Cara Renovasi Rumah Semoga Murah

Banyak orang menginginkan mempunyai rumah yang anggun dan layak huni. Terutama yang sudah mempunyai rumah namun ingin merenovasinya biar menjadi bagus. Namun menyerupai biasa, biaya menjadi hambatan untuk renovasi rumah. Mahalnya biaya renovasi menciptakan orang menunda-nunda proses renovasi rumah, dan tak jarang hingga rumahnya ambruk.

Cara Renovasi Rumah biar Murah

Renovation, img by Foodilifecious

Namun tidak demikian bila mengetahui tips-tips renovasi rumah murah. Berikut ini akan dijelaskan bagaimana cara mengurangi biaya renovasi rumah sehingga tidak menguras keuangan. Simak selengkapnya berikut ini :

1. Mengurangi Finishing

 Banyak orang menginginkan mempunyai rumah yang anggun dan layak huni Cara Renovasi Rumah biar Murah
Material ekspos by BueuInforma.org

Sejatinya, biaya yang paling banyak diharapkan dalam renovasi rumah yaitu biaya finishing. Harga renovasi struktur bangunan relatif terjangkau dan masuk akal. Namun yang menciptakan biaya renovasi rumah menjadi berkali kali lipat yaitu biaya untuk finishing. Bayangkan saja perbedaan harga satu buah keramik saja bisa 3 kali lipat untuk ukuran yang sama, belum lagi ongkos pengerjaannya.

Sebaiknya penggunaan material dan finishing mengacu pada ketersediaan dana, bukan sebaliknya. Memasang kerikil alam atau keramik pada tembok tidak saya rekomendasikan alasannya akan menaikan harga. Justru untuk menekan harga bisa memakai material ekspos. Pasangan bata dibentuk rapi dari awal sehingga tidak perlu difinish lagi. Hal ini akan sangat mengurangi biaya.

2. Penggunaan Komponen lama

Ketika tetapkan akan membongkar, pastikan hal itu memang benar-benar perlu. Jika ruang atau elemen bangunan masih bisa dipakai sebaiknya jangan dibongkar, tetapi dimodifikasi. Membongkar, menciptakan ulang dan finishing akan menghabiskan 3x biaya. Makara pertimbangkan matang-matang sebelum membongkar.

Begitu juga dengan furniture, akan lebih baik bila mendaur ulang furniture lama. Perbaiki furniture yang dirasa rusak, daripada harus membeli kembali. Bahkan akhir-akhir ini sedang isu terkini penggunaan furniture antik. Selain menghemat biaya, tren ini juga akan menciptakan pengurangan penggunaan kayu gres yang akan mengurangi penebangan pohon.

3. Perencanaan dan Persiapan

 Banyak orang menginginkan mempunyai rumah yang anggun dan layak huni Cara Renovasi Rumah biar Murah
Konsultan by Frank Feldman Law

Salah satu yang paling diharapkan dalam renovasi yaitu perencanaan yang matang. Sebaiknya memakai konsultan perencana (Arsitek/Interior Designer) untuk merencanakan renovasi. Hal ini akan membantu anda memilih kebutuhan ruang yang ingin didapatkan baik secara jumlah, luasan maupun bentuk.

Menggunakan konsultan perencana juga terbukti bisa menghemat anggaran. Penghematan tersebut bahkan lebih besar daripada biaya yang dipakai untuk membayar konsultan perencana. Contohnya yaitu dalam penggunaan material, konsultan akan memandu anda untuk mendapat cara finishing termurah dengan tampilan terbaik. Konsultan juga akan mengarahkan anda untuk memilih yang mana akan dibongkar atau dipakai kembali.

4. Skala Prioritas

Dalam merenovasi rumah, pastikan anda memakai skala prioritas. Makara dahulukan mana yang paling penting dan paling dibutuhkan. Biasanya prioritas utama yaitu pada struktur utama dan kulit bangunan. Jangan memikirkan finishing fasad sebelum permasalahan kebocoran atap beres. Pastikan bangunan berfungsi baik dahulu gres kemudian memikirkan tampilan.

5. Pekerjaan Bertahap

 Banyak orang menginginkan mempunyai rumah yang anggun dan layak huni Cara Renovasi Rumah biar Murah
Bertahap by oakwoodcontracting.com

Selanjutnya, dengan perencanaan yang matang kita sanggup memilih tahapan pekerjaan yang akan dilakukan. Jika tidak mempunyai biaya yang cukup untuk menuntaskan semuanya, maka kerjakanlah secara parsial (bagian demi bagian) dengan memakai skala prioritas di atas.

Misalnya bila ingin merenovasi rumah tipe 36 biar menjadi 2 lantai. Maka anda sanggup mengerjakan kolom strukturnya dahulu, kemudian cor pelat lantai dan berhenti sementara. Kemudian lanjutkan dengan pemasangan kolom utama di lantai atas, memasang atap kemudian berhenti lagi. Kemudian kerjakan bab dinding ruangan bab dalam beserta pintu jendelanya. Yang terang anda harus mempunyai gambar perencanaan kedepan akan menyerupai apa.

Sebagai gambaran, renovasi yang pernah saya kerjakan untuk rumah type 21 yang dinaikan menjadi 2 lantai. Renovasi kulit bangunan memakan biaya sekitar 150 juta rupiah. Ada juga renovasi bangunan type 36 untuk perbaikan atap dan merubah beberapa ruang serta menambahkan plat beton, memakan biaya sekitar 75 juta rupiah. Harga tersebut tentunya dipengaruhi banyak faktor termasuk kondisi eksisting bangunan.

Demikianlah mengenai cara merenovasi rumah biar murah. Jika mempunyai tips lainnya, atau mempunyai pertanyaan seputar renovasi rumah, silahkan sampaikan di komentar atau pribadi ke alamat email saya. Terima kasih.

Sumber http://www.arsitur.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Cara Renovasi Rumah Semoga Murah"

Posting Komentar