Sejarah Jakarta (29): Sejarah Kebun Hewan Cikini Sebenarnya; Kebun Hewan Pertama Di Indonesia 1866-1966
*Untuk melihat semua artikel Sejarah Jakarta dalam blog ini Klik Disini
Kebon Binatang Ragunan yaitu suksesi Kebun Binatang Cikini. Setelah satu abad, kebun binatang di Cikini direlokasi ke Ragunan. Kebun binatang di Cikini yang awalnya disebut sebagai Planten en Dierentuin dimaksudkan untuk fasiltas publik yang sanggup dinikmati oleh penduduk. Namun dalam perkembangannya, kebun binatang di Cikini harus direlokasi ke lokasi yang lebih luas di Ragunan.
Kebon Binatang Ragunan yaitu suksesi Kebun Binatang Cikini. Setelah satu abad, kebun binatang di Cikini direlokasi ke Ragunan. Kebun binatang di Cikini yang awalnya disebut sebagai Planten en Dierentuin dimaksudkan untuk fasiltas publik yang sanggup dinikmati oleh penduduk. Namun dalam perkembangannya, kebun binatang di Cikini harus direlokasi ke lokasi yang lebih luas di Ragunan.
Kebun Binatang Tjikini (Peta 1910) |
Bagaimana kebun binatang di Tjikini muncul gampang dilacak. Namun pada masa ini sejarah kebun binatang di Tjikini ditulis simpang siur. Padahal dalam konteks sejarah, kebun binatang di Tjikini belum termasuk tua. Surat-kabar yang terbit pada tahun 1866 memberitakan setiap tahapan pada proses pembangunan kebun binatang Tjikini tersebut. Karena itu, sejarah kebun bintang di Tjikini seharusnya sanggup ditulis secara benar. Untuk itu mari kita telusuri ke masa lampau.
Awal Pembangunan Kebun Binatang Tjikini
Pada tanggal 15 Juni 1865 diadakan rapat umum pemegang saham pembangunan kebun binatang di Batavia yang berlokasi di Tjikini (lihta De locomotief: Samarangsch handels- en advertentie-blad, 26-06-1865). Disebutkan dalam rapat umum yang diadakan di gedung kebun binatang ini dihadiri oleh 25 pemegang saham yang mewakili 75 saham.
Pada selesai tahun 1863 sudah muncul gagasan pembangunan kebun binatang di dewan. Gagasan sempat redup dan kemudian bernafsu lagi (Bataviaasch handelsblad, 12-03-1864). Sekarang planning konstruksi sudah ada. Kebun binatang yang direncanakan akan berlokasi di sisi barat sungai Tjiliwong bersahabat dengan rumah Raden Saleh. Lokasi ini berada jauh dari sentra kota dan harga lahan cukup adil. Lokasi ini juga memungkinkan untuk gampang diakses oleh warga Eropa/Belanda maupun penduduk pribumi. Bangunan pertama yang dibangun di lokasi kebun binatang ini yaitu gedung/kantor komite. Di lokasi ini juga direncanakan akan dibangun kantor asosiasi ilmu pengetahuan Hindia Belanda dan sebuah museum.
Dalam laporan oleh ketua komite pendahuluan (Voorzitter van het voorloopig comité) telah terkumpul sebanyak f50.000. Jumlah itu disebutkan sudah lebih dari cukup untuk membangun (hanya) taman. Diperkirakan masih kekurangan sebanyak f19.000. Ketika ditawarkan kepada pemegang saham atas kekurangan tersebut, para penerima rapat lebih menyetujui opsi untuk denah pinjaman untuk menutupinya. Susunan komite dibuat sebagai berikut: N. Trakanen sebagai President; JJ Blanckenhageu sebagai bendahara dan H Schroder Visser sebagai secretaris. Komisaris terdiri dari H de Bruijn; Mr. JA van der Chijs dan W Suermondt Wzn. Rapat juga untuk menunjuk JE Teijsmann dan Raden Saleh sebagai anggota kehormatan.
