Begini Cara Budidaya Ikan Black Ghost Yang Baik Bagi Pemula

 Ikan hias jenis air tawar satu ini namanya memang kedengar angker Begini Cara Budidaya Ikan Black Ghost yang Baik Bagi PemulaBagi penggemar ikan hias pemula alias newbie mungkin asing dengan ikan berjulukan Black Ghost. Ikan hias jenis air tawar satu ini namanya memang kedengar menakutkan, namun hal itu tak menyerupai itu kedaanya. Hewan ini mempunyai tubuh yang memang nampak agak sedikit aneh, tapi abnormalitas itulah yang menimbulkan daya tarik ikan satu ini.


Ikan black ghost berasal dari banyak sekali wilayah  Amerika Selatan disepanjang Sungai Amazon, contohnya Ecuador, Guyana, French Guaiana, Columbia, Venezuela, Bolivia, Peru, Paraguay, dan Berasil. Karena perkembangan serta makin membludaknya para peminat menimbulkan binatang berjulukan latin Apteronotus Albifrons ini menyebar ke banyak sekali penjuru dunia, sampai ke Indonesia.


Ikan ini mempunyai sirip bawah yang nampak menyerupai kain tertiup angina, selain itu perawakan tubuhnya yang hampir seluruhnya dipenuhi dengan warna hitam kusam, dan hanya mempunyai sedikit warna putih yang meililit pada belahan ekor. Tak heran bila binatang ini dijuluki sebagai ikan setan hitam atau ikan black ghost.


Bukan itu saja, mempunyai hobi keluar pada waktu malam hari atau bisa dikatakan sebagai binatang noktunal menimbulkan lasan lain penamaan ikan ini sebagai ikan setan hitam. Waktu siang harinya, ikan black ghost akan lebih cenderung bersembunyi di belahan kawasan gelap dari pada berkeliaran menampakan keberadaannya.


Hewan dengan ukuran tubuh kurang lebih 50 cm ini juga mempunyai betuk tubuh hampir menyerupai pisau yang melebur dari kepala sampai tubuh melancip pada belahan perut. Ikan black ghost bergerak dengan memakai sirip yang ada pada belahan bawah tubuhnya sampai ekor dengan cara unik, yaitu tak jarang bergerak mundur.


Cara Budidaya Ikan Black Ghost


Bagi anda yang tertarik dengan ikan hias unik ini dan ingin membudidayakannya tak perlu risau, sebab seruan akan ikan black ghost tak pernah sepi alias banyak sekali permintaannya. Selain itu, budidaya ikan ini terbilang mengiurkan, sebab untuk penjualan ikan berumur 2 bulan saja sudah memperoleh penghasilan yang menjanjikan. Adapun cara budidaya ikan black ghost akan dijelaskan dibawah ini :



  1. Persiapan Aquarium


Cara budidaya ikan black ghost terbilang mudah, sama mudahnya dengan cara budidaya ikan leel di kolam beton, yang pertama harus dilakukan yaitu menyiapkan sangkar atau aquarium sebagai kawasan tumbuh dan berkembang biak. Siapkan aquarium dengan ukuran 100 x 40 x 40 cm (atau sesuai keiinginan), dengan ukaran tersebut sanggup di isi 10 ekor indukan.


Jangan lupa untuk menawarkan peralatan tambahan menyerupai aerator, filter, kawasan penempatan telur yang bisa berupa pakis (biasanya dipakai untuk menaman anggrek).


Penggunaannya pakis yaitu dengan cara ditumpuk, kemudian diberikan sekat berupa potongan lidi supaya terdapat cela. Tumpuk pakis memakai watu semoga bisa tenggelam, ini dikarenakan ikan black ghost sangat suka meletakan telurnya di sela-sela watu atau kayu.


Selain memasang perlengkapan tadi, untuk cara budidaya ikan black ghost diharapkan adanya tambahan aksesoris lain, contohnya kayu dengan warna hitam (akar bakau), atau bisa juga memakai bebatuan berwarna hitam. Aksesoris ini berfungsi sebagai kawasan bersmbunyi black ghost pada waktu siang hari. Tidak disarankan untuk memakai aksesoris berwarna terang atau mencolok, sebab penglihatan ikan jenis ini tak begitu besar lengan berkuasa dalam menahan cahaya atau warna -warna cerah, contohnya warna merah serta warna kuning. 








