Ruang Luar Atau Ruang Outdoor

Artikel ini akan membahas teori wacana ruang luar atau ruang outdoor. Masa dalam arsitektur merupakan elemen tapak/site yang tersusun dari masa berbentuk bangunan maupun vegetasi. Keduanya baik secara individual maupun berkelompok menjadi unsur pembentuk ruang luar atau ruang outdoor. Berikut akan dijabarkan mengenai ruang luar.

 Artikel ini akan membahas teori wacana ruang luar atau ruang outdoor Ruang Luar atau Ruang Outdoor
Ruang Luar atau Ruang Outdoor

Ruang Luar

Ruang Luar yaitu ruang yang terbentuk oleh batas horizontal bawah (bentang alam menyerupai tanah) dan batas vertikal (masa bangunan dan vegetasi). Masa berupa bangunan atau vegetasi dan ruang luar yang terbentuk diantaranya. Keduanya perlu disusun dan diintegrasikan dalam site untuk sanggup membuat lingkungan hunian yang baik.

Jenis Ruang Luar

Jenis ruang luar diklasifikasikan melalui beberapa cara sehingga setiap penjabaran membedakan jenis ruang luar dengan metode tertentu menyerupai fungsi atau kegiatan yang dilakukan pada ruang tersebut. Berikut yaitu Jenis Ruang luar menurut beberapa klasifikasi.

Jenis Ruang Luar Berdasarkan Kegiatan

Berdasarkan jenis kegiatan yang ditampungnya, ruang luar sanggup dibedakan menjadi beberapa jenis. Berikut jenis-jenis ruang luar menurut kegiatannya :

Ruang Aktif

Ruang Aktif yaitu ruang-ruang yang dibuat untuk difungsikan sebagai ruang untuk acara olah raga, jalan, dan bermain. Ruang luar ini sanggup berbentuk: plaza, playround, lapangan Olah Raga, sidewalk.

Ruang Pasif

Ruang pasif yaitu ruang-ruang yang dibuat bukan difungsikan sebagai daerah insan melaksanakan kegiatan utama. Ruang luar ini sanggup berbentuk menyerupai taman pasif, area hijau terbuka untuk absorpsi air hujan.

Jenis Ruang Luar Berdasar fungsinya

Ruang luar juga sanggup dikategorikan sesuai dengan fungsinya. Berikut yaitu jenis ruang luar menurut fungsinya :

Fungsional

Ruang Luar Fungsional merupakan ruang luar yang sebgaja dibuat dengan adanya fungsi/guna untuk melaksanakan kegiatan tertentu. Fungsi/guna tersebut contohnya sebagai berikut :
  • ruang aktif menyerupai daerah untuk bermain dan olah raga
  • tempat peralihan kegiatan atau menunggu
  • sarana penghubung antar bangunan
  • sebagai pembatas antar bangunan
  • sebagai pengatur jarak antar bangunan

Ekologis

Ruang luar ekologis artinya ruang luar dibuat dengan pertimbangan fungsi ekologisnya. FUngsi ini terkait dengan pelestarian lingkungan dan pemeliharaan alam yang dimulai dari skala kecil yaitu bangunan. Berikut yaitu fungsi ruang luar menurut sisi ekologisnya :
  • sumber penyegaran udara (menyerap CO2
  • dan menghasilkan O2)
  • sebagai penyerap dan pengendali air hujan
  • dan banjir
  • sebagai pengendali ekosistem tertentu
  • sebagai pelunak/pelembut massa bangunan

Demikianlah klarifikasi mengenai Ruang Luar, biar bermanfaat dan menambah wawasan. Jangan lupa untuk like dan follow sosial media kami dan share artikel ini untuk teman-teman sekalian.

Sumber http://www.arsitur.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Ruang Luar Atau Ruang Outdoor"

Posting Komentar