Para pemegang saham ini terdiri dari individu yang bergerak di banyak sekali bidang, ibarat pejabat pemerintah, swasta dan profesional. Mr. JA van der Chijs yaitu Inspektur Pendidikan Pribumi. Dua anggota kehormatan yang ditunjuk yaitu JE Teijsmann yang nenjabat sebagai kepala Kebun Raya di Buitenzorg; Raden Saleh yaitu pelukis terkenal yang rumahnya tidak jauh dari lokasi kebun binatang.
Pengadaan satwa di kebon binatang di Tjikini dilakukan secara bertahap. Kebon binatang di Tjikini dibuka pada awal Oktober 1866. Untuk diketahui umum, komite telah menciptakan iklan di surat kabar ibarat pada Bataviaasch handelsblad, 01-10-1866. Disebutkan kebon binatang dibuka lima hari dalam setiap mingggu yakni hari Senin, Selasa. Kamis, Jumat dan Sabtu. Jam buka mulai pukul 9 pagi sampai pukul 4 sore dengan tarif 25 sent untuk orang cukup umur dan 10 cent untuk anak-anak. Lokasi kebun binatang berada di sisi sungai Tjiliwong bersahabat dengan mansion (rumah tinggal) pelukis Raden Saleh.
Lokasi villa Raden Saleh (Peta 1887) |
Sementara bangunan lain terus ditambah, hewan-hewan yang diterima dan akan dikirim juga jumlahnya meningkat. Seekor macan dan tapir diterima dari S. van Hulstijn (Java-bode : nieuws, handels- en advertentieblad voor Nederlandsch-Indie, 15-12-1866). Juga disebutkan telah mendapatkan seekor gajah dari asosiasi ilmu pengetahuan alam. Juga diterima dari sumbangan perusahaan swasta di Semarang. Masyarakat Aklimatisasi Queensland di Brisbane telah mengirim satwa tertentu. Upaya untuk membeli beberapa singa sejauh ini gagal terlaksana. Java-bode : nieuws, handels- en advertentieblad voor Nederlandsch-Indie, 09-01-1867 melaporkan telah mendapatkan seekor banteng (Bos j4vanicus) dari Sumedang, bebek Australia dari Zoological Society Adeleide, seekor orang oetang dari Kalimantan hadiah dari Mr. E. Castens.
Sejauh ini perlu dicatat bahwa kebon binatang Tjikini, lahannya dibeli oleh suatu panitia pembangunan. Dalam banyak sekali tulisan, termasuk goresan pena yang terdapat dalam Wikipedia, disebutkan lahan kebon binatang tersebut seluas 10 Ha yaitu derma dari Raden Saleh. Klaim itu tidak ada bukti. Memang, lahan lokasi villa Raden Saleh bersebelahan dengan lokasi kebon binatang, tetapi tidak dengan otomatis bahwa itu yaitu derma Raden Saleh. Yang terang lahan peruntukkan kebon binatang tersebut dibeli oleh suatu panitia dengan harga yang adil (mempertimbangkan harga lahan kepemilikan eksklusif dengan kegunaan lahan untuk kepentingan umum).
Kawasan kebon binatang di Tjikini lambat laun semakin berkembang. Lahan-lahan di sekitar semakin diminati orang Eropa/Belanda untuk membangun rumah. Sementara itu di dalam komplek kebun binatang juga sudah tersedia gedung untuk pertunjukan musik. Fasilitas yang mulai lengkap di kebun binatang Tjikini diduga terkait dengan selesainya jalur kereta api Batavia-Buitenzorg tahun 1873. Gedung pertunjukkan terdekat dari Buitenzorg yaitu gedung yang berada di kebon binatang Tjikini.
Jalur kereta api Batavia-Buitenzorg yaitu jalur kereta api untuk melengkapi planning awal yang gres sebatas Batavia-Meester Cornelis. Pada ketika pengoperasian kereta api Batavia-Buitenzorg sejumlah halte/stasion dibangun ibarat di Pasar Minggoe, Lenteng Agoeng, Pondok Tjina, Depok dan Tjitajam. Halte-halte ini juga mengindikasikan tempat-tempat pemukiman orang Eropa/Belanda dan Tionghoa.