  1. Pemberian Air


Setelah aquarium sudah siap, langkah berikutnya yaitu mengisinya dengan air. Untuk air, tidak bisa sembarangan, sebab ikan black ghost membutuhkan air jernih dengan pH 6 sampai 7 dan suhu 26 – 27 derajat celcius. Maka itu, air sebaiknya diganti setiap 5 hari sekali dengan memakai air tanah yang sebelumnya sudah diendapkan selama 24 am dengan aerator. Bila kesulitan menemukan air tanah, anda bisa juga memakai air PAM, bila memakai air PAM sebelum dimasukkan ke dalam aquarium sebaiknya diendapkan terlebih dahulu selam 3 hari.



  1. Pemilihan Indukan


Salah satu kunci sukses cara budidaya ikan black ghost yaitu pemilihan indukan. Indukan yang baik diharapkan bisa menghasilkan anakan yang baik juga.  Sebelum menentukan indukan, sebaiknya ketahui ciri-ciri jantan dan betinanya, untuk mengetahuinya cukup gampang semudah cara budidaya ikan ramirezi, berikut ciri-cirinya :



  • Untuk indukan jantan akan mempunyai dagu yang lebih panjang. Badan lebih panjang, dengan ukuran mencapai 30 cm.

  • Sedangkan untuk sang betina mempunyai dagu lebih pendek dari pada si jantan. Badannya lebih pendek, dengan ukuran kisaran 15-23 cm.

  • Indukan yang baik untuk ikan black ghost yaitu lebih dari 1 tahun.

  • Indukan yang baik yaitu ikan black ghost dengan keadaaan sehat, tak cacat serta tidak terkena organisme penyakit di tubuhnya.



  1. Pembenihan Ikan Black Ghost


Pembenihan ikan black ghost berbeda dengan cara mengatasi sifat kanibaliesme pada ikan lele, untuk pebenihan ikan setan hitam ini bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu dengan pembenihan masal dan pembenihan berpasangan. Bila menentukan pembenihan masal maka lakukan langkah-langkah menyerupai ini :



  • Gunakan kolam khusus atau bisa memanfaatkan kolam fiber dengan ukuran 2,5 x 1,5 x 0,5 m (panjang x lebar x tinggi).

  • Disisi 20 ekor indukan.

  • Satu kolam tadi harus memakai perbandingan jantan dan betina sebanyak 8 :12.

  • Isi kolam dengan air higienis setinggi 30 cm. 







Cara kedua yaitu memakai pemijahan secara berpasangan, langkah ini berbeda dengan cara budidaya ikan mujair di kolam terpal, berikut step by step nya :



  • Umumnya pembenihan dengan cara berpasangan memerlukan aquarium berukuran 100 x 50 x 40 cm (panjang x lebar x tinggi).

  • Satu aquariumnya di isi dengan 7 ekor indukan.

  • Untuk perbandingannya yaitu 3 indukan jantan dan 4 indukan betina. Atau bisa juga memakai sistem 5 ekor indukan dengan perbandingan 2 jantan serta 3 betina.

  • Isi kolam dengan air higienis setinggi 30 cm.


Saat proses pembenihan berlangsung, jangan lupa menawarkan kawasan untuk persembunyian. Tak perlu pusing, anda bisa menyiapkan pralon dengan ukuran besar sesuai dengan ukuran sang indukan black ghost. Jangan lupa untuk menawarkan kawasan penempelan telur dan melengkapi aquarium dengan aerator.



  1. Penetasan serta Pemeliharaan Larva


Umumnya proses penetasa ikan hias dilakukan di kawasan terpisah dengan indukannya, bila sudah terlihat adanya telur yang melekat pada pakis atau kawasan peneluran maka segera pidahkan ke kawasan penetasan.


Aquarium untuk penetasa bisa memakai ukuran panjang 80 cm, lebar 60 cm,  tinggi 40 cm dengan ketinggian air 30 cm. Gunakan tambahan 4 buah titik aerasi di setiap aquariumnya, hidupkan selama proses penetasan berlangsung.


Telur akan mulai netas pada rentan waktu 3 sampai 4 hari. Saat menetas larva akan bersembunyi di balik sela-sela pakis. Setelah 4 hari berlalu, maka anakan ikan black ghost sudah bisa diberikan pakan berbentuk naupli artemi kurang lebih 2 ahad lamanya.


Untuk dua ahad berikutnya sudah bisa diberikan pakan utama ikan black ghost berupa jentik nyamuk, cacing, atau bisa juga memakai cacing merah, jangan lupa untuk mencacah sampai halus. Proses penetasa sampai pemeliharaan anakan berlangsung selama satu bulan. Setelah satu bulan berlangsung anakan ikan black ghost sudah bisa di tebar kedalam kolam atau kawasan pembesaran.



Sumber https://ilmubudidaya.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Begini Cara Budidaya Ikan Black Ghost Yang Baik Bagi Pemula"

Posting Komentar