Cara Perawatan Cabe Di Demam Isu Hujan – Semoga Panen Tetap Sukses!

Tanaman cabai sebetulnya bisa menyesuaikan diri dengan segala kondisi lingkungan dan cuaca Cara Perawatan Cabai di Musim Hujan – Agar Panen Tetap Sukses!Tanaman cabai sebetulnya bisa menyesuaikan diri dengan segala kondisi lingkungan dan cuaca. Baik itu ketika panas atau isu terkini kemarau, maupun ketika isu terkini hujan, dengan catatan tumbuhan cabai dirawat dengan baik dan tepat. Kendati demikian, harus diakui bahwa cara perawatan cabai di isu terkini hujan mempunyai hambatan yang lebih berat kalau dibandingkan dengan menanam cabai vertikultur di pekarangan rumah.


Tantangan-tantangan tersebut kerap kali muncul dari munculnya banyak sekali penyakit dan serangan hama tanggapan curah hujan dan kelembapan yang cukup tinggi. Namun di sisi lain, budidaya tumbuhan cabai di isu terkini hujan mendatangkan laba lantaran bisa lebih menghemat tenaga dan air lantaran tidak perlu lagi disiram.


Memang banyak plus minus yang akan kita jumpai ketika menanam cabai di isu terkini hujan, untuk itulah, diharapkan keterampilan dan juga cara perawatan yang sempurna semoga tumbuhan cabai kita tetap bisa panen besar meskipun dilanda isu terkini hujan.


Ikuti sejumlah tips dan trik perawatan cabai di isu terkini hujan yang sudah kami susun untuk Anda di bawah ini.


Cara Perawatan Cabai di Musim Hujan


Perlakuan intensif ketika isu terkini hujan tiba tidak hanya berlaku untuk tanamannya saja, namun pengolahan lahan pun wajib menjadi prioritas utama kita, ibarat ketika kita mengolah lahan yang sesuai untuk menanam pokok jagung. Berikut ini langkah-langkah taktis untuk meminimalisir kerugian budidaya cabai ketika isu terkini hujan.


1. Membuat Bedengan dengan Ukuran yang Lebih Tinggi


Menjelang isu terkini hujan datang, Anda harus mulai menyiapkan bedengan yang lebih tinggi, utamanya kalau lahan pertanian cabai Anda terletak di tempat yang datar ibarat persawahan. Bedengan yang lebih tinggi ini sanggup menghindarkan tumbuhan cabai Anda terendam oleh genangan air.


Genangan air yang merendam lahan dalam waktu usang sanggup menyebabkan lahan menjadi becek dan lembab. Dalam hal inilah tumbuhan cabai jadi rentan terjangkit hama dan penyakit yang disebabkan oleh basil serta jamur.


2. Memilih Bibit Cabai dengan Varietas yang Sesuai


Agar tumbuhan cabai Anda sanggup tumbuh dengan baik, ketika proses penanaman pilihlah bibit cabai dengan varietas unggulan dan sesuai dengan kondisi lahan yang bercurah hujan tinggi. Adapun jenis-jenis bibit cabai yang tahan terhadap isu terkini hujan adalah: Rabani Agrihorti untuk jenis cabai rawit, dan Kencana dan Ciko untuk jenis cabai besar / keriting.


Tanaman cabai sebetulnya bisa menyesuaikan diri dengan segala kondisi lingkungan dan cuaca Cara Perawatan Cabai di Musim Hujan – Agar Panen Tetap Sukses!3. Menggunakan Plastik Mulsa


Cara perawatan cabai di isu terkini hujan selanjutnya sanggup memakai plastik mulsa. Memang penggunaan plastik mulsa ini akan membutuhkan pengeluaran produksi ekstra, namun mengingat kebutuhan serta manfaat yang nantinya kita dapatkan, tentu biaya produksi tersebut akan tertutupi dengan laba ketika panen.


Plastik mulsa berfungsi untuk menjaga kelembapan tanah pada lahan pertanian semoga tetap stabil sehingga bisa meminimalisir kehadiran jamur serta bakteri. Selain itu, dengan menutup lahan memakai plastik mulsa, lahan pertanian akan terhindar dari genangan air dan gulma yang cepat muncul ketika isu terkini pengujan. Demikian pula cara menanam ubi jalar sistem mulsa plastik dapat Anda pelajari dengan mudah.


4. Mengatur Jarak Tanam


Jarak tanam ternyata sangat besar lengan berkuasa terhadap perkembangan banyak sekali jenis penyakit cabai. Jika Anda memulai budidaya cabai di isu terkini hujan, maka sebaiknya Anda mengatur jarak tanam cabai menjadi lebih lebar. Jarak tanam yang terlalu rapat bisa saja menyebabkan tanah menjadi lebih lembab dan mengundang hadirnya jamur serta banyak sekali penyakit yang mengancam. 







