Cara Menanam Kentang Hidroponik

Tahukah Anda bahwa kentang mempunyai banyak khasiat dan manfaat untuk badan sehingga sangat penting untuk dibudidayakan? Kentang merupakan materi masakan yang mempunyai banyak sekali khasiat dan manfaat, baik untuk kesehatan badan ataupun kecantikan. Kentang berasal dari keluarga umbi-umbian yang berasal dari negara Amerika dan telah dibudidayakan di banyak sekali negara di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Hal ini dikarenakan penanaman kentang cenderung sangat gampang dan mudah serta tumbuhan kentang sanggup tumbuh dengan cepat sehingga banyak orang yang membudidayakannya. Untuk itu, kali ini kami akan membuatkan mengenai manfaat kentang berikut cara gampang menanamnya.


Tahukah Anda bahwa kentang mempunyai banyak khasiat dan manfaat untuk badan sehingga sangat Cara Menanam Kentang Hidroponik
Kentang merupakan sayuran dari umbi-umbian yang kaya akan manfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Kini pembudidayaan kentang tidak hanya sanggup dilakukan pada lahan luas saja. Namun menanam kentang secara hidroponik sanggup menjadi solusi yang sempurna bagi Anda yang minim lahan.

Kentang banyak disukai orang alasannya yakni mempunyai rasa yang yummy dan merupakan sumber karbohidrat yang bisa menjadi pengganti masakan pokok. Bahkan di negara asalnya sendiri, kentang telah menjadi masakan pokok yang dikonsumsi sehari-hari. Dan di Indonesia sendiri, kentang sering dijumpai dalam banyak sekali bentuk masakan menyerupai kentang goreng, kentang rebus, keripik kentang, sup kentang, bergedel dan lain sebagainya. Meskipun begitu, kentang ini tidak mengandung banyak kalori sehingga tidak mengakibatkan kegemukan. Untuk itu, kentang memang seringkali dipakai sebagai sajian masakan diet sehat. Nah untuk lebih jelasnya, Anda bisa menyimak kandungan gizi kentang dan beberapa keuntungannya untuk kesehatan badan ataupun kecantikan berikut ini.


Manfaat Kandungan Kentang


Selain karbohidrat, kentang ini sangat kaya akan banyak sekali zat yang baik untuk kesehatan badan menyerupai fosfor, protein, zat besi, kalsium, kalium, magnesium, potasium, lemak nabati, dan banyak sekali vitamin menyerupai vitamin B3, vitamin B6 dan juga vitamin C. Dari kandungan gizi ini, kentang kemudian mempunyai banyak khasiat dan manfaat yang diantaranya yakni :


Mencegah kanker


Vitamin B6 yang dimiliki kentang ini bisa melawan pembentukan tumor yang beresiko tumbuhnya sel kanker di dalam badan menyerupai kanker prostat dan kanker rahim.


Mengatasi Hipertensi dan Kolesterol Tinggi


Dengan kandungan kalsium, kalium, magnesium dan potasium, kentang sangat berguna untuk menurunkan tekanan darah tinggi dan kadar kolesterol di dalam tubuh. untuk itu, kentang juga sangat cocok untuk menjadi sajian diet sehat.


Menyehatkan Jantung, Otak dan Saraf serta Tulang


Zat kalium serta B6 yang dimiliki kentang sangat bagus untuk kesehatan jantung serta otak. Selain itu, zat besi, fosfor, kalsium, magnesium dan juga seng yang ada di dalam kentang sangat bagus untuk kesehatan dan pertumbuhan tulang.


Mencegah Batu Ginjal


Zat besi dan kalsium yang dikandung kentang memang beresiko pada pembentukan kerikil di ginjal. Namun dengan magnesium yang juga dikandungnya, kentang juga sanggup menangkal pembentukan ini sehingga resiko kerikil ginjal menjadi lebih kecil.


Membasmi Jerawat dan Mengatasi Bengkak Pada Mata


Selain kesehatan, kentang juga mempunyai manfaat untuk kecantikan menyerupai membasmi jerawat yang membandel serta mata jerawat akhir tidur yang terlalu lama.


