Pemanfaatan Metode Hidroponik Pada Semua Jenis Tanaman

Membahas metode penanaman memakai sistem hidroponik tentunya mengarah pada berkebun yang tidak memanfaatkan lahan yang terlalu luas. Hidroponik merupakan metode penanaman tumbuhan yang ditemukan oleh agronomis DR. Wf Gericke. Dimana hidroponik merupakan cara bercocok tanam tanpa memakai tanah sebagai media tanamnya. Sehingga bercocok tanam dengan metode ini lebih memanfaatkan media tanam menyerupai belahan genting, pasir, batu ataupun gabus,


Teknik Bercocok Tanam Dengan Hidroponik


Terdapat 6 teknik yang dipakai dalam bercocok tanam dengan sistem hidroponik yang mana setiap teknik tentunya mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing, diantaranya adalah:


Wick System


Membahas metode penanaman memakai sistem  Pemanfaatan Metode Hidroponik Pada Semua Jenis Tanaman


Sebagai teknik yang paling banyak dipakai para penggemar hidroponik pemula, teknik ini memang terbilang sederhana dan praktis. Dimana tumbuhan ditanam atau diletakkan di atas suatu wadah yang berisi air dan adonan nutrisi hidroponik. Teknik ini sangat cocok untuk tumbuhan kecil.


Ebb & Flow system


Membahas metode penanaman memakai sistem  Pemanfaatan Metode Hidroponik Pada Semua Jenis Tanaman


Teknik ini memanfaatkan pompa yang mempunyai timer. Dimana terdapat terusan air yang siap menyiram tanaman, sedangkan air yang disiram ke tumbuhan dan meresap akan kembali ke wadah penampungan air lagi, dan begitu seterusnya.


 Nutrient Film Technique System


Membahas metode penanaman memakai sistem  Pemanfaatan Metode Hidroponik Pada Semua Jenis Tanaman


Setelah Wick System, sistem Nutrient Film Technique atau yang biasa disebut NFT juga termasuk banyak dipakai untuk menanam tumbuhan secara hidroponik. Pasalnya tumbuhan ditempatkan pada wadah atau tabung yang akarnya menggantung, kemudian pada dalam tabung tersebut dialiri larutan air dan nutrisi. Sistem ini paling banyak dipakai ketika menanam sayuran secara hidroponik.


Aeroponic System


Membahas metode penanaman memakai sistem  Pemanfaatan Metode Hidroponik Pada Semua Jenis Tanaman


Dengan memakai teknik ini akan memperoleh hasil yang lebih cepat di bandingkan teknik lainnya. Pasalnya larutan nutrisi yang diberikan berbentuk kabut yang eksklusif sanggup diserap oleh akar dan kandungan oksigen dalam tumbuhan semakin banyak.


Drip System


Membahas metode penanaman memakai sistem  Pemanfaatan Metode Hidroponik Pada Semua Jenis Tanaman


Sistem ini mengandalkan pompa, dan juga timer. Dimana ketika pompa menyala sehabis timer diset, maka kan tetesan air akan menjatuhi tumbuhan hidroponik.


Water Culture System


Membahas metode penanaman memakai sistem  Pemanfaatan Metode Hidroponik Pada Semua Jenis Tanaman


Tanaman di rakit pada daerah tertentu, kemudian akar eksklusif di celupkan pada air yang di pompa dan mendapat diffuser udara. Dengan demikian akan muncul banyak gelembung yang mengandung oksigen.


Kelebihan Bercocok Tanam Dengan Hidroponik


Tentunya banyak orang yang mulai menyukai sistem bercocok tanam hidroponik tentunya mempunyai alasan. Dimana alasan tersebut tentunya merupakan kelebihan dalam bercocok tanam dengan hidroponik, diantaranya yaitu hanya memanfaatkan lahan yang tidak luas atau dengan kata lain lebih efisien. Kelebihan selanjutnya hasil panen dinilai dari kualitas dan kuantitas lebih tinggi dan bersih. Selanjutnya penggunaan pupuk dan air lebih efisien serta sanggup di atur. Selain itu sanggup memanfaatkan media tanam selain tanah serta lebih tahan hama dan gangguan penyakit


Tumbuhan Yang Bisa Di Tanam Dengan Hidroponik


Pada umumnya semua tumbuhan sanggup di tanam dengan memakai metode hidroponik. Mulai dari tumbuhan yang tergolong tumbuhan vegetative ataupun generative sanggup dikembangkan dengan metode hidroponik ini. namun para pemula di dunia hidroponik menentukan tumbuhan yang sederhana, hal tersebut bertujuan untuk mendapat pengalaman dahulu dalam proses belajar. Sehingga mereka menentukan tumbuhan yang gampang dirawat bagi pemula. Namun bekerjsama banyak sekali jenis tumbuhan sanggup dibudidayakan dengan metode hidroponik, diantaranya adalah:


Tanaman Jenis Buah dan Sayur


Memiliki tumbuhan hidroponik yang berupa jenis buah dan sayur tentunya sanggup dinikmati sendiri. Dalam hal ini, tanaman jenis buah yaitu tumbuhan yang menghasilkan buah yang mana dimanfaatkan insan dalam kebutuhan sehari-hari yaitu tomat, cabai, brokoli, paprika, strawberry, melon. Sedangkan tanaman sayuran daun merupakan sayuran yang diambil daunnya untuk dikonsumsi, menyerupai daun bawang, bayam, selada dan masih banyak lagi


Tanaman Jenis Bunga-Bunga dan Pohon Hias


Selain tumbuhan sayur dan buah-buahan, sistem hidroponik ini sanggup dipakai untuk membesarkan tumbuhan bunga-bunga. Dengan demikian menanam tanaman bunga dengan metode hidroponik sanggup dijadikan taman yang indah di halaman rumah. Terdapat beberapa jenis bunga yang sanggup Anda jadikan tumbuhan hidroponik yang akan anda pilih diantaranya bunga mawar, melati, aster, kamboja dan masih banyak lagi. Mengenai tanaman hias pohon yang sanggup dikembangkan dengan hidroponik yaitu kaktus, lidah buaya, spider plant.


Tanaman Jenis Semak


Tanaman yang sanggup dibudidaya dengan metode hidroponik tidak hanya tanaman buah, sayuran dan juga tanaman hias. Pasalnya jenis tumbuhan semak juga sanggup ditanam dengan hidroponik yaitu jawer kotok, iler dan talas-talasan.


Dapatkan banyak sekali keperluan / perlengkapan hidroponik disini dan banyak sekali benih / bibit tumbuhan disini. Untuk lebih lengkapnya silahkan kunjungi toko online kami bibitbunga.com.



Sumber https://bibitbunga.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Pemanfaatan Metode Hidroponik Pada Semua Jenis Tanaman"

Posting Komentar