Gejala Meningitis Radang Selaput Otak

Gejala Meningitis Radang Selaput Otak - Selama ini yang dianggap sebagai organ paling kuat di dalam badan insan yaitu jantung alasannya yaitu memang sering muncul anggapan bahwa jikalau jantung berhenti maka sudah sanggup dipastikan seseorang telah meninggal. Sebenarnya organ sentral yang paling vital yaitu otak alasannya yaitu beliau mengendalikan semua sistem yang bekerja di dalam badan mulai dari saraf, hormon, metabolisme bahkan sistem motorik juga pikiran dan psikologis seseorang. Otak terdiri dari jaringan saraf yang ada di potongan cranium atau kepala yang mempunyai miliaran sel saraf bekerja secara sistematis.

Seperti halnya dengan kulit otak juga mempunyai beberapa lapisan yang terdiri dari tiga lapis yaitu piameter, arachnoid, durameter. Dalam bahasa indonesia lapisan tersebut sering disebut dengan selaput otak.

 Selama ini yang dianggap sebagai organ paling kuat di dalam badan insan yaitu j Gejala Meningitis Radang Selaput Otak
Gejala Meningitis Radang Selaput Otak

Selaput otak atau meningen ini merupakan jaringan yang sangat tipis namun diantaranya terdapat cairan disebut cairan serebrospinal alasannya yaitu memang beliau berada diantara cerebral sampai ke tulang belakang atau spinal. Meningen atau selaput otak inilah yang biasanya sanggup mengalami duduk kasus kesehatan bisul dengan istilah penyakit meningitis radang selaput otak.

Sebelumnya Anda juga perlu tahu beberapa faktor yang sanggup menjadi penyebab penyakit meningitis radang selaput otak, alasannya yaitu sekarang kita akan membahas tanda-tanda meningitis radang selaput otak.

Nyeri atau sakit kepala
Sakit kepala muncul alasannya yaitu adanya proses inflamasi pada bisul selaput otak dimana biasanya terjadi peradangan yang lalu direspon oleh jaringan saraf sekitarnya. Selanjutnya meningkatkan "serangan" antibodi ke area meningen dengan tujuan sanggup "membunuh" antigen kuman virus, kuman, maupun jamur penyebab meningitis radang selaput otak.

Demam
Peningkatan suhu badan atau istilah lainnya demam juga menjadi potongan dari proses inflamasi jaringan selaput otak. Gejala ini muncul dikala sistem saraf meresponnya dengan meningkatkan suplai darah ke area meningen.

Penurunan kesadaran
Pada masalah bisul meningitis radang selaput otak dengan stadium yang lebih parah sanggup menimbulkan terjadinya penurunan tingkat kesadaran. Kasus yang lebih ekstrim bahkan menjurus ke keadaan koma.

Sejalan dengan penurunan kesadaran pada penderita penyakit meningitis radang selaput otak maka secara pribadi akan berdampak pada penurunan respon sensorik dan motorik.

Fotofobia
Fotofobia merupakan istilah yang ditujukan pada seseorang dengan kondisi kesehatan takut dengan cahaya jelas atau sinar yang juga terjadi pada penderita meningitis sering merasa silau terganggu oleh cahaya.

Terjadi kejang
Terganggunya sistem kerja saraf alasannya yaitu bisul selaput otak menimbulkan korelasi antara satu sel saraf dengan sel lainnya mengalami crash sehingga sanggup menimbulkan terjadinya kejang. Gejala meningitis radang selaput otak ini cukup umum terjadi khususnya pada keadaan yang sudah mendekati stadium parah.

Peningkatan TIK
Cairan serebrospinal yang tadi kita kenal di dalam jaringan selaput otak mempunyai tekanan yang sering disebut dengan tekanan intrakranial. Apabila terjadi meningitis tekanannya sanggup meningkat tajam dan ini juga sanggup menjadi faktor penyebab penurunan kesadaran dan terjadinya kejang.

Perdarahan pada otak
Tingginya tekanan intrakranial juga sanggup memicu peningkatan tekanan vaskuler pada otak sehingga tinggi risiko mengalami pecahnya pembuluh darah otak.

Itulah beberapa tanda-tanda meningitis radang selaput otak yang selama ini menjadi trending penyakit dengan tingkat kematian yang cukup tinggi.


Sumber http://www.emingko.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Gejala Meningitis Radang Selaput Otak"

Posting Komentar