Tanaman cabai sebetulnya bisa menyesuaikan diri dengan segala kondisi lingkungan dan cuaca Cara Perawatan Cabai di Musim Hujan – Agar Panen Tetap Sukses!5. Pengaturan pH pada Lahan


pH tanah yang ideal untuk tumbuhan cabai ialah antara 5,5 hingga 6,5. Lakukanlah pengecekan pH tanah sebelum memulai budidaya cabai. Jika diketahui pH terlalu rendah, maka Anda bisa menaburkan kapur dolomit secara merata dan biarkan terkena air hujan.


pH lahan budidaya yang terlalu rendah tersebut bisa menjadi sarang pertumbuhan jamur dan bakteri.


6. Gunakan Trichoderma sp


Selama perawatan cabai di isu terkini hujan, Anda juga sanggup mengndalkan Trichoderma sp. Cendawan ini dikenal sebagai biofungisida yang bisa menekan pertumbuhan jamur patogen. Hasilnya, tumbuhan pun sanggup tumbuh lebih subur dan lebih tahan selama isu terkini hujan berlangsung.Cara menciptakan pupuk Tricoderma dapat Anda lakukan dengan gampang di rumah.


Pengaplikasian Trichoderma sp ini sebaiknya dilakukan pada awal proses pengolahan tanah atau sebelum penanaman bibit cabai.


7. Berikan Pupuk yang Seimbang


Saat isu terkini hujan tiba, sebaiknya Anda mengurangi penggunaan pupuk dengan kandungan nitrogen tinggi, alasannya nitrogen bersifat menurunkan pH dalam tanah sehingga tumbuhan cabai jadi rentan terjangkit penyakit. Pemupukan lebih baik dilakukan secara seimbang semoga cabai tidak kekurangan nutrisi namun juga tetap terjaga kesehatannya.


Jika Anda berminat mempelajari pembuatan pupuk NPK dengan komposisis sesuai kebutuhan, silahkan pelajari cara menciptakan pupuk NPK sendiri







8. Memantau Pertumbuhan Hama dan Penyakit


Agar Anda bisa mencegah perkembangbiakan hama sedini mungkin, maka pengecekan atau pemantauan terhadap ledakan populasi hama perlu dilakukan secara intensif. Gunakan pestisida atau fungisida yang sempurna guna dan sempurna takaran sehingga bibit-bibit hama bisa segera teratasi.


Lakukan pula penyemprotan pada waktu yang sempurna dengan memperhatikan cuaca dan penggunaan perekat, alasannya tidak semua pestisida mempunyai daya rekat yang kuat sehingga gampang hilang oleh air hujan.


Namun cara mengatasi hama yang resisten dan cara menciptakan pestisida alami untuk tumbuhan cabe perlu dilakukan untuk mengatasi hama yang yang telah kebal terhadap pestisida kimia.


Tanaman cabai sebetulnya bisa menyesuaikan diri dengan segala kondisi lingkungan dan cuaca Cara Perawatan Cabai di Musim Hujan – Agar Panen Tetap Sukses!9. Mengenali Jenis-Jenis Hama yang Kerap Muncul di Musim Penghujan


Cara perawatan cabai di isu terkini hujan tidak lepas dari pengenalan akan jenis-jenis hama yang biasa menyerang tumbuhan tersebut. Dengan adanya pengetahuan tersebut, maka Anda bisa melaksanakan penanganan yang sempurna target dalam membasmi hama serta penyakit yang menghinggapi tumbuhan cabai Anda.


Beberapa hama yang kerap mampir pada tumbuhan cabai di isu terkini hujan adalah: ulat buah, ulat grayak, jamur, bakteri, Pseudomas solanacearum, dan juga antrknosa.


10. Bersihkan Lahan Pertanian Secara Rutin


Kebersihan atau sanitasi lahan pertanian cabai sangat penting dilakukan, utamanya ketika isu terkini hujan tiba. Curah hujan yang tinggi biasanya akan mengundang munculnya banyak sekali hama yang mengganggu. Tidak hanya sekedar mengambil nutrisi dalam tanah, namun gulma tersebut kerap menjadi sarang hama dan penyakit yang mungkin saja menyerang tumbuhan Anda.


Cara perawatan cabai di isu terkini hujan tidaklah susah, namun harus dikerjakan dengan tepat, rutin dan juga telaten semoga lahan cabai Anda tetap bisa menghasilkan panen melimpah meski kelembapan tanahnya tinggi.



Sumber https://ilmubudidaya.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Cara Perawatan Cabe Di Demam Isu Hujan – Semoga Panen Tetap Sukses!"

Posting Komentar