Cara Budidaya Burung Nuri Pelangi – Perawatan Hingga Anakan

 masih seputar topik burung kicau yang akan kita bahas pada kesempatan ini Cara Budidaya Burung Nuri Pelangi – Perawatan Sampai AnakanCara budidaya burung nuri pelangi, masih seputar topik burung kicau yang akan kita bahas pada kesempatan ini. Pesona burung kicau masih menarik untuk selalu di bahas.


Terlebih lagi burung nuri merupakan burung salah satu jenis burung kicau yang tidak hanya mempunyai keunikan kicauan namun juga mempunyai warna dan corak bulu yang indah. Salah satu yang cukup menarik perhatian yaitu burung nuri pelangi yang mempunyai pesona yang begitu eksotis. Hal tersebut nampak pada warna bulunya yang begitu indah dengan warna yang kontras mirip pelangi.


Selain itu juga, bunyi kicauan burung nuri termasuk cukup mumpuni untik dipertandingkan dalam kontes burung kicau. Maka tidak heran kalau kemudian burung yang satu ini menjadi primadona dan banyak di buru. Tidak hanya bagi para pecinta burung kicau namun juga, bagi pemula pesona burung nuri pelangi bisa menarik perhatian luas. Meskipun kalau disandingkan dengan burung kicau terkenal lainnya nuri pelangi masih kalah, namun bagi anda pemula tentunya membudidayakan burung ini sanggup menjadi sarana berguru dalam budidaya burung kicau.


Secara teori budidaya burung nuro pelangi hampir sama dengan budidaya burung kicau pada umumnya. Proses budidaya diawali dengan tahapan persiapan, selanjutnya dilakukan budidaya sampai kemudian mendapat anakan baru. Namun, pastinya akan selalu ada tantangan, sehingga anda tetap membutihkan embel-embel pengetahuan. Bagaimana cukup menarik bukan, bagi anda yang berminat untuk mencobanya maka sanggup memperhatikan 6 cara budidaya burung nuri pelangi berikut ini :


1. Kenali Karakteristik Burung Nuri Pelangi


Tak kenal maka tak sayang, pepatah ini memang benar adanya lantaran kalau tidak mengenal karakteristik burung nuri pelangi maka tentu kita tidak akan mendapat hasil maksimal dalam budidaya. Perlu menjadi catatan yaitu bahwa burung nuri terbiaaa hidup di alam bebas, sehingga dikala hidup dalam lingkungan budidaya maka tentu haris di buat senyaman mungkin biar burung todak stres. Nuri pelangi cenderung gampang stres, kalau mengalami stres berlebihan maka burung akan enggan kawin dan pastinya tidak akan bisa menghasilkan telur.


Selain itu, burung nuri pelangi juga menyukai lingkungan yang sejuk. Kaprikornus usahakan sekali untuk menjaga lingkungan budidaya biar tetap lembab dan sejuk. Jika cuaca panas maka anda harus telaten menyiramkan air untuk menurunkan suhu dan juga menyediakan selalu air minum. Sebab dalam kondisi ini, buruang akan lebih cepat mengalami dehidrasi, kalau tidak di lakukan maka dikhawatirkan akan berakibat kepada keselamatan burung sebgaimana dalam cara budidya burung nuri bayan .


2. Bedakan Indukan Jantan dan Betina


 masih seputar topik burung kicau yang akan kita bahas pada kesempatan ini Cara Budidaya Burung Nuri Pelangi – Perawatan Sampai AnakanSebagai pembudidaya, anda harus bisa membedakan antara indukan jantan dan betina. Dalam hal ini dibitihkan pengetahuan biar sanggup membedakan indukan jantan dan betina secara visual mirip yang dilakukan pada cara budidaya burung finch.


Terutama baginpara pemula, lantaran kalau tidak sanggup membedakan keduanya maka tentu budidaya tidak akan sanggup dilakukan secara efektif. Nah, meskipun sedikit sulit dibedakan namun ada beberapa hal yang sanggup diamati untuk sanggup membedakan kedua indukan dengan memperhatikan beberapa Kriteria berikut ini :



  • Indukan janta mempunyai corak warna bulu pada kepingan dada yang lebih gelap dengan warna orange atau jingga yang kalau dibandingkan dengan indukan betina yang warna bulunya lebih pudar, jadi perhatikan baik baik ya.

  • Selanjutnya dada burung jantan sedikit lebih tebal kalau dibandingkan dengan burung betina.

  • Untuk kepala burung nuri pelangi jantan bentuknya lebih persegi, sedangkan nuri betina lebih membulat.

  • Perilaku burung betina dan janta juga sanggup dibedakan dari perilaku burung jantan yang lebih bahagia membusungkan dadanya sebagai cara untuk mengancam burung lain yang ingin mengambil makanannya.


