Pengertian Besaran Dan Ukuran

Sahabat dingklik sekolah niscaya pernah mendengar istilah panjang, waktu, massa atau mungkin suhu. Tahukah sahabat apakah bahwasanya istilah-istilah tersebut ? Istilah-istilah tersebut merupakan bab dari besaran.


Besaran


Lalu apakah pengertian besaran itu ? Pengertian besaran : Besaran yaitu sesuatu yang sanggup diukur dan mempunyai satuan.


Secara umum besaran terbagi menjadi empat kelompok, yaitu :



  • Besaran pokok

  • Besaran turunan

  • Besaran vektor

  • Besaran skalar


Besaran pokok


Besaran pokok adalah besaran yang satuannya telah didefinisikan terlebih dahulu. Besaran pokok terdiri dari 7 jenis, yaitu :


Sahabat dingklik sekolah niscaya pernah mendengar istilah panjang Pengertian Besaran dan Ukuran

besaran pokok


Besaran turunan


Besaran turunan yaitu besaran yang satuannya merupakan hasil penurunan dari satuan besaran pokok. Misalnya : luas dengan satuan m2, volume dengan satuan m3, kecepatan dengan satuan m/sBesaran turunan


Besaran vektor


Besaran vektor yaitu besaran yang mempunyai nilai dan arah. Contoh dari besaran vektor antara lain kecepatan dan tekanan.


Besaran skalar


Besaran skalar yaitu besaran yang hanya mempunyai nilai saja. Contoh panjang, suhu, waktu dll.


Baiklah pada bab di atas kita telah mengenal macam-macam besaran, selanjutnya tahukah sahabat apa yang dimaksud dengan satuan ?


Satuan


Pengertian satuan : Satuan yaitu pembanding dalam melaksanakan pengukuran. Satuan sanggup dibedakan menjadi 2, yaitu :



  • Satuan baku, yaitu satuan yang telah diakui secara internasional dan mempunyai standar yang tetap. Contoh satuan baku antara lain kilometer, meter, gram.

  • Satuan tidak baku, yaitu satuan yang tidak mempunyai standar yang tetap, sehingga hasil pengukuran sanggup berbeda-beda. Satuan tidak baku tidak diakui secara internasional. Contoh satuan tidak baku antara lain depa, hasta, jengkal.


Pengukuran


Pengertian pengukuran : Pengukuran yaitu proses membandingkan suatu besaran dengan besaran lain dan alhasil dinyatakan dalam angka.


Cara melaksanakan pengukuran


Lalu bagaimanakah cara melaksanakan pengukuran ? Untuk melaksanakan pengukuran tergantung pada besaran apa yang ingin kita ukur.



  • Untuk melaksanakan pengukuran panjang, misalnya, kita sanggup memakai penggaris, jangka sorong atau mikrometer.

  • Untuk melaksanakan pengukuran massa, kita sanggup memakai timbangan, neraca.

  • Untuk melaksanakan pengukuran waktu, kita sanggup memakai arloji, stop watch.

  • Untuk melaksanakan pengukuran volume, kita sanggup memakai rumus perhitungan volume. Misalnya untuk mendapat volume balok, kita memakai rumus panjang x lebar x tinggi.

  • Untuk melaksanakan pengukuran suhu, kita sanggup memakai termometer.


Demikianlah bahasan kita mengenai pengertian besaran dan ukuran, agar bermanfaat buat sahabat setia dingklik sekolah. Ditunggu komentar dan likenya ya. hehe. Terima kasih.



Sumber https://bangkusekolah.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Pengertian Besaran Dan Ukuran"

Posting Komentar