Pengertian Analisis Swot

Bisnis yang baik kalau bisnis tersebut mempunyai seni administrasi yang baik pula dalam menjalankan usahanya. Menurut Freddy Rangkuti . Analisis SWOT yakni identifikasi aneka macam faktor secara sistematis untuk
merumuskan seni administrasi perusahaan. Analisis ini didasarkan pada logika yang sanggup memaksimalkan kekuatan (Strengths) dan peluang (Opportunities), namun secara bersamaan sanggup meminimalkan
kelemahan (Weaknesses) dan bahaya (Threats). Proses pengambilan keputusan strategis selalu berkaitan dengan pengembangan misi, tujuan, strategi, dan kebijakan perusahaan. Dengan demikian perencanaan strategis (strategic planner) harus menganalisis faktor-faktor strategis perusahaan (kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman) dalam kondisi yang ada dikala ini.

Analisis SWOT yakni suatu bentuk analisis di dalam administrasi perusahaan atau di dalam organisasi yang secara sistematis sanggup membantu dalam perjuangan penyusunan suatu planning yang matang untuk mencapai tujuan, baik itu tujuan jangka pendek maupun tujuan jangka panjang.

Menurut Kotler Analisis SWOT (Strenghts, Weakness, Opportunity, Threaths) merupakan cara untuk mengamati lingkungan pemasaran eksternal dan internal. Atau definisi analisis SWOT yang lainnya yaitu sebuah bentuk analisa situasi dan juga kondisi yang bersifat deskriptif (memberi suatu gambaran). Analisa ini menempatkan situasi dan juga kondisi sebagai sebagai faktor masukan, kemudian kemudian dikelompokkan berdasarkan kontribusinya masing-masing. Satu hal yang perlu diingat baik-baik oleh para pengguna analisa ini, bahwa analisa SWOT ini semata-mata sebagai suatu sebuah analisa yang ditujukan untuk menggambarkan situasi yang sedang dihadapi, dan bukan sebuah alat analisa gila yang bisa menawarkan jalan keluar yang bagi permasalahan yang sedang dihadapi.

SWOT yakni kependekan dari:
S = Strength (kekuatan).
W = Weaknesses (kelemahan).
O = Opportunities (Peluang).
T = Threats (hambatan).

Alat untuk menyusun faktor-faktor strategis perusahaan yakni Matriks SWOT. Matriks ini menggambarkan secara terang bagaimana peluang dan bahaya yang dihadapi perusahaan sanggup diubahsuaikan dengan kekuatan serta kelemahan yang dihadapi oleh perusahaan guna mancapai tujuan yang diharapkan.


Matriks ini terdapat empat alternative bagi pemasaran, untuk melaksanakan seni administrasi pemasaran produknya. Antara lain :
1) Strategi OS
Strategi yang ditetapkan berdasarkan jalan pikiran organisasi yaitu dengan memanfaatkan seluruh kekuatan untuk merebut dan memanfaatkan peluang sebesar-besarnya.
2) Strategi WO
Strategi yang ditetapkan berdasarkan pemanfaatan peluang yang ada dengan cara meminimalkan kelemahan dalam organisasi
3) Strategi ST
Strategi yang ditetapkan berdasarkan kekuatan yang dimiliki organisasi untuk mengatasi bahaya yang terdeteksi.
4) Strategi WT
Strategi yang diterapkan kedalam bentuk acara yang bersifat defensif dan berusaha meminimalkan kelemahan yang ada serta menghindari ancaman.

Sebelum melakuka pendekatan analisa SWOT ini di bagi menjadi 3 aspek. Adapun ketiga aspek dalam analisa SWOT ini yakni terdiri dari:
a. Aspek Global
Dalam aspek global ini kita harus mengetahui SWOT, kita yang berkaitan dengan aspek global, aspek yan bersifat garis besar, yang kadang kala bersifat internasional serta tidak jarang bernuansa religius. Aspek global ini sangat berkaitan dengan “Misi” dan “Visi” yang harus dikembangkan oleh perusahaan kita.

b. Aspek Strategis
Aspek seni administrasi ini merupakan pembagian terstruktur mengenai yang lebih rinci kedalam planning kerja yang lebih bersifat jangka menengah (biasanya 5 tahunan) guna merealisasikan apa yang sudah dirumuskan oleh planning global di atas. Dalam tahap strategis ini kita harus bisa untuk memikirkan aneka macam alternatif seni administrasi yang mungkin sanggup kita lakukan untuk merealisasikan rancangan global, dengan tetap memperhatikan SWOT yang ada pada organisasi.

c. Aspek Operasional
Aspek operasional merupakan aspek yang bersifat jangka pendek atau tahunan, atau bahkan kurang dari setahun. Rencana operasional ini akan menjabarkan secara operasional serta rinci terhadap planning strategis. Operasionalisasi terhadap seni administrasi yang dipilih dan ditetapkan harus ditindak lanjuti dalam bentuk keterampilan atau keahlian yang harus dikuasai, bentuk-bentuk latihan
yang harus dilaksanakan, alat-alat macam apa yang harus disiapkan, begitu pula siapa personalis yang harus melakukannya dan sebagainya.


Sumber http://makalahahli.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Pengertian Analisis Swot"

Posting Komentar