntan pendidik yaitu akuntan yang mempunyai kiprah utama mengajarkan dan mengembangkan akuntansi, contohnya dosen dan guru mata pelajaran akuntansi. Untuk mendapatkan gelar akuntan, maka sarjana ekonomi jurusan akuntansi haru menempuh kegiatan pendidikan profesi akuntansi (PPAk).

 Apakah semua yang berafiliasi dengan akuntansi disebut akuntan Profesi & Bidang-bidang Akuntansi


B. Bidang-bidan Akuntansi

Ilmu akuntansi mempunyai ruang lingkup yang sangat luas sehingga timbullah bidang-bidang khusus dalam akuntansi, sebagai berikut.
  1. Akuntansi Keuangan
    Akuntansi keuangan yaitu bidang akuntansi yang mengkhususkan diridalam proses pencatatan transaksi sampai penyajian dalam bentuk laporankeuangan. Dalam pencatatan banyak sekali transaksi keuangan perusahaan, akuntansi keuangan harus berpatokan kepada ketentuan-ketentuan yangdiatur dalam Standar Akuntansi Keuangan (SAK).

  2. Akuntansi Biaya
    Akuntansi biaya yaitu bidang akuntansi yang berafiliasi denganperencanaan, penetapan, dan pengendalian biaya produksi. Akuntansi biaya berkaitan dengan penentuan harga pokok produksi dan pengendalian biaya produksi. Akuntansi biaya bermanfaat bagi administrasi untuk mengendalikan kegiatan perusahaan dan merencanakan kegiatan perusahaan di masa depan menurut data-data biaya yang diperoleh.

  3. Akuntansi Anggaran
    Akuntansi anggaran yaitu bidang akuntansi yang berafiliasi dengan penyusunan anggaran perusahaan dan kemudian membandingkannya dengan realisasinya supaya sanggup dijadikan sebagai materi evaluasi. Akuntansi anggaran merupakan bab dari akuntansi manajemen.

  4. Auditing/Akuntansi Pemeriksaan
    Auditing yaitu bidang akuntansi yang mengkhususkan diri pada investigasi catatan-catatan akuntansi secara bebas (independen). Pelaksananya disebut auditor. Auditor harus bekerja secara bebas tanpa dipengaruhi kepentingan pihak-pihak tertentu. Auditor akan menilik apakah pencatatan transaksi telah sesuai dengan Standar Akuntansi Keuangan (SAK) yang berlaku. Dalam melaksanakan pemeriksaan, auditor berpatokan pada standar auditing yang berlaku.

  5. Akuntansi Manajemen
    Akuntansi administrasi yaitu bidang akuntansi yang melaksanakan pengembangan dan penafsiran data-data akuntansi, baik data masa kemudian maupun data tafsiran untuk membantu administrasi dalam mengoperasikan perusahaan. Akuntansi administrasi membantu memecahkan banyak sekali duduk kasus khusus yang dihadapi manajemen, yang pemecahannya membutuhkan beberapa alternatif.

  6. Akuntansi Perpajakan
    Akuntansi perpajakan yaitu bidang akuntansi yang bertugas melaksanakan penyiapan data yang dipakai untuk perhitungan pajak. Sehingga pajak yang dibayar perusahaan sesuai dengan peraturan pemerintah. Agar sanggup bekerja dengan baik, seorang akuntan pajak harus memahami banyak sekali peraturan, baik yang berupa undang-undang maupun ketentuan lain wacana perpajakan.

  7. Akuntansi Pemerintahan
    Akuntansi pemerintahan yaitu bidang akuntansi yang mengkhususkan diri dalam penyajian laporan keuangan dari transaksi-transaksi yang dilakukan oleh pemerintah. Akuntansi ini berkaitan dengan pembuatananggaran negara beserta laporan realisasinya. Akuntansi ini bermanfaat untuk mengendalikan pengelolaan keuangan negara.

  8. Sistem Akuntansi
    Sistem akuntansi yaitu bidang akuntansi yang melaksanakan perencanaan mekanisme pencatatan, pengikhtisaran, dan pelaporan data keuangan. Sistem akuntansi harus membuat suatu sistem yang sanggup mempermudah pengelolaan dan pengendalian perusahaan.

  9. Akuntansi Pendidikan
    Akuntansi pendidikan yaitu bidang akuntansi yang berkaitan dengan pengembangan pendidikan akuntansi dalam rangka membuatkan ilmu akuntansi. Akuntansi sanggup dikembangkan dengan cara memasukkan akuntansi ke kurikulum sekolah.

Semoga klarifikasi mengenai Profesi dan Bidang-bidang Akuntasi di atas sanggup menambah wawasan teman sekalian dan tentunya bermanfaat. Apabila ada kesalahan baik berupa penulisan maupun pembahasan, mohon kiranya kritik dan saran yang membangun untuk kemajuan bersama. Terima kasih... ^^ Maju Terus Pendidikan Indonesia ^^

Baca juga pengertian, sejarah, dan manfaat akuntnasi, di sini.

Sumber http://www.zonasiswa.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Profesi & Bidang-Bidang Akuntansi"

Posting Komentar