Tips Mengatasi Troubleshooting Network Di Perangkat Kamu

Seiring berkembangnya platform game online, perangkat smart home, dan layanan video streaming, koneksi internet yang stabil dan kencang tentu sangat dibutuhkan. Hal ini kemudian menciptakan banyak orang tidak sanggup dilepaskan dari kanal internet, baik itu orang tua, anak muda, dan apapun profesinya. Sayangnya, ketika sedang ingin terhubung ke hotspot, ternyata ada problem yang membuatmu tak sanggup terhubung dengan cepat. Oleh lantaran itu, banyak sekali problem terkait koneksi internet harus segera diatasi dengan tepat.


Jika network di laptop sering bermasalah, ini beliau tips mengatasi permasalahan koneksi di perangkat kamu!


Koneksi Wi-Fi lelet


Saat kecepatan internet dirasa lebih lamban dari biasanya, maka ada sesuatu hal yang harus diperbaiki. Penyebab utama koneksi WiFi mendadak lelet yaitu laptop atau smartphone-mu berada di area yang terlalu jauh dari router. Sebab, semakin jauh kau berada dari jangkauan router, maka semakin rendah tingkat kecepatan koneksi internet.


Untuk memperbaikinya, kau cukup mendekatkan posisimu dengan router ketika akan ingin memakai koneksi Wi-Fi.  Bila perlu, letakkan router di lokasi sentra di kantor atau rumah dan memposisikan router di tempat yang tinggi serta jauh dari perangkat lain. Pertimbangkan pula untuk membeli router kedua dan satu set adaptor powerline network untuk memperluas jangkauan sinyal Wi-Fi.


 koneksi internet yang stabil dan kencang tentu sangat diharapkan Tips Mengatasi Troubleshooting Network di Perangkat Kamu


Koneksi internet lelet juga sanggup disebabkan oleh habisnya bandwith. Jika semua orang di rumah memakai data untuk laptop, televisi, dan telepon maka kuota internet sanggup lebih cepat habis lantaran digunakan di beberapa perangkat. Untuk mengatasinya, matikan jaringan Wi-Fi pada semua perangkat yang tidak terlalu penting digunakan. Cara ini tentu akan menghemat penggunaan bandwith.


Baca juga: Endless OS Membuat Komputer-mu Tetap Seru Meski Tanpa Koneksi Internet


Terakhir, penyebab gangguan koneksi internet lambat yaitu berada di tempat ramai. Saluran yang berjalan secara bersamaan sanggup saling tumpang tindih atau mengganggu. Parahnya lagi, banyak router diatur dengan frekuensi saluran nirkabel secara default. Akibatnya, gangguan dari router lain di sekelilingmu menjadi penyebab gangguan konektivitas, terutama di tempat berpenduduk padat menyerupai di kompleks apartemen dan sentra perbelanjaan.


Tidak ada koneksi internet


Gangguan router atau modem seringkali tak sanggup dihindari. Koneksi Wi-Fi yang mengandalkan gelombang radio sanggup terganggu lantaran problem batasan rentang sinyal, perangkat keras sampai kesalahan pihak operator. Jadi, kalau kau pernah merasa kesulitan menghubungkan laptop atau smartphone dengan Wi-Fi umum menyerupai di kafe, mal, atau lounge bandara, jangan buru-buru mengomel, ya.


Jika perangkat kau tidak sanggup terhubung ke router nirkabel lokal sama sekali dan tidak sanggup melihat jaringan Wi-Fi terdekat, periksa kembali apakah Wi-Fi laptop atau smartphone-mu sudah ON. Hal ini sebaliknya juga perlu dilakukan pada router dan adaptor Wi-Fi. Pastikan kabel modem sudah terpasang dengan baik dan konektornya tidak rusak.


 koneksi internet yang stabil dan kencang tentu sangat diharapkan Tips Mengatasi Troubleshooting Network di Perangkat Kamu


Masih gagal juga? Coba lakukan reboot router, adaptor Wi-Fi perangkat atau sistem operasimu. Jika masih belum ada perubahan, cabut router selama 15 detik kemudian pasang kembali, dan ulangi dengan membuka dan mengakses website. Namun sebelumnya, pastikan untuk mematikan peralatan tersebut dengan baik.


Baca juga: Hari Gini Belum Pakai 4G?


Status Wi-Fi Limited


 koneksi internet yang stabil dan kencang tentu sangat diharapkan Tips Mengatasi Troubleshooting Network di Perangkat Kamu


Tiba-tiba koneksi menjadi limited? Munculnya tanda seru berwarna kuning pada icon Wi-Fi memang menyebalkan. Hal ini sama saja artinya kau tidak sanggup mendapat kanal internet. Untuk mengatasi problem koneksi internet terbatas pada Windows 10, coba beberapa solusi sederhana berikut ini:


Solusi #1: Restart modem Wi-Fi. Dalam beberapa kasus, melaksanakan restart modem atau adaptop sanggup mengatasi problem ini. Namun, untuk restart perangkat, lakukan hal berikut.



  • Buka Search, cari Device Manager dan tekan Enter.

  • Pilih perangkat jaringanmu, klik kanan dan klik Disable.

  • Restart

  • Masuk kembali ke Device Manager, ubah menjadi Enable pada jaringan yang sebelumnya sudah di-Disable.


 koneksi internet yang stabil dan kencang tentu sangat diharapkan Tips Mengatasi Troubleshooting Network di Perangkat Kamu


Solusi #2: Gunakan Network Troubleshooter.



  • Klik kanan pada icon Wi-Fi, kemudian pilih Troubleshoot Problems.

  • Sekarang tekan tombol Windows + W dan ketik “Troubleshooting”, kemudian tekan Enter.

  • Pilih Network and Internet. Pada layar berikutnya klik Network and Internet.

  • Klik Network Adapter. Ikuti petunjuk di layar untuk mengatasi problem tersebut.


 koneksi internet yang stabil dan kencang tentu sangat diharapkan Tips Mengatasi Troubleshooting Network di Perangkat Kamu


Solusi #3: Atur ulang TCP/IP memakai Command Prompt. Salah satu solusi ini juga sanggup memastikan koneksi internet kembali bekerja.



  • Klik kanan pada tombol Windows dan pilih Command Prompt (Admin).

  • Ketik perintah berikut: “netsh int ip reset c:\resetlog.txt”, kemudian Enter.

  • Jika kau ingin memilih jalur direktori. Gunakan perintah: “netsh int ip reset resetlog.txt”, kemudian Enter.

  • Tutup jendela Command Prompt, lalukan reboot laptop.


 koneksi internet yang stabil dan kencang tentu sangat diharapkan Tips Mengatasi Troubleshooting Network di Perangkat Kamu


Pada intinya, setiap permasalahan terkait konektivitas harus diatasi sesuai sumber penyebab. Dengan begini, kau sanggup mengambil tindakan sempurna dan cepat supaya sanggup segera kembali berselancar di dunia maya. Selamat mencoba!


Baca juga: Acer Swift 3, Laptop Super Stylish dengan Spesifikasi Optimal



Sumber https://www.acerid.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Tips Mengatasi Troubleshooting Network Di Perangkat Kamu"

Posting Komentar