Tahukah Anda bahwa kentang mempunyai banyak khasiat dan manfaat untuk badan sehingga sangat Cara Menanam Kentang Hidroponik
Kentang bisa dipakai untuk membasmi jerawat dan menghilangkan bekasnya. Caranya, kentang tersebut dihaluskan dan dibentuk masker wajah atau juga bisa dengan menempelkan irisan-irisan kentang eksklusif pada wajah.

Setelah mengetahui perihal banyaknya manfaat yang dikandung kentang, Anda tentu semakin ingin membudidayakannya bukan? Dengan budidaya kentang, Anda dan keluarga tentu akan bisa lebih banyak menikmati akhirnya nanti dimana Anda juga sekaligus meningkatkan kesehatan diri dan keluarga Anda. nah cara menanam kentang yang akan kami bagikan kali ini yakni dengan memakai teknik hidroponik. Teknik ini sangat banyak digemari alasannya yakni mempunyai keunggulan menunjukkan banyak keuntungan. Dan sebelum memasuki pembahasan cara penanaman, Anda perlu tahu terlebih dahulu laba teknik hidroponik ini.


Keuntungan Penanaman Dengan Teknik Hidroponik


Teknik hidroponik merupakan salah satu teknik penanaman yang tidak membutuhkan tanah alasannya yakni memakai media air sebagai media tanamnya. Teknik ini sangat banyak digemari masyarakat terutama mereka yang tinggal di tempat perkotaan dimana tidak ada lahan yang cukup untuk bercocok tanam. Teknik hidroponikpun cenderung cocok untuk banyak sekali jenis tumbuhan sehingga membuatnya semakin populer. Sebelumnya juga telah dibahas secara singkat perihal kelebihan dan manfaat hidroponik. Selain itu, teknik ini juga sanggup menunjukkan Anda banyak laba lainnya. Diantaranya yakni :



  • Menggunakan air sebagai pengganti tanah sehingga tidak lagi memerlukan lahan ataupun pekarangan untuk menanam

  • Kemudahan dan keefisienan dalam menunjukkan nutrisi

  • Pemanfaatan sirkulasi untuk hal lain menyerupai akuarium misalnya

  • Hasil yang lebih maksimal

  • Kemudahan memanen

  • Kebersihan dan kesterilan yang terjamin

  • Jauh dari polusi nutrisi

  • Jauh dari tumbuhan yang beresiko menjadi pengganggu

  • Media tanam yang tahan usang dan produktif sampai bertahun-tahun

  • Pertumbuhan dan perkembangan yang lebih cepat


Tahapan Menanam Kentang Secara Hidroponik


Untuk melaksanakan penanaman kentang secara hidroponik, Anda harus mempersiapkan beberapa materi dan peralatan yang diharapkan menyerupai umbi kentang, cairan nutrisi, gelas beling atau wadah lain, serta tusuk gigi atau lidi. Untuk nutrisi kentang hidroponik, Anda bisa memakai nutrisi AB Mix yang memang diperuntukkan untuk tanaman-tanaman hidroponik dan bisa didapatkan di toko pertanian terdekat. Namun selain itu, Anda juga bisa membuatnya sendiri dengan harga yang cenderung lebih terjangkau. Jika Anda ingin membuatnya sendiri, siapkan hal-hal berikut :



  • Kotoran kambing atau ayam 1 karung

  • Dedak atau bekatul setengah karung

  • Jerami atau dedaunan 30 kg

  • Gula merah 100 gram

  • Bioaktivator 50 ml

  • Air higienis secukupnya

  • Wadah plastik atau bejana dengan tutupnya (gunakan wadah kedap suara)

  • Selang aerator yang transparan

  • Botol plastik bekas volume 1 liter


Catatan: Jumlah dari materi ini untuk penanaman dalam jumlah yang besar dengan hasil larutan yang mencapai 1000 liter nutrisi. Jika Anda hanya melaksanakan penanaman dalam jumlah kecil, Anda bisa mengurangi dengan jumlah yang secukupnya.