Lantas bagaimana dengan villa Raden Saleh di Tjikini. Sejak tahun 1869 Raden Saleh tidak lagi tinggal di villanya di Tjikini. Raden Saleh telah pindah ke Semarang. Pada tahun 1869 sesudah Raden Saleh menikah lagi pindah ke Buitenzorg menyewa sebuah villa di Empang (belakang Hotel Beleview). Belum usang di Buitenzorg, nama Raden Saleh dicatut yang dikaitkan dengan pemberontakan Batavia yang dimulai di Tamboen pada bulan April 1869.
Raden Saleh sempat disidangkan di Depok. Hasil persidangan ini tidak ada bukti keterkaitan Raden Saleh. Namun, namanya di tengah-tengah orang Eropa/Belanda sudah tercemar. Untuk meyakinkan orang-orang Eropa/Belanda bahwa dirinya tidak terlibat, Raden Saleh menulis semacam pembelaan di majalah/jurnal Bataviasch Genootschap pada tahun 1873.
Sejak insiden penyerangan di Tamboen, diduga Raden Saleh terus berdiam di Buitenzorg, Oleh alasannya yaitu namanya mulai diragukan orang-orang Eropa/Belanda, Raden Saleh boleh jadi mulai jarang ke Batavia dan lebih menentukan tinggal di Buitenzorg dan kemudian mengakuisisi rumah yang disewanya untuk daerah tinggal selanjutnya.
Satu hal jalan jalan masuk dari dan ke Matraman yang melalui Tjikini weg belum sepenuhnya memadai. Jembatan di atas sungai Tjiliwong di Matraman (Jalan Tambak sekarang) yang merupakan satu-satunya penghubung dua sisi sungai yang terbuat dari bambu (sasak) pada tahun 1877 roboh (Bataviaasch handelsblad, 29-06-1877). Sejak itu jembatan bambu Matraman tersebut mulai dibangun secara permanen. Sebelumnya jembatan di atas sungai Tjiliwong sudah dibangun di Kwitang dan di Meester Cornelis. Jembatan Kwitang (menuju Parapattan) telah dibangun semenjak era VOC. Jembatan tersebut terbuat dari kayu/besi yang mana jembatan mempunyai atap. Pada tahun 1964 jembatan Kwitang mutunya ditingkatkan menjadi jembatan besi. Sementara dua jembatan dibangun di Meester Cornelis pada tahun 1869. Dua jembatan tersebut untuk penghubung ke stasion selesai di Meester Cornelis (Dipo Bukit Duri sekarang), Jembatan tersebut terbuat dari besi (seperti jembatan Kwitang). Dua jembatan tersebut kini dikenal sebagai jembatan di Jatinegara (menuju Sekolah Menengan Atas 8 yang sekarang) dan jembatan di jalan Slamet Riyadi yang sekarang).
Pada tahun 1880 Raden Saleh diberitakan telah meninggal di Buitenzorg. Sementara kebun binatang di Tjikini tetap eksis. Sejak Raden Saleh tidak menempati villa yang dibangunnya di Tjikini tidak diketahui siapa yang membeli dan siapa yang menempati. Pada tahun 1890 seorang dokter, Dr. CH Stratz telah mempertimbangan bekas villa Raden Saleh untuk dijadikan sebagai rumah sakit (Bataviaasch nieuwsblad, 08-07-1890).
Rumah sakit di Tjikini, eks villa Raden Saleh (Peta 1930) |
Tidak diketahui riwayat pendirian rumah sakit Dr. Stratz di Tjikini. Namun yang terang bekas rumah Raden Saleh yang pernah diinginkan oleh Dr. Stratz telah disewa oleh Vereeniging Voor Ziekenverpleging Batavia semenjak 1 Juli 1897 untuk acara rumah sakit (De locomotief: Samarangsch handels- en advertentie-blad, 15-10-1898). Sejak itu, bekas villa Raden Saleh tersebut dipakai untuk rumah sakit (hingga ini hari).
Tunggu deksripsi lengkapnya
0 Response to "Sejarah Jakarta (29): Sejarah Kebun Hewan Cikini Sebenarnya; Kebun Hewan Pertama Di Indonesia 1866-1966"
Posting Komentar