3. Pemilihan Lokasi Budidaya


Lokasi budidaya merupakan hal yang harus dipertimbangkan dalam budidaya burung nuri pelangi. Perlu dicatat bahwa semua jenis burung kicau sangat gampang stres salah satu faktor penyebabnya yaitu kalau ada bunyi bising. Oleh lantaran itu, maka tentu anda harus mempertimbangkan untuk menentukan lokasi budidaya yang sepi dan jauh dari keramaian sebgaimana  cara budidaya ayam ketawa. Hal ini tidak lain yaitu untuk mencegah burung nuri pelangi biar tidak mengalami stres. Sebab tingkat stres yang tinggi akan sanggup mengakibatkan burung tidak mau berkicau dan enggan kawin.








Selain menentukan lokasi yang tidak bising, hal lain yang perlu diperhatikan yaitu lokasi budidaya harus sejuk dan tidak terpapar sinar matahari penuh. Anda bisa menentukan kepingan belakang halaman rumah anda. Selain itu juga lokasi yang aman dengan udara sejuk dan kelembaban serta suhu terjaga akan menciptakan pertumbuhan dan perkembangan birung nuri pelangi tertopang dengan baik. Oleh lantaran itu, sebelum memulai budidaya maka pastikan anda mempunyai lokasi yang strategis dan sesuai serta bisa mendukung budidaya.


4. Menjodohkan dan Mengkawinkan Burung Nuri Pelangi


 masih seputar topik burung kicau yang akan kita bahas pada kesempatan ini Cara Budidaya Burung Nuri Pelangi – Perawatan Sampai AnakanDalam budidaya burung, terutama burung kicau, proses budidaya harislah dibantu oleh insan terutama pada tahapan menjodohkan sampai proses kawing berhasil. Jika di alam bebas mungkin burung akan melaksanakan perkawinan mirip halnya mereka lakukan. Namun dalam budidaya, insan lah yang harus membantu proses ini biar berlangsung sebgaimana  cara budidaya ayam hutan hijau . Adapun dalam tahapan ini, harus diawali dengan cara berikut ini :



  • Tempatkan kedua indukan dalam dua sangkar yang terpisah.

  • Kemudian, posisikan sangkar berhadap hadapan.

  • Agar indukan jantan dan betina sanggup saling melihat dan berinteraksi.

  • Waktu perjodohan sendiri dapai bervariasi tergantung dari respon kedua indukan.

  • Jika kedua indukan sudah memasuki masa birahi maka keduanya akan memperlihatkan reaksi siap kawin dan saling bersikap agresif.

  • Maka selanjutnya anda sanggup menempatkan keduanya dalam satu sangkar biar melaksanakan perkawinan.

  • Selama berada dalam satu sangkar berikan pakan nutrisi embel-embel yakni berupa pakan kroto yang berfubgsi untuk meningkatkan kualitas telur dan anakan.

  • Ketika proses kawin berhasil maka pribadi siapkan sarang di dalam kandang, biar betina sanggup pribadi meletakkan telurnya di dalam sarang.








5. Manajemen Pemberian Pakan dan Minum


 masih seputar topik burung kicau yang akan kita bahas pada kesempatan ini Cara Budidaya Burung Nuri Pelangi – Perawatan Sampai AnakanJika di habitat aslinya burung nuri pelangi biasa mencari pakan sendiri, maka dalam budidaya tentu pakan harus disediakan oleh pembudidaya. Dalam hal ini jenis pakan yang sanggup dipakai yaitu pakan khusua biring kicau yang sanggup anda dapatkan dengan gampang di toko toko penjualan pakan. Selain pakan voer buatan anda juga wajib menawarkan sumber nutrisi lain biar tentunya burung sanggup menghasilkan keturunan yang berkualitas dan unggul baik dari segi kualitas warna bulu dan juga kicauan mirip juga pada cara budidaya ayam jawa super.


Penting juga untuk menawarkan pakan dan minum secara proporsional, lantaran kalau terlalu banyak diberikan dalam sekali dukungan maka dikhawatirkan akan banyak menyisakan sisa pakan sehingga menjadikan sangkar menjadi kotor serta juga sanggup menjadikan resiko penyakit pada burung. Oleh lantaran itu dukungan pakan yang paling efektif yaitu menawarkan pakann dalam porsi yang sedikit sedikit namun teratur.


6. Aktivitas Memandikan Burung


Kualitas burung kicau tidak hanya ditentukan oleh kicauannya saja, namun juga kualitas buku serta cirak dan warna yang menarik. Nuri pelangi mempunyai nilai estetika yang tinggi, swbab corak warna bulunya sangat eksotis dan didominasi dengan warna cerah. Maka untuk merawatnya anda perlu untuk memandikan burung nuri pelangi setiap pagi. Setelah dimandikan dengan cara disemprotkan air kebagian bulunya, maka buring sanggup dijemur dibawah terik matahari dari pukul 7-9 pagi. Lakukam acara ini setiap hari biar kualitas bulu semakin baik.


Nah, Itulah tadi pembagian terstruktur mengenai mengenai 6 Cara budidaya burung nuri pelangi. Selamat mencoba dan semoga sanggup bermanfaat.



Sumber https://ilmubudidaya.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Cara Budidaya Burung Nuri Pelangi – Perawatan Hingga Anakan"

Posting Komentar