Cara Menciptakan Rangkuman Otomatis Di Microsoft Word

Anda mungkin sudah pernah mendengar warta ini, bahwa pada Microsoft word terdapat tools yang bisa secara otomatis menciptakan rangkuman dari sebuah goresan pena atau artikel. Tools ini disebut Auto Summary Tolls. Tapi sayangnya tools ini hanya ada pada Microsoft word tahun 2007 dan untuk Microsoft word yang terbaru tools ini sudah dihilangkan oleh pihak Microsoft.

Tools ini untuk sebagian orang mungkin sangat berkhasiat alasannya yaitu bisa menawarkan solusi perangkuman (ringkasan) yang gampang dan cepat. Sehingga efisiensi waktu dan penghematan biaya bisa diwujudkan. Karena bukan hal yang gampang untuk menciptakan sebuah rangkuman (ringkasan) dokumen terutama kalau anda belum terbiasa membuatnya. Terkadang semua warta pada dokumen kelihatan penting, sampai menciptakan resah bab mana yang harus dimasukkan pada ringkasan.

Tool yang dinamakan AutoSummary ini sanggup meng-highlight dan menyusun poin-poin penting dari dokumen. AutoSummary akan menganalisis dokumen dan lalu menawarkan skor untuk setiap kalimat. Kita sanggup memilih jumlah detail yang kita inginkan, contohnya ringkasan 10 kalimat atau 20 kalimat, dan AutoSummary akan memakai sistem evaluasi untuk mengekstrak poin-poin penting dan menyusunnya secara otomatis. Setelah AutoSummary selesai, kita sanggup mengedit hasil ringkasan sesuai dengan yang diinginkan.


1. Tambahkan AutoSummary Tools ke Quick Access Toolbar caranya dengan klik 'word option'  pada office button : 



2. Pilih 'Customize' > 'Commands Not in the Ribbon' > Scroll ke bawah cari 'Auto Summary Tools' > Klik 'Add' > maka pada kotak obrolan sebelah kanan anda (lihat gambar nomor 6) akan tertera 'Auto Summary Tools' sehabis itu tekan 'OK'.



3. Nah anda sudah berhasil menambahkan tools 'Auto Summary Tools' anda pada Quick Access Toolbar anda (lihat gambar no.8). Sebelum anda mulai merangkum (penting!) anda terlebih dahulu harus men-set bahasa pada teks goresan pena anda dengan bahasa Inggris. Caranya blok seluruh goresan pena anda dengan menekan CTRL 'A' > Klik Tab 'Review' dan pilih 'Set Language' (lihat gambar no.9) > Terus pilih 'English Language' (lihat gambar no.10) dan selanjutnya tekan 'OK'. 




4. Nah kini anda tinggal men-set mode perangkuman sesuai harapan anda. Caranya klik AutoSummary Tools pada Quick Access Toolbar > Pilih 'Auto Summarize (lihat gambar no.13)



5. Setelah itu akan muncul kota obrolan menyerupai pada gambar, silahkan pilih sesuai kebutuhan anda dan tekan 'OK'. 



6. Anda sudah bisa menciptakan rangkuman/ringkasan yang menarik tanpa perlu bersusah-susah, anda tinggal mengedit beberapa kalimat yang pas berdasarkan harapan anda. Demikian biar bermanfaat. [www.blogteknisi.com]


Kunjungi Juga Halaman Facebook dan Twitter blogteknisi.com

Sumber http://www.blogteknisi.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Cara Menciptakan Rangkuman Otomatis Di Microsoft Word"

Posting Komentar