Tujuan Dan Pesan Yang Tersirat Perkawinan

Tujuan perkawinan
Islam menganjurkan kawin sebab memiliki tujuan yang besar bagi pelakunya.

a. Sesungguhnya naluri sec merupakan naluri yang berpengaruh dan keras yang selamanya menuntut adanya jalan keluar. Bila mana jalan keluar tidak sanggup memuaskan, maka banyak insan yang mengalami goncangan dan kacau serta menerobos jalan yang jahat. Dan kawin merupakan jalan alami dan biologis yang paling baik dan sesuai untuk menyalurkan dan memuaskan naluri sec ini. Dengan kawin tubuh jadi segar, jiwa jadi tenang, mata terpelihara dari melihat yang haram.

b. Kawin jalan terbaik untuk menciptakan belum dewasa menjadi mulia, memperbanyak keturunan, melestarikan hidup insan serta memelihara nasab yang oleh Islam sangat diperhatikan.

c. Selanjutnya naluri kebapakan dan keibuan akan muncul saling melengkapi dalam suasana hidup dengan belum dewasa dan akan tumbuh pula perasaan ramah, cinta dan sayang yang merupakan sifat-sifat baik manusia.

d. Menyadari tanggung jawabnya sebagai isteri dan suami akan menjadikan perilaku yang sungguh-sungguh dalam memperkuat bakat. Ia akan cekatan bekerja, sebab dorongan tanggung jawab dan memikul tanggung jawabnya.

e. Pembagian tugas, dimana yang satu mengurusi dan mengatur rumah tangga sedangkan yang lainnya bekerja mencari nafkah.

f. Dengan perkawinan diantaranya sanggup membuahkan tali kekeluargaan, memperteguh kelanggengan rasa cinta antara keluarga dan memperkuat tali kemasyarakatan.


Hikmah Perkawinan
Menikahakan meningkatkan hasrat dan martabat manusia. Sebagaimana kehidupan insan yang secara bebas mengumbar nafsu biologisnya tampa melalui bingkai halal sebuah pernikahan, maka martabat dan harga diri mereka sama liarnya dengan nafsu yang tidak bisa mereka jinakkan. Menikah menjadikan harkat dan martabat insan yang menjalaninya menjadi lebih mulia dan terhormat. Manusia secara terperinci akan berbeda dengan hewan apabbila ia bisa menjaga hawa nafsu melalui pernikahan

Menikah memulyakan kaum wanita. Banyak perempuan yang karenanya terjerumus pada kehidupan hitam hanya sebab diawali oleh kegagalan menikah dengan orang-orang yang menyakiti kehidupan mereka. Menikah sanggup memulyakan kaum wanita. Mereka akan di tempatkan sebagai ratu dan permaisuri dalam keluarga

Menikah yaitu cara untuk melanjutkan keturunan. Pasangan yang shaleh diperlukan bisa melanjutkan keturunan yang shaleh pula. Dari belum dewasa yng shaleh ini akan tercipta sebuah keluarga shaleh, selanjutnya menjadi awal bagi terbentuknya kelompok-kelompok masyarakat yang shaleh sebagai cikal bakal kebangkitan Islam di masa mendatang


Selanjutnya menikah akan mewujudkan kecintaan kepada Allah SWT. Inilah bukti kecintaan Allah SWT terhadap makhlukNya. Dia memperlihatkan cara kepada makhlukNya untuk sanggup memenuhi kebutuhan manusiawi seorang makhluk. Di dalam wujud kecintaan itu dilimpahkan banyak keberkahan dan kebahagiaan hidup yang dirasakan melalui adanya tali pernikahan. Allah menjadikan makhlukNya berpasang-pasangan dan ditumbuhkan padanya satu sama lain rasa cinta dan kasih sayang.


Sumber http://makalahahli.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Tujuan Dan Pesan Yang Tersirat Perkawinan"

Posting Komentar