Hambatan-Hambatan Penemuan Kurikulum

Suatu Inovasi sering tidak berhasil dengan optimal. Hal ini disebabkan oleh adanya banyak sekali hambatan, diantaranya:
1. Estimasi yang tidak tepat
Sering terj adi kegagalan sebuah iniva si disebabkan kurang matangnya asumsi atau kemungkinan – kemungkinan yang akan muncul. Faktor estimasi (perencanaan) dalam penemuan merupakan salah satu faktor yang kuat terhadap keberhasilan inovasi. Hambatan yang disebabkan kurang tepatnya estimasi, dian taranya: kurang adanya pertimb angan implementasi inovasi, kurang adanya relasi antar anggota team pelaksana, kurang adanya koordinasi antar a pelaksana dan pengambil kebi jakan. Dan juga tekanan dari luar atau pihak – pihak tertentupun harus diperhitungkan.

2. Konflik dan Motivasi
Konflik biasa terjadi dalam pr oses inovasi, adanya kontradiksi antar anggota team. Hal ini sanggup menghambat bahkan merusak proses penemuan itu sendiri. Selain itu motivasi juga merupakan salah satu hal yang menghabat penemuan jika, timbulnya motivasi yang lemah dari orang – orang yang terlibat
di dalamnya, misalnya: beberapa orang menganggab dirinya penting dalam proses ini, dukungan – dukungan yang tidak sampai, adanya perilaku tidak terbuka dari pemegang proyek penemuan dan lain – lain.


3. Inovasi Tidak Berkembang
Hambatan lain yang sanggup menga nggu berjalannya penemuan dapa t disebabkan kurang berkembangnya proses penemuan itu sendiri. Beberapa faktor yang mempengaruhi diantaranya: pendapatan yang rendah, faktor geografis (tidak memahami kondisi alam, l etak geografis yang terpencil dan sulit dijangkau oleh transportasi, sehingga menghambat pengiriman bahan
financial), kurang sarana komunikasi, iklim dan cuaca yang tidak mendukung dan lain – lain.

4. Masalah Finansial
Keberhasilan pencapaian kegiatan inovai sangat ditentukan ole h dana yang tersedia. Sering ter jadi kegagalan penemuan dikarenakan dana yang tidak memadai. Beberapa faktor diantaranya: dukungan dana minim, kondisi ekonomi masyarakat secara keseluruhan, penundaan bantuan, dan lain – lain.

5. Penolakan dari Kelompok Penentu
Keberhasilan penemuan ditentukan oleh kesungguhan dan tugas serta seluruh kelompok masyarakat, khususnya kelompok yang memilih seperti, golongan elite, atau pengurus yayasan, dan to koh masyarakat dalam suatu sistem sosial. Manakalah terjadi penolakan dari kelompok terse but, maka proses penemuan mengalami hambatan.

6. Kurang adanya Hubungan Sosial
Faktor lainnya yang mempengaruhi / menghambat penemuan yak ni, kurang adanya hubunngan sosial yang baik antara banyak sekali pihak khususnya antar anggota team, sehingga terjadi ketidak harmonisan dalam bekerja.


Sumber http://makalahahli.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Hambatan-Hambatan Penemuan Kurikulum"

Posting Komentar