Alasan Kenapa Menentukan Ubuntu Sebagai Os Sehari-Hari

Ubuntu Linux yaitu sistem operasi open source yang paling populer. Ada banyak alasan kenapa menentukan Ubuntu sebagai OS untuk dipakai dalam acara sehari-hari. Selain gratis dan open source, Ubuntu mempunyai interface yang gampang diadaptasi sesuai kebutuhan pengguna, dan juga mempunyai Pusat Perangkat Lunak (Software Center) yang penuh dengan aneka macam macam aplikasi gratis.


Karena Linux merupakan perangkat lunak open source, OS ini memungkinkan para pengembang untuk membuatkan kodenya sendiri dan membuat sesuatu yang gres dan menarik. Oleh lantaran itu, hingga kini ada banyak distribusi Linux yang dirancang untuk melayani kebutuhan penggunanya yang berbeda.


Dari semua distro Linux yang tersedia, Ubuntu, Mint, openSUSE, dan Debian yaitu beberapa yang paling populer. Jika pengguna menghadapi problem dengan fitur privasi yang ditawarkan di Windows 10, mereka sanggup mencoba Linux untuk pengalaman computing yang baru.


Alasan Kenapa Memilih Ubuntu sebagai OS Sehari-hari


Jika melihat statistik, Ubuntu yaitu sistem operasi open source yang paling populer. Sebagaian besar pemula yang gres terjun di dunia Linux niscaya menentukan distribusi Ubuntu sebagai OS yang pertama mereka coba. Itulah sebabnya artkel ini ditulis untuk mengungkap alasan terbaik kenapa menentukan Ubuntu sebagai OS sehari-hari.


1. Ubuntu lebih user-friendly


 Ada banyak alasan kenapa menentukan Ubuntu sebagai OS untuk dipakai dalam acara sehari Alasan Kenapa Memilih Ubuntu sebagai OS Sehari-hari


Banyak pengguna menganggap OS berbasis Linux sulit dipakai dan khusus dirancang untuk para developer. Pernyataan ini salah besar. Menurut pengalaman, Ubuntu mempunyai interface yang gampang dipakai dan gampang disesuaikan. Bahkan setiap pengguna dengan pengetahuan dasar wacana komputer sekalipun sanggup mengatur UI-nya sesuai kebutuhan. Selama bertahun-tahun, Canonical, developer Ubuntu, telah meningkatkan pengalaman desktop Ubuntu dan memoles antarmuka pengguna secara keseluruhan. Tidak hanya itu, sama menyerupai Windows, proses instalasi Ubuntu juga sangat mudah.


2. Ubuntu gratis


Tanpa basa-basi, poin ini merupakan poin penting dari alasan kenapa menentukan Ubuntu. Berbeda dengan Windows, mengunduh, menginstal, dan memakai Ubuntu tidak membutuhkan biaya sepeser pun. Pengguna sanggup mengunduhnya melalui situs web Canonical atau situs web torrent favorit mereka, dan membuat ISO dari file tersebut untuk kemudian di-boot melalui drive USB. Karena OS ini gratis, Ubuntu juga banyak dipakai di aneka macam organisasi pendidikan dan pemerintahan di seluruh dunia untuk mengurangi biaya operasional. Selain itu, sebagian besar perangkat lunak yang ada di Software Center Ubuntu juga gratis.


Baca juga8 Distro Linux Terbaik untuk Tahun 2018


Akhir bulan ini, April 2018, rilis versi LTS berikutnya dari Ubuntu, yaitu Ubuntu 18.04 Bionic Beaver, akan dirilis.


3. Ubuntu kondusif dari virus


Akan salah bila pengguna menyampaikan bahwa Ubuntu 100% kebal dari bahaya virus. Namun, dibandingkan dengan Windows, yang membutuhkan penggunaan antivirus, pengguna Ubuntu tidak perlu khawatir wacana malware yang sering menyerang. Firewall dan metode proteksi virus bawaan Ubuntu memastikan pengguna terlindungi. Dengan memakai Ubuntu, pengguna juga menghemat biaya antivirus lantaran tidak memerlukannya.