Setelah materi yang diharapkan siap, Anda bisa membuatnya dengan cara berikut ini :



  1. Lubangi tutup wadah dengan ukuran selang

  2. Bahan organik (jerami atau dedaunan) dipotong halus kemudian dicampur dengan kotoran kambing atau ayam sampai rata.

  3. Masukkan adonan materi tersebut ke dalam wadah yang telah dipersiapkan kemudian campurkan dengan air dalam jumlah setengah dari bahan. Aduk sampai larut.

  4. Larutkan gula merah dan bioaktivator dengan air 5 liter, kemudian aduk sampai rata.

  5. Masukkan larutan gula merah dan bioaktivator tersebut ke dalam wadah yang berisi larutan materi organik dan kotoran tadi.

  6. Tutup wadah tersebut dan masukkan selang aerator ke lubang yang telah ada. Pastikan tidak ada celah dimanapun.

  7. Isi botol plastik dengan ¾ air kemudian sisi selang yang lain dimasukkan ke dalam botol tersebut untuk menstabilkan suhu dan membuang gas dari wadah.

  8. Biarkan selama seminggu atau 10 hari. Nutrisi organik ini akan sukses bila tercium aroma fermentasi dari wadah tersebut.

  9. Setelah jadi, pupuk tersebut bisa disaring dengan memakai kain dan ampasnya bisa dijadikan sebagai pupuk padat.


Selanjutnya untuk menanam kentang secara hidroponik, berikut langkah-langkah yang harus Anda lakukan :



  • Pertama basuh umbi kentang dengan air sampai bersih

  • Kedua, tusukkan lidi atau tusuk gigi pada sisi-sisi umbi kentang utuh, atau Anda juga bisa membaginya menjadi 2 bagian. Hal ini dilakukan supaya kentang tidak karam ke dalam air dan tertahan dengan lidi atau tusuk gigi yang menahannya.

  • Kemudian isi gelas beling atau wadah yang telah Anda siapkan dengan cairan nutrisi yang juga telah Anda persiapkan.

  • Setelah itu, masukkan umbi pada wadah tersebut dengan posisi setengah umbi terendam dan sisanya diatas dengan tusuk gigi yang menahannya alasannya yakni posisinya yang menjulur keluar wadah.


Tahukah Anda bahwa kentang mempunyai banyak khasiat dan manfaat untuk badan sehingga sangat Cara Menanam Kentang Hidroponik
Benamkan setengah umbinya pada air dalam wadah dan setengahnya lagi dibiarkan berada diluar wadah dengan ditopang oleh tusuk gigi.

Tahukah Anda bahwa kentang mempunyai banyak khasiat dan manfaat untuk badan sehingga sangat Cara Menanam Kentang Hidroponik
Anda bisa memakai umbi kentang utuh atau membagi umbinya menjadi dua bagian.


  • Terakhir letakkan wadah berisi umbi di tempat yang posisinya tersinari matahari untuk merangsang pertumbuhan daun dan batang dari umbi.


Tahukah Anda bahwa kentang mempunyai banyak khasiat dan manfaat untuk badan sehingga sangat Cara Menanam Kentang Hidroponik
Untuk mendapat hasil maksimal, letakkan wadah kentang hidroponik pada tempat yang sanggup terkena sinar matahari. Misalnya di teras atau di sisi jendela.

Nah itulah ulasan mengenai manfaat kentang dan cara menanamnya secara hidroponik yang sangat mudah. Anda bisa mencobanya eksklusif di rumah. Selamat bercocok tanam.


Bagi Anda yang ingin bercocok tanam secara hidroponik, Anda bisa membeli aneka perlengkapannya disini. Berbagai benih tumbuhan yang sanggup dibudidayakan secara hidroponik juga tersedia disini lho. Buruaan cek sebelum kehabisan! 🙂



Sumber https://bibitbunga.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Cara Menanam Kentang Hidroponik"

Posting Komentar