Macam-Macam Mouse Komputer

 Mouse mempunyai fungsi untuk menggerakkan pointer pada layar kerja monitor Macam-Macam Mouse Komputer

Mouse mempunyai fungsi untuk menggerakkan pointer pada layar kerja monitor. Mouse merupakan salah satu perangkat input device yang sangat penting pada sistem operasi berbasis GUI. Mouse terdiri dari banyak sekali jenis dan bentuk, sehingga kita sebagai pengguna bebas untuk menentukan sesuai dengan keinginan. Mouse berperan sangat penting dalam pengoperasian komputer dan laptop. Dengan adanya mouse, sebuah pekerjaan akan terasa lebih ringan dan gampang untuk diselesaikan.

Berdasarkan fisik atau bentuknya, mouse ada 2 macam, yaitu :


1. Mouse Optic

Mouse optic ialah jenis mouse yang memakai optic untuk menggerakkan pointer yang ada dilayar monitor. Optic yang dimaksudkan disini terletak dibagian bawah mouse. 

2. Mouse Track Ball

Mouse track ball ialah mouse yang memakai bola untuk menggerakkan pointer pada layar monitor.

Kalau dilihat menurut Port-nya, mouse dibedakan menjadi :


1. Mouse PS/2

Mouse jenis ini memakai port PS2 dan biasanya dipakai pada komputer jenis ATX. Port mouse biasanya berwarna hijau dan hal ini ditujukan untuk membedakan antara port untuk keyboard dan port untuk mouse. 

2. Mouse USB

Mouse jenis ini mulai banyak dipakai oleh para pengguna komputer. Mouse USB mempunyai cara kerja yang lebih efisien dan juga mempunyai kecepatan saluran lebih tinggi dibandingkan mouse yang memakai port yang lain. 

3. Mouse Serial

Mouse ini memakai port serial dan mouse jenis ini dipakai pada komputer jenis AT. 

4. Mouse Wireless

Mouse jenis ini sesuai dengan namanya yaitu memakai jaringan Wi-Fi sebagai media perantaranya. Mouse jenis ini sudah banyak dipakai oleh para pengguna komputer dan laptop. Mouse Wireless dijual dengan harga yang lebih mahal kalau dibandingkan dengan mouse jenis lainnya. Kelebihan dari mouse jenis ini ialah dapat dipakai dalam jarak yang tidak mengecewakan jauh, alasannya ialah mouse jenis ini tdak menggukan kabel menyerupai jenis-jenis mouse lainnya.

Sekian artikel singkat mengenai macam-macam mouse komputer. Semoga artikel yang singkat ini memperlihatkan banyak manfaat buat para pembaca semuanya. Selamat beraktifitas dan jangan lupa untuk selalu bersyukur.
Sumber http://www.gudangilmukomputer.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Macam-Macam Mouse Komputer"

Posting Komentar