Penyebab Penyakit Gastritis Atau Maag

Penyebab Penyakit Gastritis Atau Maag - Istilah gastritis ditujukan bagi organ pencernaan khususnya lambung yang mengalami iritasi maupun peradangan. Jaringan lambung terletak sempurna di bawah diafragma di sebelah sisi kiri dari organ hepar atau hati di bawah paru-paru. Fungsi utama dari lambung yakni memproses masakan menjadikannya dalam bentuk lebih lunak [bolus] sehingga nanti saat masuk ke dalam usus menjadi lebih gampang untuk perembesan gizi dan nutrisi yang ada di dalamnya termasuk cairan dan elektrolit.

 Istilah gastritis ditujukan bagi organ pencernaan khususnya lambung yang mengalami iritas Penyebab Penyakit Gastritis Atau Maag
Penyebab Penyakit Gastritis Atau Maag

Makanan yang kita konsumsi masuk ke dalam lambung melalui terusan oesophagus yang ada di atasnya dalam bahasa indonesia biasa disebut kerongkongan sesudah diproses di dalam masakan akan diteruskan ke usus halus tepatnya usus 12 jari.

Lambung dapat mengalami iritasi pada kepingan mukosa atau lapisan dinding dari lambung. Faktor utama penyebab penyakit gastritis atau maag yakni terkikisnya oleh cairan asam lambung itu sendiri.

Lambung secara aktif memproduksi asam lambung untuk membantu proses pencernaan dimana masakan juga zat yang terkandung di dalamnya menjadi lebih gampang bercampur satu sama lain. Asam lambung juga mempunyai peranan penting membunuh kuman dan basil yang ada di dalam masakan maupun minuman yang kita konsumsi. Dan secara spesifik juga membantu dalam proses pemecahan protein menjadi asam amino lantaran protein cukup sulit untuk dipecah.

Makanan
Asam lambung bersifat sangat berpengaruh apabila produksinya maka secara pribadi dapat berakibat jelek terjadi pengikisan pada mukosa dinding lambung. Situasi ini sering terjadi pada orang yang kondisi lambungnya kosong atau tidak makan sehingga cairan asam lambung mengelabui penumpukan. Jenis masakan yang dapat menjadi penyebab penyakit gastritis diantaranya yakni masakan dengan rasa pedas juga yang menghasilkan banyak gas menyerupai buah nangka.

Minuman
Selain lantaran telat makan atau minum air putih penyebab penyakit gastritis atau maag juga dapat disebabkan lantaran minuman menyerupai kopi dan minuman bersoda. Minuman kopi dengan kandungan kafein yang tinggi dapat memicu abrasi pada mukosa dinding lambung. Begitu juga halnya dengan minuman soda cara menghasilkan cukup banyak gas di dalam lambung. Minuman beralkohol juga dapat menjadi penyebab penyakit gastritis atau maag mengakibatkan lambung lebih rentan mengalami iritasi dan infeksi.

Penggunaan obat obatan
Jenis obat penghilang rasa nyeri umumnya menjadi penyebab penyakit gastritis atau maag. Jenis obat yang masuk di dalamnya yakni obat analgesik anti inflamasi non steroid juga biasa disingkat dengan AINS, misalnya jenis obat aspirin ibuprofen juga ada naproxen termasuk asam mefenamat. Jenis obat tersebut menghambat produksi prostaglandin dimana fungsi utamanya yakni melindungi mukosa lapisan dinding lambung.

Terjadinya infeksi
Injeksi juga dapat mengakibatkan penyakit gastritis atau maag. Jenis basil yang umum abuh lambung yakni H. Pylori. Bakteri ini sangat berpengaruh beliau mulai masuk ke dalam badan melalui terusan pencernaan dimana masakan dan minuman yang kita konsumsi terkotori basil H. Pylori. Terinfeksi virus HIV juga memudahkan seseorang terjangkit penyakit gastritis lantaran daya tahan badan menurun dan gampang terjangkit penyakit.

Stres psikologis atau depresi
Peningkatan acara kerja pisikologi seseorang akan memicu meningkatnya produksi asam lambung apalagi biasanya dibarengin jangan telat makan dan juga minum. Situasi ini sangat berpotensi mengakibatkan penyakit gastritis atau maag.

Gangguan autoimun
Masalah autoimun juga sering diistilahkan sebagai alergi namun ini sedikit berbeda badan salah mempersepsikan sel sel yang bersifat baik didalam lapisan mukosa lambung sebagai sesuatu yang berbahaya kemudian menyerangnya dengan cara mengikis lapisan lambung. Gangguan autoimun ini biasanya sering dialami oleh orang yang kekurangan vitamin b kompleks.

Penyakit gastritis digolongkan menjadi 2 kepingan yaitu:

Gastritis akut
Sesuai dengan namanya penyakit gastritis ini terjadi dalam waktu yang relatif cepat dan mempunyai tanda-tanda yang lebih andal kebanyakan disebabkan oleh konsumsi obat obatan, minuman alkohol, steroid, juga anti inflamasi khususnya aspirin, merokok juga kafein

Gastritis kronis
Biasanya disebabkan oleh basil helicobacter pylori atau gangguan autoimun. Dimana pengikisan lapisan dari dinding lambung berlangsung bertahap terjadinya iritasi dan ulkus pada dinding lambung yang terus berkembang.

Penyakit gastritis atau maag sesungguhnya cukup sulit ditangani baik yang bersifat akut maupun kronis. Banyak orang yang menyepelekan dilema ini padahal harus mendapat perawatan dan penanganan yang intensif mengatur pola dan sajian makan juga minum penyakit gastritis tidak bertambah parah.

Itulah beberapa penyebab penyakit gastritis atau maag.


Sumber http://www.emingko.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Penyebab Penyakit Gastritis Atau Maag"

Posting Komentar