√ Pengertian Fungsi Dan Peranan Pasar

Pengertian Fungsi dan Peranan Pasar – Adalah Mari kita bahas dengan bahan dibawah ini:


Pengertian Pasar
Dalam bahasa sehari-hari, pasar diartikan sebagai suatu kawasan di mana para penjual dan pembeli sanggup bertemu untuk berjual beli barang. Dalam ilmu ekonomi, pertemuan penjual dan pembeli untuk melaksanakan transaksi jual beli sanggup dilakukan melalui sarana elektronik menyerupai telepon, faksimili, atau televisi. Oleh lantaran itu, penjual dan pembeli tidak bertatap muka alasannya ialah berjauhan. Pasar semacam ini disebut pasar abstrak. Menurut konsep ini, pasar sanggup terbentuk di mana saja dan kapan saja.

Berdasarkan uraian tersebut, suatu kejadian disebut sebagai suatu pasar apabila memenuhi beberapa syarat, yaitu:
a. ada calon penjual dan pembeli;
b. ada barang dan jasa yang akan diperjualbelikan;
c. terjadi hubungan antara penjual dan pembeli secara eksklusif ataupun tidak langsung.




Fungsi dan Peranan Pasar
Pasar memiliki peranan penting dalam mendorong aktivitas perekonomian, baik bagi konsumen, produsen, maupun pemerintah. Bagi konsumen, pasar mengatakan fasilitas untuk memperoleh barang dan jasa. Bagi produsen, pasarberperan sebagai kawasan untuk memperoleh barang-barang yang akan dipakai dalam suatu proses produksi. Selain itu, pasar juga berperan sebagai kawasan untuk memasarkan dan mempromosikan hasil produksi. Bagi pemerintah, melalui pasar pemerintah sanggup memperoleh pendapatan dari pajak dan retribusi. 

Pasar sebagai kawasan untuk melaksanakan jual beli barang dan jasa memiliki fungsi sebagai berikut.
1. Fungsi Pembentuk Harga
Di pasar terjadi proses tawar-menawar antara penjual dan pembeli. Semula penjual mengatakan barang dengan harga tinggi dan pembeli menawar dengan harga rendah. Jika terjadi kesepakatan, terbentuklah harga pasar atau harga keseimbangan.
2. Fungsi Distribusi
Pasar memperlancar pendistribusian barang dari produsen kepada konsumen. Produsen sanggup bekerjasama dengan konsumen dalam menyalurkan barangbarangnya, baik eksklusif maupun tidak eksklusif melalui pasar.
3. Fungsi Promosi
Produsen ingin barang/jasa hasil produksinya dikenal oleh konsumen. Kegiatan memperkenalkan hasil produksi kepada konsumen disebut promosi. Pasar sanggup dipakai oleh produsen untuk berpromosi.
4. Fungsi Penyerapan Tenaga Kerja
Pedagang yang ada di pasar mempekerjakan orang-orang sebagai kuli angkut, pelayan toko, tenaga kasir, dan sebagainya. Oleh lantaran itu, sanggup dikatakan bahwa pasar berfungsi sebagai kawasan perembesan tenaga kerja.

 Adalah Mari kita bahas dengan bahan dibawah ini √ PENGERTIAN FUNGSI DAN PERANAN PASAR



Sekian mengenai Pengertian Fungsi dan Peranan Pasar, agar ini sanggup membantu kalian semua.


Sumber http://www.ssbelajar.net/

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "√ Pengertian Fungsi Dan Peranan Pasar"

Posting Komentar