Bermain Game Windows Di Linux Melalui Steam Play

Kemarin, Valve memperkenalkan versi gres dari Steam Play. Versi ini membawa perkembangan yang cukup banyak dari apa yang ditawarkan sebelumnya dari layanan multi-platform tersebut. Salah satunya, pengguna kini sanggup bermain game Windows di Linux melalui Steam Play. Untuk mewujudukan hal ini, Valve telah bekerja dengan CodeWeavers selama dua tahun terakhir, membuatkan distribusi Wine yang telah dimodifikasi, yang disebut Proton.


Bermain Game Windows di Linux melalui Steam Play


Steam Play ialah layanan yang merupakan bab dari Steam Store yang diperkenalkan pada tahun 2010 lalu. Layanan ini memperlihatkan versi permainan multi-platform dengan pembelian tunggal. Yang berarti, pemain sanggup membeli game sekali dan memainkannya di Windows, macOS, atau Linux — asalkan game tersebut mempunyai versi yang tersedia di setiap platform.


Proton, versi modifikasi Wine yang dipakai Steam pada versi gres Steam Play, membawa beberapa perbaikan khusus untuk Wine, ibarat kinerja multi-threaded yang lebih baik, santunan layar penuh yang lebih baik, santunan controller game yang ditingkatkan, dan ketersediaan native Steamworks dan OpenVR libraries.


Baca juga: Discord Meluncurkan Game Store Sendiri ibarat Steam


Dikutip dari TechRadar, Valve mengklaim bahwa Proton didasarkan pada Vulkan, sebuah API grafis open-source terkenal yang bersifat multiplatform. Yang berarti, Vulkan diperuntukkan untuk sanggup berjalan di Windows, Linux dan macOS (dan sistem operasi lainnya); tidak ibarat API DirectX, yang hanya sanggup berjalan di Windows.


Karena ini merupakan versi awal dari Steam Play yang didukung Proton, tidak banyak game yang telah didukung. Versi yang kini juga masih belum mendukung game yang tidak ada di Steam; ibarat game dari EA yang tersedia di Origin. Sementara itu, meskipun Wine dan Proton sanggup berjalan di macOS, ketika ini Valve tidak mempunyai rencana untuk menghadirkan fungsi gres multi-platform gres Steam Play ini ke perangkat Apple. Per tanggal 23 Agustus 2018, berikut ialah daftar sementara game yang didukung:
























































Steam Play compatible games


Beat SaberBejeweled 2 DeluxeDoki Doki Literature Club!
DOOMDOOM II: Hell on EarthDOOM VFR
Fallout ShelterFATEFINAL FANTASY VI
Geometry DashGoogle Earth VRInto The Breach
Magic: The Gathering – Duels of the Planeswalkers 2012Magic: The Gathering – Duels of the Planeswalkers 2013Mount & Blade
Mount & Blade: With Fire & SwordNieR: AutomataPAYDAY: The Heist
QUAKES.T.A.L.K.E.R.: Shadow of ChernobylStar Wars: Battlefront 2
Tekken 7The Last RemnantTropico 4
Ultimate DoomWarhammer® 40,000: Dawn of War® – Dark CrusadeWarhammer® 40,000: Dawn of War® – Soulstorm​

Jika Steam Play di suatu hari sanggup menjadi mediator pengguna untuk memainkan game Windows di Linux dengan sempurna, maka hal ini tentu akan menjadi game-changer. Pengguna, khususnya gamer, akan mempertimbangkan kembali untuk memakai Windows sebagai OS default mereka; mengingat Windows memerlukan lisensi yang tidak murah untuk digunakan.



Sumber https://koalakontent.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Bermain Game Windows Di Linux Melalui Steam Play"

Posting Komentar