10 Langkah Menata Kamar Anak Lengkap

Merupakan hal yang sangat baik sekali bila orang renta sanggup memperlihatkan kamar tidur sendiri bagi anak semenjak dini. Hal ini sanggup mengajari belum dewasa untuk berdikari dan bertanggung jawab akan teritorialnya sendiri.

Menata kamar anak bantu-membantu agak susah-susah gampang. Seperti yang pernah kita lihat dalam aneka macam program TV maupun artikel dalam aneka macam website. Menata kamar anak bersahabat sekali kaitannya dengan edukasi dan pembentukan huruf anak.

Ada baiknya juga ditentukan seberapa besar budget yang ingin kita keluarkan dalam menata kamar tersebut sebagai batasan dalam membeli sesuatu. Budgetnya bahkan sanggup 0 rupiah bila kita telah mempunyai bahan-bahannya. Maka siapkanlah bahan-bahannya.

Berikut ini merupakan langkah-langkah sederhana yang sanggup diterapkan dalam menata kamar anak. Simak poin-poinnya sebagai berikut :

1. Sederhanakan dan Permudah

Hal pertama yang harus dilakukan dalam menata kamar anak yakni menciptakan semuanya menjadi sederhana dan praktis untuk dilakukan. Buatlah perencanaan yang matang dalam menata kamar anak. Dalam hal ini orang renta juga perlu berbincang dengan sang anak.

 Merupakan hal yang sangat baik sekali bila orang renta sanggup memperlihatkan kamar tidur sendiri  10 Langkah Menata Kamar Anak Lengkap
Menata kamar anak sesuai huruf anak (image: www.architecturaldigest.com)


Membuat perencanaan merupakan hal yang sangat bijaksana. Anda sanggup membuatnya sendiri dalam sketsa-sketsa, mencari referensi di Internet atau bahkan mengundang konsultan interior bila perlu.

Hal yang paling penting mengenai kamar anak yakni benda apa saja yang harus ada di kamar tersebut. Hal ini yang memilih problem dalam poin selanjutnya. Mainan dan pakaian anak yang sudah tidak digunakan hendaknya disingkirkan dahulu. Kembalikan semuanya menjadi kamar kosong terlebih dahulu.

3. Pilah dan Pilih

Jika semua barang-barang telah dikeluarkan dari dalam kamar, maka pilah dan pilih benda-benda yang akan kembali ke kamar tersebut. Pilih juga benda-benda gres yang akan tiba dari toko. Sesuaikan dengan budget masing-masing.

Benda-benda yang tak terpakai semisal mainan dan pakaian bekas ada baiknya lalu disumbangkan kepada orang yang lebih membutuhkan. Orang renta yang baik mengajarkan anaknya peduli pada orang lain.

4. Bersihkan dan Bereskan

Setelah semuanya terpilih, waktunya membersihkan kamar anak dan membereskan permasalahannya. Sebelum siap ditata, kamar anak haruslah dalam kondisi prima. Pastikan semua elemen telah beres mulai dari bab lantai, dinding maupun plafon bebas dari permasalahan arsitektur berupa bocor, retak atau lepas.

6. Zonasi Kamar

Setelah semuanya beres, selanjutnya yakni melaksanakan zonasi kamar, yaitu mengaplikasikan inspirasi atau rancangan kita dalam kamar tersebut. Ada kalanya kita memerlukan asumsi ukuran dan penempatan barang-barang anak.

Zonasi yang nyaman untuk kamar anak (image: http://seekertunes.com/)


Hal yang penting dalam tahap ini yakni membayangkan kita sebagai seorang anak berada dalam tersebut dan melaksanakan aneka macam kegiatan. Dengan demikian kita sanggup menemukan rujukan sirkulasinya.

7. Interior

Selanjutnya yakni pekerjaan interior berupa penataan elemen kamar. Misalnya mengecat ulang dinding atau plafon, memberi pola, tekstur atau gambar sesuai dengan rancangan kita. Bila tak ada elemen kamar yang berubah, kita sanggup skip dan lanjutkan ke tahap selanjutnya.

8. Furniture

Memasukan furniture dalam ruangan dimulai dari benda yang paling penting dan besar. Misalnya daerah tidur dan lemari pakaian harus dimasukan dan ditata terlebih dahulu sehingga akan lebih praktis menata yang lainnya.

9. Tanda dan Keterangan

Anak kadang belum sanggup mengetahui fungsi-fungsi dari furniture yang tersedia. Untuk itu perlu diberikan tanda maupun keterangan semoga ia terdidik untuk menaruh barang-barang pada tempatnya. Berilah tanda dan keterangan dengan kreatif dan inovatif.

 Merupakan hal yang sangat baik sekali bila orang renta sanggup memperlihatkan kamar tidur sendiri  10 Langkah Menata Kamar Anak Lengkap
Pemberian tanda dan keterangan pada kamar anak (image: nikevertchaussures.com)


10. Membentuk Kebiasaan dan Karakter

Salah satu hal penting dalam penataan kamar anak yakni pembentukan karakternya semenjak dini. Kamar tidur anak merepresentasikan huruf anak tersebut. Misalnya anak pria yang kamarnya menggunakan tema superhero atau anak wanita dengan tema bunga.

Selain itu, menata kamar anak perlu memperhatikan sisi operasional. Kamar tersebut akan digunakan oleh sang anak, buatlah semoga ia praktis menata dan merapikan kembali kamar tersebut dengan cara yang menyenangkan.

Sekian 10 Langkah Menata Kamar Anak Lengkap, semoga bermanfaat.

Sumber http://www.arsitur.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "10 Langkah Menata Kamar Anak Lengkap"

Posting Komentar