4. Kustomisasi tinggi


 Ada banyak alasan kenapa menentukan Ubuntu sebagai OS untuk dipakai dalam acara sehari Alasan Kenapa Memilih Ubuntu sebagai OS Sehari-hari


Kebebasan untuk menyesuaikan sistem yaitu salah satu keunggulan utama dari OS yang berbasis Linux. Jika pengguna tidak menyukai suatu Desktop Environment (DE) tertentu, pengguna cukup menggantinya dengan yang baru. Pengguna juga sanggup bereksperimen dengan suatu DE untuk menghasilkan sesuatu yang baru. Pengguna juga sanggup mencoba sebuah tool berjulukan Compiz dan membuat pengalaman Ubuntu yang lebih menarik.


5. Ubuntu mempunyai banyak varian


 Ada banyak alasan kenapa menentukan Ubuntu sebagai OS untuk dipakai dalam acara sehari Alasan Kenapa Memilih Ubuntu sebagai OS Sehari-hari


Pengguna gres mungkin tidak mengetahui bahwa selain berbasis DE GNOME, Ubuntu mempunyai banyak varian lainnya. Ada aneka macam varian Ubuntu yang memenuhi kebutuhan spesifik pengguna. Jika pengguna ingin mencoba DE yang modern dan ramping, ada Kubuntu. Untuk sistem dengan konfigurasi rendah, Lubuntu dan Xubuntu sanggup menjadi pilihan. Ubuntu GNOME dan Ubuntu MATE yaitu dua varian lainnya. Selain itu, ada juga Edubuntu difokuskan untuk penggunaan di sekolah dan institusi pendidikan.


6. Memiliki lembaga komunitas yang supportive


Alasan kenapa menentukan Ubuntu lainnya yaitu Ubuntu mempunyai santunan komunitas yang manis sama menyerupai proyek berbasis Linux lainnya. Hal ini merupakan salah satu laba terbesar dari Ubuntu dibandingkan distrobusi lainnya. Untuk mendapat support dari lembaga Ubuntu, pengguna sanggup mengunjung https://www.ubuntu.com/supporthttps://askubuntu.com, atau eksklusif dari group Facebook Ubuntu Indonesia.


7. Low system requirements


Meskipun dua varian khusus, Lubuntu dan Xubuntu, dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan sistem kelas bawah, Ubuntu Unity default juga tidak memerlukan perangkat kelas untuk sistem kelas atas. Persyaratan perangkat keras yang disarankan untuk menjalankan Ubuntu yaitu prosesor 700 MHz, RAM 512MB, dan hard disk 5GB.


8. Software Center Ubuntu menyediakan banyak software gratis


 Ada banyak alasan kenapa menentukan Ubuntu sebagai OS untuk dipakai dalam acara sehari Alasan Kenapa Memilih Ubuntu sebagai OS Sehari-hari


Pengguna Ubuntu juga dimanjakan dengan aneka macam software gratis yang sanggup diunduh melalui Software Center. Pengguna hanya perlu membuka Software Center dan dari sana sanggup mencari perangkat lunak yang dibutuhkan. Cukup klik pada tombol instal dan paket dari perangkat lunak tersebut akan diinstal di sistem. Selain melalui Software Center, pengguna juga sanggup menginstal perangkat lunak melalui perintah sederhana di terminal. Untuk penggunaan dasar, Ubuntu sudah diinstal dengan beberapa perangkat lunak default menyerupai Gimp, Chromium, VLC, dan Firefox.


9. Peningkatan kompatibilitas, termasuk kebutuhan driver


Versi-versi gres dari Ubuntu kebanyakan sudah dengan kernel Linux terbaru. Hal ini memungkinkan Ubuntu sanggup berjalan dengan baik di lebih banyak perangkat keras yang sudah berumur, serta sistem gres dengan chip terbaru. Ubuntu juga dilengkapi dengan banyak driver pra-instal yang menghemat waktu pengguna.


10. Ubuntu merupakan OS open-source


Tidak menyerupai Windows, Ubuntu yaitu OS yang bersifat open-source. Ada banyak keunggulan yang sanggup dinikmati pengguna bila memakai OS yang bersifat open-source.


Bagaimana cara menginstall atau mencoba Ubuntu?


Jika ingin mencoba Ubuntu, pengguna sanggup memakai Drive USB Ubuntu yang sudah diisi dengan file ISO Ubuntu secara eksklusif dan menjalankannya tanpa melaksanakan instalasi. Pengguna juga sanggup mencobanya di Virtual Machine. Berikut yaitu tautan resmi untuk mengunduh Ubuntu Desktop.



Sumber https://koalakontent.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Alasan Kenapa Menentukan Ubuntu Sebagai Os Sehari-Hari"

Posting Komentar