Profil Tanah - Pengertian & Lapisan-Lapisannya

Profil Tanah Tanah berasal dari batuan atau zat organik yang mengalami pelapukan yang dipengaruhi oleh matahari, tekanan, air, tumbuhan, atau binatang. Dari proses itu lah tanah mempunyai lapisan-lapisan secara vertikal. Lapisan-lapisan vertikal tersebut disebut dengan profil tanah. Berkaitan dengan itu, pada kesempatan kali ini akan mencoba menghadirkan klarifikasi lengkap mengenai profil tanah. Semoga bermanfaat. Check this out!!!

Tanah merupakan badan alam tiga dimensi, yaitu mempunyai persebaran ke arah vertikal dan ke arah horizontal. Persebaran ke arah vertikal yaitu persebaran dari permukaan hingga pada batuan induk (bed rock), sedangkan persebaran ke arah horizontal kurang lebih sejajar dengan permukaan bumi.

Profil tanah adalah penampang melintang (vertikal) tanah yang terdiri atas lapisan tanah (solum) dan lapisan materi induk. Adapun solum tanah yaitu pecahan dari profil tanah yang terbentuk sebagai akhir proses pembentukan tanah.

BACA JUGA: Jenis-jenis Tanah

Perbedaan horizon tanah disebabkan pengendapan yang berulang-ulang oleh genangan air atau penyucian tanah (leached) dan lantaran proses pembentukan tanah. Proses pembentukan horizon-horizon tersebut akan menghasilkan benda alam gres yang disebut tanah. Penampang vertikal dari tanah mengatakan susunan horizon yang disebut profil tanah. Horizon-horizon yang menyusun profil tanah dari atas ke bawah yaitu horizon O, A, B, C, dan D atau R (bed rock). Adapun horizon yang menyusun solum tanah hanya terdiri atas horizon A dan B.

  1. Horizon O - Horizon ini sanggup ditemukan pada tanah-tanah hutan yang belum terganggu. Horizon O merupakan horizon organik yang terbentuk di atas lapisan tanah mineral.
  2. Horizon A - Horizon ini terdiri atas adonan materi organik dan materi mineral. Horizon A merupakan horizon yang mengalami penyucian.
  3. Horizon B - Horizon B terbentuk dari adanya proses penimbunan (iluviasi) dari bahan-bahan yang tercuci dari horizon A.
  4. Horizon C - Horizon C tersusun atas materi induk yang sudah mengalami sedikit pelapukan dan bersifat tidak subur.
  5. Horizon D atau R - Horizon D atau R tersusun atas batuan keras yang belum terla pukan. Horizon D atau R disebut juga batuan induk atau batuan dasar.

 Tanah berasal dari batuan atau zat organik yang mengalami pelapukan yang dipengaruhi oleh Profil Tanah - Pengertian & Lapisan-lapisannya

Secara umum, lapisan tanah terbagi menjadi tiga, yaitu lapisan tanah atas, lapisan tanah bawah, batuan induk tanah.

1. Lapisan Tanah Atas
Tanah lapisan atas berwarna gelap dan kehitam-hitaman, tebalnya antara 10-30 cm. Lapisan ini merupakan lapisan tersubur, lantaran adanya bunga tanah atau humus. Lapisan tanah atas (top soil) merupakan pecahan yang optimum untuk kehidupan tumbuh-tumbuhan. Semua komponen-komponen tanah terdapat di lapisan ini, yaitu mineral 45%, materi organik 5%, air antara 20-30%.

2. Lapisan Tanah Bawah
Tanah lapisan bawah waranya lebih cerah dan lebih padat daripada tanah lapisan atas. Lapisan tanah ini tebalnya antara 50-60 cm, lebih tebal dari lapisan tanah atas, sering disebut tanah cadas atau tanah keras. Di lapisan tanah ini acara jasad hidup mulai berkurang. Biasanya ditumbuhi tumbuhan berumur panjang dan berakar tunggang dalam dan panjang biar mencapai lapisan tanah.

3. Batuan Induk Tanah
Batuan induk merupakan batuan asal dari tanah. Lapisan tanah ini warnanya kemerah-merahan atau kelabu keputih-putihan. Lapisan ini sanggup pecah dan diubah dengan mudah, tetapi sukar ditembus akar. Di lereng-lereng gunung, lapisan ini sering terlihat terang lantaran lapisan atasnya sudah hanyut oleh air hujan. Semakin ke dalam lapisan ini merupakan batuan pejal yang belum mengalami proses pemecahan. Pada lapisan ini tumbuhan jarang sanggup hidup.

Terima kasih sudah berkenan berkunjung dan membaca artikel Geografi di atas ihwal Profil Tanah, semoga sanggup bermanfaat dan menambah pengetahuan teman sekalian. Apabila ada suatu kesalahan baik berupa penulisan maupun isi, mohon kiranya kritik dan saran yang membangun untuk kemajuan bersama. Jangan lupa like dan share juga ya sobat. ^^Maju Terus Pendidikan Indonesia^

Sumber http://www.zonasiswa.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Profil Tanah - Pengertian & Lapisan-Lapisannya"

Posting Komentar