√ Ini Pentingnya Kemasan Produk Untuk Ukm, Wajib Tahu Dari Sekarang!

Kerasnya persaingan pasar UKM ternyata tak menjamin produk berkualitas bagus selalu ramai  √ Ini Pentingnya Kemasan Produk Untuk UKM, Wajib Tahu Dari Sekarang!Kerasnya persaingan pasar UKM ternyata tak menjamin produk berkualitas bagus selalu ramai diserbu pembeli. Pasalnya, kini ini konsumen tidak hanya melihat kualitas produknya saja, tapi cenderung lebih tertarik dengan tampilan desain kemasan yang membungkusnya.


Pelanggan akan jatuh cinta pada produk UKM kalau tampilannya anggun dan menarik. Sayangnya, hingga hari ini kasus kemasan produk masih sering disepelekan pelaku UKM. Pertama lantaran masih keberatan dengan biaya produksi kemasan, kedua lantaran UKM belum mengerti dimana mereka harus pesan kemasan produk.


Terkait hal ini, Dosen Prodi S1 Gizi Stikes Husada Borneo Banjarbaru Christina Mumpuni Erawati beberapa waktu yang kemudian menjelaskan perihal pentingnya kemasan bagi pelaku UKM untuk mengetahui karakteristik produk, segmen pasar dan luasan distribusi produknya.


Dilansir dari Banjarmasin.tribunnews.com, Christin mengungkapkan bahwa kemasan produk untuk UKM khususnya yang dipakai untuk mengemas kuliner fungsi utamanya untuk melindungi produk dari kerusakan kimiawi akhir migrasi pewarna atau tinta kemasan, serta dari gangguan biologis ibarat semut, lalat dan yang lainnya.


Fungsi Kemasan Primer dan Sekunder


Kerasnya persaingan pasar UKM ternyata tak menjamin produk berkualitas bagus selalu ramai  √ Ini Pentingnya Kemasan Produk Untuk UKM, Wajib Tahu Dari Sekarang!“Sebenarnya ada dua jenis kategori kemasan produk kuliner yakni primer dan sekunder. Kemasan primer mempunyai fungsi utama untuk melindungi produk dari kerusakan yang disebabkan faktor kimia ataupun biologis dan banyak dibentuk dari materi plastik,” ujarnya.

style="display:block"
data-ad-client="ca-pub-6037247388376359"
data-ad-slot="5485024081"
data-ad-format="link">



Ia juga menghimbau, harusnya pada kemasan kuliner juga dicantumkan pula keterangan dasar produk ibarat komposisi produk, tanggal kadaluarsa, brand produk, dan ijin resmi ibarat PIRT atau BPOM dan sertifikasi halal.


Sedangkan untuk kemasan sekunder fungsinya melindungi produk dan kemasan primer. Umumnya kemasan sekunder terbuat dari materi kertas tebal atau kaleng yang menunjukkan faktor rigid sehingga sanggup melindungi produk yang gampang patah atau remuk selama proses pengiriman berlangsung.


“Kemasan sekunder ini juga biasanya menjadikan kesan evaluasi yang lebih baik di mata konsumen, lantaran tentunya selain lebih menarik namun juga dinilai lebih sanggup menjaga kehigienisan produk di dalamnya,” kata Christin dikutip dari Banjarmasin.tribunnews.com.


Pastinya biaya untuk menciptakan kemasan sekunder lebih mahal dibanding hanya memakai kemasan primer.


“Karena itu pelaku UKM harus tau segmen produk untuk siapa dan di distribusikan kemana. Soalnya harga juga bakal jadi faktor pertimbangan penting untuk pelaku UMKM,” kata Christin.


Pada kesempatan tersebut, praktisi pangan ini juga memberikan khusus kemasan produk harus mengantongi sertifikasi food grade. Saat ini bahan kemasan makanan food grade sudah banyak macamnya, tergantung produk yang akan dikemas.Kerasnya persaingan pasar UKM ternyata tak menjamin produk berkualitas bagus selalu ramai  √ Ini Pentingnya Kemasan Produk Untuk UKM, Wajib Tahu Dari Sekarang!


“Untuk materi kemasan plastik, beberapa materi yang banyak dipakai ibarat PP, PE, HDPE dan LDPE, dan untuk kemasan dari materi kertas pun juga mempunyai beberapa jenis. Faktor yang diperhatikan dalam pemilihan materi kemasan UKM yakni permeabilitas air, lemak dan udara. Untuk kemasan plastik, tingkat leleh juga perlu diperhatikan,” imbuhnya.

style="display:block; text-align:center;"
data-ad-layout="in-article"
data-ad-format="fluid"
data-ad-client="ca-pub-6037247388376359"
data-ad-slot="7037953167">



Saat ini sudah banyak penyedia jasa produksi kemasan yang sanggup membantu UKM meningkatkan nilai jual produknya di pasaran. Salah satunya saja ibarat Dikemas.com yang membuka layanan jasa produksi kemasan sesuai dengan jenis produk yang akan dikemas. Sebut saja ibarat kemasan gula pasir, kemasan kopi bubuk, kemasan minyak goreng, kemasan snack, dan lain sebagainya.


Nah, buat kalian yang masih resah memilih desain kemasan yang sesuai dengan jenis produk yang kau pasarkan, sanggup konsultasi dengan menghubungi tim support Dikemas.com melalui email: marketing@dikemas.com atau mobile : 0812-1511-1415. Semoga bermanfaat!



Sumber aciknadzirah.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "√ Ini Pentingnya Kemasan Produk Untuk Ukm, Wajib Tahu Dari Sekarang!"

Posting Komentar